Di zaman digital ini, jumlah startup di dunia semakin banyak dan akan terus bertambah, tak terkecuali di Indonesia.Bahkan di Indonesia startup sudah masuk kelas unicorn. Menurut Chief Executive Kibar Kreasi Indonesia, Yansen Kamto, terdapat bidang startup yang berpotensi menjadi unicorn berikutnya.

1. Pertanian.

Menurut data BPS tahun 2018, ada sekitar 37,77 juta penduduk Indonesia bekerja di sektor pertanian. Hal ini berdampak pada munculnya beberapa startup yang membangun atau membuat aplikasi untuk perkembangan bisnis di bidang pertanian.

2. Pendidikan.

Di bidang ini sangat besar berpotensi, karena startup pendidikan Indonesia memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memajukan Indonesia di bidang pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberi pembelajaran secara online.

3. Kesehatan.

Kesehatan sangat berpotensi dengan pendidikan. Sejumlah startup di bidang kesehatan mulai bermunculan untuk menawarkan kemudahan dalam mencari info seputar kesehatan yang bisa diakses secara online, dan memberikan pelayan.

4. Pariwisata.

Indonesia ingin meningkatkan jumlah wisatawan. Hal ini tentunya banyak sekali startup di bidang ini yang ingin membantu Indonesia. Dan banyakstartup bermunculan di bidang ini untuk memberikan jasa travel dan lainlain.

5. Energi alternatif.

Indonesia sangat membutuhkan startup yang bergerak di bidang energi untuk bisa memecahkan masalah dan menciptakan inovasi bagaimana berhemat energi di Indonesia yang semakin terbatas dan mahal.

Itu startup yang sangat potensial di bidangbidang tersebut dan bisa kalian buat untuk membangun negeri ini dengan membuatnya.