Asam urat yaitu penyakit yang menyerang pada persendian kaki, tangan, lutut, pergelangan, dan jari. Asam urat biasanya menyerang ketika usia mencapai 40 tahun dan pada beberapa kasus banyak menyerang pada lelaki.

Bagi penderita tentunya upaya pengobatan harus segera dilakukan, sebab jika asam urat kambuh akan menimbulkan gejala yang amat sakit, seperti sendi memerah dan membengkak.

Obat asam urat tidak hanya bisa kamu dapatkan dari resep dokter atau membeli di apotek secara langsung. Padahal kamu juga bisa memanfaatkan beberapa tanaman obat untuk mengobati asam urat secara alami.

5 Bahan pengobatan asam urat ini alami dan mudah ditemukan

sumber : https://rheumapas.com/cara-mengobati-penyakit-asam-urat-secara-alami/
Di bawah ini adalah berbagai pengobatan asam urat dengan menggunakan tanaman obat. Lalu apa saja macam-macam tanaman tersebut? Simak ulasannya berikut ini.
1. Jahe.

5 Bahan pengobatan asam urat ini alami dan mudah ditemukan

Pastinya semua orang sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang sangat berguna untuk menyembuhkan berbagai jenis penakit, salah satunya untuk mengatasi asam urat. Jahe mengandung zat anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan asam urat secara keseluruhan. Kamu hanya perlu membuat jahe seperti wedang jahe dan minum ramuan itu secara teratur untuk mengobati penyakit asam urat.

2. Kumis kucing.

5 Bahan pengobatan asam urat ini alami dan mudah ditemukan

Sesuai dengan namanya, tanaman ini bentuknya memang mirip seperti kumis kucing. Orthosifonin glycosidesiuretik dan diuretrik yaitu kandungan yang ada pada kumis kucing yang mampu mencegah saluran kemih dari infeksi bakteri atau virus. Tanaman ini biasanya sering dimanfaatkan untuk merawat kesehatan batu ginjal, tapi selain itu bermanfaat juga untuk mengobati asam urat.

3. Daun sambiloto.

5 Bahan pengobatan asam urat ini alami dan mudah ditemukan

Daun sambiloto memiliki kandungan senyawa alkana, keton mieral, dan flavonoid di dalamnya. Kandungan tersebut sangat baik bila dimanfaatkan untuk mencegah penyakit yang akan menyerang tubuh, salah satunya penyakit asam urat. Meskipun daun ini rasanya pahit, tapi jika kamu meminum ramuan ini maka asam uratmu bisa sembuh dengan sendirinya.

4. Daun salam.

5 Bahan pengobatan asam urat ini alami dan mudah ditemukan

Ternyata daun salam bisa digunakan untuk mengobati asam urat loh. Hal ini terjadi karena kandungan flavonoid dan tanin yang ada di dalamnya mampu melawan penyakit tersebut. Nah, bagi kamu yang ingin memanfaatkannya bisa segera mencobanya.

5. Brotowali.

5 Bahan pengobatan asam urat ini alami dan mudah ditemukan

Tanaman obat yang terakhir yakni brotowali. Meskipun rasanya sangat pahit tapi masyarakat Indonesia sudah tahu dan banyak yang menggunakannya untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Selain untuk mengobati diabetes, brotowali juga disarankan bagi kamu yang ingin sembuh dari penyakit asam urat.

Itulah beberpa tanaman obat untuk mengobati asam urat secara alami tanpa obat kimia atau obat dari apotek. Untuk cara pembuatannya sama saja, tinggal merebusnya dengan bahan seukupnya, dan minum air hasil rebusanya.
Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pembaca.