Ketika datang untuk memilih perangkat lunak mana yang akan Kamu instal di komputer, semua orang cenderung kembali menggunakan opsi yang sudah dikenal: Windows dan MacOS. Opsi yang Kamu pilih memiliki konsekuensi yang berdampak pada salah satu aspek terpenting dari kehidupan profesional dan pribadi Kamu, jadi mengapa tidak mempertimbangkan opsi lain di luar sana?

Linux adalah salah satu pilihan perangkat lunak alternatif yang paling populer dan dengan perkiraan lebih dari 94.860.000 pengguna Linux aktif di seluruh dunia, mungkin ini saat yang tepat untuk memikirkannya.

1. Linux adalah open source

5 Alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan memakai Linux

Salah satu keunggulan utama Linux adalah open source, yang juga mempengaruhi banyak aspek lain dari perangkat lunak dan dinamikanya dengan pengguna Linux. Dengan setiap perangkat lunak lainnya, Kamu tidak dapat benar-benar masuk ke dalam kode dan mengacaukannya, karena ini merupakan kekayaan intelektual dari masing-masing vendor.

Linux diciptakan sebagai open source, yang berarti siapa pun yang tahu bagaimana cara kode dapat campur tangan. Ini pada dasarnya berarti bahwa alih-alih beberapa spesialis khusus yang direkrut untuk memperbarui perangkat lunak, Linux didukung oleh kekuatan kolektif jutaan profesional TI dan pengkodean penggemar di seluruh dunia, yang terus-menerus muncul dengan perbaikan masalah dan pembaruan yang kemudian mereka bagikan dengan pengguna.

2. Linux sangat mendukung

5 Alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan memakai Linux

Upaya kolektif ini diterjemahkan ke dalam dukungan yang luar biasa di antara jaringan pengguna. Forum oleh pengguna yang menggunakan beberapa versi perangkat lunak yang dibangun di sekitar kernel Linux dipenuhi dengan orang-orang yang bersemangat tentang sifat open source dan bersemangat untuk membantu.

Linux digunakan sebagai sistem operasi oleh sekitar hanya 1.45% dari desktop dan laptop (dibandingkan dengan Windows yang dominan 82.55% dan MacOS di 12.37%) mungkin menjadi alasan lain untuk peningkatan persahabatan ini.

3. Linux aman

5 Alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan memakai Linux

Kamu mungkin berpikir bahwa karena Linux tidak banyak digunakan seperti Windows, itu kurang terlindung dengan baik. Jika ada, itu bisa dibilang sebaliknya yang benar: Windows begitu sering ditargetkan dan sangat rentan terhadap malware karena semua orang menggunakannya. Sebaliknya, jika Kamu beroperasi di Linux, Kamu bahkan tidak perlu antivirus untuk melindungi sistem komputermu.

4. Linux menjalankan internet

5 Alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan memakai Linux

Ini adalah klaim yang berani, tetapi itu benar. Semua perangkat lunak Android didasarkan pada Linux dan ini merupakan bagian integral dari pengalaman pengguna Internet secara keseluruhan, memberdayakan situs web dan layanan seperti Google, Facebook, Wikipedia dan Pinterest - untuk menyebutkan tetapi beberapa.

Dengan tingkat penetrasi ini, tidak mengherankan bahwa bahkan produk perangkat lunak yang paling canggih, seperti HAProxy, dirancang untuk dijalankan di Linux. HAProxy - juga dikenal sebagai High Availability Proxy - adalah proxy sumber terbuka dan perangkat lunak server load balancing yang membantu mengalokasikan beban server untuk mengoptimalkan kinerja situs web Kamu. Hal ini dimaksudkan untuk tidak hanya berjalan di Linux, tetapi juga sistem operasi open source gratis lainnya seperti FreeBSD - seperti perangkat lunak high-end lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

5. Linux gratis

5 Alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan memakai Linux

Jika tidak ada lagi yang akan meyakinkan Kamu untuk berpikir dua kali, maka mungkin uang akan membuat Kamu berpikir ulang. Linux, sesuai dengan filosofi alam terbuka, sepenuhnya GRATIS - berbeda dengan opsi lain yang paling populer.

Ini termasuk pembaruan dan banyak program yang dirancang untuk Linux. Ini tidak berarti bahwa perangkat lunak open source adalah kegagalan komersial - justru sebaliknya, nilai industri perangkat lunak open source pada tahun 2017 naik menjadi lebih dari Rp. 914 miliar dan diperkirakan akan melampaui Rp. 964 miliar pada tahun 2020.


Kesimpulan

5 Alasan kenapa kamu perlu mempertimbangkan memakai Linux

Dengan keakraban datang kemudahan dan kenyamanan, tetapi, kadang-kadang, semua yang diperlukan adalah menemukan waktu untuk membiasakan diri dengan hal-hal baru untuk mengetahui apakah mereka bekerja lebih baik untuk Anda atau tidak.