Kalimantan merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang meyimpan kekayaan hayati. Salah satu di antaranya adalah variasi spesies buah durian. Jika ke Kalimantan, jangan lupa untuk mencicipi 4 jenis durian ini. Apa saja 4 macam spesies buah durian asal Kalimantan yang wajib dicoba tersebut?

1. Pampakin.

4 Varian durian dari Kalimantan ini wajib dicoba Buah Pampakin (foto: Kepotret - WordPress.com)

Buah ini secara sekilas sangat mirip dengan buah durian, namun setelah dibuka maka perbedaan tersebut akan terlihat. Buah ini memiliki daging berwarna oranye tua dan memiliki rasa yang tidak sekuat dan setajam durian. Bagi kamu yang kurang menyukai bau tajam dari durian, mungkin buah ini dapat menjadi alternatif untuk disantap.

2. Krantungan.

4 Varian durian dari Kalimantan ini wajib dicoba Buah Krantungan (foto: media.travelingyuk.com)

Buah ini memiliki bentuk lebih kecil dari durian, namun memiliki duri yang sangat panjang. Karena bentuknya yang kecil, maka dalam satu buah krantungan ini hanya terdapat setidaknya 2-5 pongge saja. Daging dari buah ini berwarna kuning mirip seperti durian, namun memiliki rasa yang tidak setajam durian.

3. Lahung.

4 Varian durian dari Kalimantan ini wajib dicoba Buah Lahung (foto: inibaru.id)

Tampilan luar dari buah ini sangat unik karena kulit dari buah lahung ini berwarna merah tua. Untuk membuka buah ini dilakukan dengan membelah kulit secara melintang, sehingga berbeda dengan membuka buah durian pada umumnya. Daging buah ini berwarna kuning dan memiliki tekstur yang lebih lengket dan lembek bila dibandingkan varian durian yang lain.

4. Durian Merah.

4 Varian durian dari Kalimantan ini wajib dicoba Durian Merah (foto:food.detik.com)

Bila buah kusi memiliki warna merah pada kulitnya, sebaliknya durian merah justru memiliki warna merah pada bagian dagingnya. Buah ini memiliki cita rasa dan bau yang tidak menyengat seperti pada buah durian.

Tertarik untuk mencoba? Silakan berkunjung ke Kalimantan khususnya pada bulan Desember-Februari dan kamu akan menjumpai buah-buah tersebut