×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Alat praktis ini dapat digunakan untuk menanggulangi banjir

0

News

5 Alat praktis ini dapat digunakan untuk menanggulangi banjir

Apakah alat-alat ini cocok untuk diterapkan di Indonesia?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Odhi Rizaldi

06 / 03 / 2019 13:30

Banjir merupakan sebuah bencana alam yang dapat menimbulkan berbagai kerugian, baik dari segi materiil seperti halnya korban jiwa, kehilangan barang-barang dan sebagainya, maupun dari segi non-materiil seperti terhambatnya aktivitas masyarakat.

Maka perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengatasi banjir, seperti pemulihan sungai menjadi seperti semula, pembuatan kolam tampungan banjir, dan sebagainya. Namun berbagai masalah muncul ketika penanganan tersebut dilakukan, seperti pembebasan lahan yang rumit, masalah kondisi di lokasi rencana penanganan, waktu pembangunan yang lama, dan sebagainya.

Oleh karena itu, perlu penanganan praktis yang dapat dilakukan untuk mengatasi banjir tanpa harus memakan waktu yang lama, salah satu caranya yaitu dengan menggunakan alat-alat untuk mengendalikan banjir.

Berikut adalah 5 alat praktis yang telah diterapkan di luar negeri dalam menangani banjir. Mari dilihat di bawah ini.

1. Water-Gate.

Loading...

Water-Gate

Hydroresponse.com

Water-Gate atau jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti gerbang air merupakan alat yang terbuat dari PVC yang digunakan untuk mengendalikan banjir dengan cara menahan air yang masuk dengan memanfaatkan tekanan air yang datang untuk menstabilkan tekanan air banjir tersebut.

Penerapan Water-Gate

Hydroresponse.com

Di luar negeri, alat ini sangat efektif dalam menangani masalah kerusakan akibat banjir. Alat ini memiliki berbagai ukuran yang dapat disesuaikan sesuai dengan lokasi yang akan dilindungi dan dapat dimiliki oleh setiap orang untuk melindungi rumahnya.

 

2. WIPP (Water Inflated Property Protector).

WIPP

Praetoriandisastersupply.com

WIPP merupakan sebuah tabung panjang dengan struktur penyangga internal yang dibuat dari poliester berlapis vinil panjang (hingga 150 kaki atau sekitar 45 meter) dan tahan lama. Prinsip kerja dari alat ini yaitu dengan melawan air yang datang, sehingga alat ini dapat dipasang di dekat sumber air dan berfungsi sebagai penghalang air yang masuk ke daratan.

WIPP merupakan alat yang sangat mudah dan cepat digunakan, serta dapat disimpan kembali ketika tidak digunakan.

 

3. Quick Dams.

Quick Dams

Quickdams.com

Alat praktis ketiga yang dapat digunakan dalam menangani banjir yaitu Quick Dams. Prinsip kerja alat ini sama dengan WIPP ataupun karung-karung pasir pada umumnya. Namun bahan yang digunakan dalam Quick Dams merupakan bahan-bahan ramah lingkungan.

Quick Dams

Quickdams.com

Quick Dams memiliki berbagai macam ukuran, yaitu ukuran panjang 1,5 meter, 3 meter, dan 5 meter. Alat ini sukses menangani banjir yang terjadi pada beberapa negara di Amerika Utara.

 

4. Floodblock.

Floodblock

Floodblockbarrier.com

Floodblock atau blok penahan banjir merupakan blok-blok saling bertautan yang dapat disambung dan ditumpuk satu sama lain (seperti mainan lego) yang berfungsi untuk melindungi rumah dan ruang komersil dari banjir yang datang.

Prinsip Kerja Floodblocks

Floodblockbarrier.com

Alat ini berbentuk seperti peti yang dapat diisi sendiri dengan bantalan busa di bawahnya untuk mencegah rembesan air dari bawah. Keunggulan dari alat ini yaitu sistem yang sederhana dan bobotnya yang ringan sehingga tidak membutuhkan kemampuan khusus dalam memasang alat ini.

 

5. Aquobex Flood Door.

Aquobex Flood Door

Aquobex.com

Aquobex merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang alat-alat penanganan banjir. Salah satu alat yang dapat digunakan yaitu Aquobex Flood Door, yaitu alat yang dipasang di depan pintu rumah atau bangunan komersil lainnya untuk mencegah air masuk ke dalam rumah atau bangunan komersil tersebut.

Prinsip Kerja Aquobex Flood Door

Prinsip kerja dari alat ini yaitu sebagai garis pertahanan di depan pintu dengan menahan air banjir yang datang agar tidak masuk ke dalam rumah. Keunggulan dari alat ini yaitu sangat ringan dan sama seperti penghalang lainnya.

 

Nah, itu tadi merupakan 5 alat praktis yang dapat digunakan untuk menangani masalah banjir. Apakah alat-alat tersebut dapat diterapkan di Indonesia untuk menangani banjir? Atau apakah ada alat-alat praktis lainnya yang dapat digunakan untuk menangani banjir, khususnya di Indonesia? Berikan pendapat kalian di komentar ya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red