Menjalani serangkaian ibadah di bulan suci Ramadan tentu sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Bulan ini pun jadi ajang bagi para Muslim buat berlomba-lomba memperbanyak ibadah.

Supaya puasa kali ini makin maksimal, ada beberapa aplikasi yang bisa bantu kamu menjalani Ramadan dengan lancar, dan tentunya semua aplikasi ini bisa di-download secara gratis di Google Play Store! Penasaran? Simak selengkapnya di sini.


MyAlquran Indonesia


Saat bulan Ramadan, baca Alquran merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menambah amalan. Melalui aplikasi MyAlquran Indonesia, kini semua umat muslim bisa membaca Alquran kapan pun dan dimana pun.

Aplikasi ini bisa kamu unduh di Google Play Store, maupun App Store. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah tulisan arab Alquran tidak diambil dari internet, melainkan sudah disesuaikan dengan versi cetak yang sudah bersertifikasi TASHIH (diperiksa) oleh Kementerian Agama RI.

Aplikasi besutan anak bangsa satu ini menghadirkan fitur terjemahan dalam Bahasa Indonesia dan suara bacaan Alquran dengan berbagai pilihan pembaca. Pengguna hanya perlu mengunduh file MP3 kemudian mengklik play untuk memainkannya.


Muslim Pro


Bulan Ramadan adalah momen untuk meningkatkan frekuensi ibadah. Berbagai amalan di bulan puasa pun makin mudah dijalani dengan bantuan aplikasi yang mampu menyediakan banyak informasi, seperti yang ditawarkan oleh Muslim Pro.

Lewat aplikasi ini, banyak banget yang bisa didapatkan, mulai dari jadwal puasa, waktu sholat, waktu imsak, waktu berbuka, ayat hari ini, kalkulator zakat, doa-doa, Asmaul Husna, dan masih banyak lainnya.

Muslim Pro nantinya bakal nyesuain jadwal puasa, sholat, imsak, dan berbuka sesuai lokasimu. Waktu secara presisi akan terlihat di halaman depan. Aplikasi ini juga bisa kasih reminder waktu mundur untuk memudahkan kamu tahu perkiraan waktu jelang sholat, berbuka, dan sebelum selesai sahur. Waktu ini pun telah diverifikasi keakuratannya oleh Kementerian Agama kota masing-masing.


Zomato


Buat menyambung silaturahmi, ga jarang momen puasa Ramadan yang cuma setahun sekali dimanfaain dengan buka puasa bersama. Tempat berbuka biasanya jadi salah satu hal yang akan dipertimbangkan, apalagi hampir semua restoran selalu dipadati pengunjung jelang berbuka.

Nah, kini kamu ga perlu lagi kerepotan mencari tempat makan terbaik untuk buka puasa bersama. Kamu bisa menggunakan salah satu aplikasi untuk mencari restoran yaitu Zomato. Kamu bisa menemukan semua restoran di kotamu, dan mencari berdasarkan rating terbaik ataupun lokasi terdekat.

Menariknya lagi, aplikasi ini juga menawarkan informasi menu, foto, dan ulasan pengguna yang pernah berkunjung ke tempat makan tersebut. Cakupan pencariannya pun sangat luas, Zomato tersedia di 150 kota di Indonesia dan negara-negara lain seperti Inggris, Brazil, Selandia Baru, dan masih banyak lainnya.


Cookpad


Puasa Ramadan akan berjalan selama kurang lebih 30 hari lamanya. Dalam waktu tersebut, kamu pastinya akan disibukkan dengan memikirkan menu sahur dan berbuka. Apalagi jika kamu menjadi orang yang memasak dalam keluarga. Supaya gak bosan dengan menu yang itu-itu terus, kamu bisa mengunduh aplikasi berbagi pengalaman memasak dan resep masakan, Cookpad Indonesia.


Awalnya, aplikasi ini diberi nama DapurMasak. Lalu setelah beraliansi dengan perusahaan pemberi layanan resep masakan asal Jepang, Cookpad, DapurMasak resmi berganti nama menjadi Cookpad Indonesia sejak 2015 lalu. Berbagai resep masakan khas Ramadan bisa kamu temukan di sini, mulai dari rendang, ketupat, es buah, kolang-klaing, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa mengunggah hasil masakanmu atau berbagi resep kepada pengguna lainnya di sana.


Kitabisa


Sebagaimana yang disebutkan dalam kitab suci Alquran, salah satu pintu yang dibuka oleh Allah SWT untuk meraih keuntungan besar dari bulan Ramadan adalah melalui sedekah. Umat Muslim juga wajib untuk menyalurkan zakat setelah berpuasa di bulan Ramadan. Beruntungnya, kini teknologi sudah semakin canggih, sehingga kegiatan bersedekah dan bayar zakat pun bisa kamu laukan secara online, salah satunya melalui aplikasi Kitabisa.


Di dalam aplikasi ini, terdapat ribuan orang menggalang dana setiap harinya. Kamu bisa memilih campaign mana yang mau kamu bantu, dan menjadi donatur untuk campaign tersebut dengan mentransfer dana sesuai kemampuanmu. Begitu pula untuk berzakat, kamu bisa menyelesaikan kewajibanmu melalui aplikasi tersebut.


Itu dia 5 aplikasi yang bisa menunjang ibadahmu di bulan Ramadan tahun ini. Ga ada salahnya lho mendownload semua aplikasi tersebut, mengingat kelimanya bisa membantu serangkaian ibadahmu. Tentunya kamu membutuhkan HP dengan kapasitas penyimpanan dan RAM besar supaya seluruh aplikasi bisa berjalan lancar.


Jangan khawatir kalau HP milikmu belum cukup memadai. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas kredit HP tanpa kartu kredit dari Kredivo untuk membeli HP baru. Ada dua opsi kredit HP tanpa kartu kredit yang diberikan oleh Kredivo, yaitu bayar tunai dalam 30 hari tanpa bunga, dan cicilan tenor 3, 6, 12 bulan dengan bunga rendah 2,95% per bulan.

Untuk kamu yang memang mau alokasikan THR untuk beli HP, kamu bisa ambil kredit HP tanpa kartu kredit menggunakan Kredivo. Selain bisa digunakan untuk kredit HP tanpa kartu kredit, kredit elektronik, atau kredit barang lainnya di lebih dari 200+ toko online, kini kamu juga bisa bertransaksi di toko offline di Jadetabek menggunakan Kredivo.