Sebagai makhluk sosial yang setiap hari berbaur dengan banyak orang. Tentu kamu mendambakan memiliki hubungan pertemanan yang hangat dengan siapapun. Dan sebagian besar dari kalian tentu juga mengharapkan bisa memiliki jalinan pertemanan yang akrab dengan beberapa orang untuk melengkapi hidupmu.

Meski begitu, mau berteman dengan siapapun tetap ada batasan-batasannya yang harus kamu jaga lho, sebab ini sangat mempengaruhi kenyamananmu dan orang-orang di sekitarmu. Kira-kira apa saja?

1. Jangan mudah membuat ikatan emosi yang kuat pada siapapun.

5 Batasan dalam berteman ini sebaiknya kamu pahami & jangan dilanggar

Kamu bebas berteman dan memperluas lingkup pertemananmu dengan siapa saja, meski begitu bukan berarti kamu dapat dengan mudah membuat ikatan emosi yang kuat pada orang-orang di sekitarmu.

Sebab ikatan emosi yang kamu buat pada orang lain bisa membuatmu gampang menaruh harapan dan ekspektasi tinggi pada orang-orang di sekitarmu. Ingat, tak ada hal yang paling melelahkan di dunia ini selain berharap pada sesama manusia.

Jadi realistislah dalam memandang hidup. Orang lain tak punya tanggung jawab untuk menyenangkanmu. Terlalu berharap pada orang lain hanya akan bikin hati kamu lelah dan kecewa sendiri.

2. Tidak semua pengalaman hidupmu harus kamu bagikan pada teman-temanmu.

5 Batasan dalam berteman ini sebaiknya kamu pahami & jangan dilanggar

Dan juga mau berteman dengan siapapun bukan berarti kamu dapat dengan mudah menceritakan segala pengalaman hidupmu pada mereka. Tetap ada batasan yang harus kamu jaga yaguys. Sebab banyak orang bila sudah asik larut dalam sebuah obrolan tanpa sadar dirinya bisa membongkar kartu As-nya sendiri yang seharusnya tak ia bagikan pada orang lain dan harusnya hanya ditutup rapat oleh diri sendiri.

Seperti menceritakan masa lalu yang kelam dan membongkar aib buruk diri sendiri kepada orang lain. Tahu gak, hal demikian sama saja kamu dengan bangganya telah menunjukan citra diri yang buruk pada teman-temanmu.

3. Jangan terlalu banyak menceritakan momen-momen bahagiamu pada orang-orang disekitarmu.

5 Batasan dalam berteman ini sebaiknya kamu pahami & jangan dilanggar

Memang tidak ada yang salah membagikan momen-momen bahagiamu pada orang-orang di sekitarmu, asal jangan terlalu sering bahkan sampai berlebihan.

Kenapa? Sebab kamu tidak tahu bagaimana suasana hati orang-orang di sekitarmu saat itu. Apakah mereka sedang dalam perasaan yang bahagia atau tidak. Tentu gak etis juga bila kamu membagikan cerita-cerita bahagimu kepada mereka yang sedang berada dalam suasana hati yang tidak bahagia.

Jadi sebagai wujud empati, sebaiknya simpan sendiri cerita-cerita bahagiamu untuk diri sendiri. Tak lain agar tidak menimbulkan kecemburuan dari orang sekitarmu.

4. Selalu gunakan tata bahasa yang baik dan jaga nada bicaramu saat sedang berinteraksi dengan orang lain.

5 Batasan dalam berteman ini sebaiknya kamu pahami & jangan dilanggar

Kamu juga harus selalu perhatikan tata bahasa dan nada bicara kamu saat sedang berinteraksi pada orang lain. Jangan sampai setiap kata yang keluar dari mulutmu malah menyinggung perasaan mereka. Jangan sampai orang lain jadi kehilangan respek padamu karena kamu tidak bisa menjaga sopan santut saat berbicara kepada mereka.

5. Jangan terlalu mencampuri kehidupan pribadi orang lain terlalu dalam.

5 Batasan dalam berteman ini sebaiknya kamu pahami & jangan dilanggar

Berteman dengan siapapun baiknya kamu tidak mencampuri kehidupan orang lain terlalu dalam. Ingat, hal tersebut bukanlah ranahmu sebab bukan kamu yang menjalani kehidupnya. Demi kenyaman orang lain, kamu harus bisa menjaga privasi mereka. Terlalu ikut campur dalam kehidupan orang lain bisa bikin mereka merasa gak nyaman, bahkan bisa saja perlahan mereka memilih untuk menjaga jarak sama kamu.

Maka dari itu, demi kebaikan dan kenyamanan bersama, kamu harus mengerti dan paham beberapa batasan dalam bergaul ini.