Sebagai generasi millenial, tentunya kemampuan dalam menguasai teknologi komunikasi sudah cukup mumpuni dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kemampuan itu pula yang membentuk perbedaan keadaan pekerjaan millenials dengan generasi sebelumnya. Zaman dulu mungkin memiliki pekerjaan tetap adalah suatu kebanggaan tersendiri. Sehingga terkadang sulit bagi mereka untuk memahami ada jenis pekerjaan lain yang juga tak kalah membanggakan, yaitu Freelance.

Freelance atau Tenaga Lepas memiliki arti seseorang yang bekerja sendiri dan tak berkomitmen kepada atasan dalam jangka panjang tertentu. Lebih lengkapnya, Freelance dapat diartikan bekerja untuk diri sendiri secara bebas, tak terikat dengan suatu instansi atau perusahaan tertentu, dan sesuai dengan kemampuan diri sendiri dalam melayani permintaan konsumennya.

Nah, berikut ini 5 alasan mengapa kamu dapat memilih Freelance sebagai pekerjaan di masa mendatang.

1. Sekarang sudah memasuki Technologies Revolution through Internet.

Banyak yang bahkan belum menyadari saat ini sudah memasuki zaman di mana sebagian besar masyarakat sudah berubah ke dunia digital. Mulai dari Social Media, E-Commerce, Finance Technology, dsb, semua sudah ada dan terus berkembang. Kalau kamu masih berpikir bahwa kerja di kantoran masih sesuai dengan pekerjaan di masa mendatang, coba deh sebutin pekerjaan yang menurutmu masih akan ada 20 tahun lagi. Tentunya makin sedikit bukan?

2. Artificial Inteligence akan mengambil alih pekerjaan kamu (pekerjaan tetap).

Artificial Inteligence (AI) atau Kecerdasan Buatan akan mengambil sebagian dari pekerjaan yang ada saat ini, terutama yang monoton, masih mengandalkan otot, berulang, dan dapat ditiru atau diduplikasi. Semuanya ini akan digantikan oleh mesin, robot, otomatisasi, dan digital aplikasi yang mempermudah segala sesuatunya.

3. Perusahaan yang akan bertahan dalam 20 tahun ke depan adalah yang bergerak di bidang jasa dan pariwisata.

Sesuai dengan pengamatan dari Jack Ma,pendiridari Alibaba Group dalam salah satu videonya di Acara Gateway 17 di Canada, ia menjelaskan bahwa bidang pekerjaan yang akan masih exist dan bertahan adalah di bidang jasa dan pariwisata. Hal ini tak bisa disediakan atau sulit diciptakan oleh mesin atau robot.

4. Freelance menyediakan banyak pilihan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu

Perusahaan di kantor mungkin saja tak menyediakan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan passion kamu. Nah, denganFreelance, kamu bisa bekerja apa saja sesuai dengan kemampuan dan passion kamu. Terlebih lagi dengan jam waktu yang bebas dan fleksibel.

5. Pekerjaan Freelance sudah banyak dan trendi belakangan ini.

Kalau di jalan kamu melihat banyak pengendara ojek online yang berseragam hijau, mereka adalah salah satu contoh dari pekerja Freelance yang sudah booming. Penghasilan mereka pun juga sudah tak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan banyak dari mereka yang bisa hidup dan menyekolahkan anak-anak mereka hanya dengan melakukan pekerjaan Freelance itu.

Nah, sudah saatnya kamu memilih pekerjaan yang menjadi passion kamu di masa ini dan masa mendatang. Salah satunya dengan menjadi Freelancetanpa harus selalu merasa wajib bekerja di kantoran. Selamat berkarya!