×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips belajar efektif bagi mahasiswa selama pandemi

0

N/A

4 Tips belajar efektif bagi mahasiswa selama pandemi

Foto: Artem Podrez from Pexels

Pandemi Covid-19 membuat banyak pelajar/mahasiswa mesti mengubah gaya belajarnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fendi Saputra, SE., MM.

25 / 08 / 2021 11:30

Seluruh dunia menyadari bahwa pandemi Covid-19 telah memaksa dan mengharuskan kita semua untuk membuat perubahan besar dalam kehidupan sehari-hari. Banyak mahasiswa yang sebelumnya melaksanakan pembelajaran di kampus sekarang terpaksa harus melaksanakan pembelajaran dengan online atau daring.

Beberapa mahasiswa pastinya mengalami kendala dalam pembelajaran daring atau online. Oleh karena itu penulis ingin berbagi mengenai metode belajar yang efektif untuk mahasiswa di masa pandemi.

1. Akses internet.

Menyediakan akses internet yang stabil selama pandemi Covid-19 sangat dibutuhkan untuk membantu mahasiswa agar tetap terhubung dengan informasi perkuliahan. Mahasiswa harus memperhatikan dan sebisa mungkin mencari tahu provider mana yang memberikan layanan internet stabil dan sesuai dengan kondisi keuangan mereka.

2. On camera.

Loading...

Menyalakan webcam pada saat mengikuti perkuliahan online sangat penting karena sebagai tanda mahasiswa siap dalam mengikuti perkuliahan. Menyalakan webcam juga menandakan mahasiswa bisa menghargai dosen dalam memberikan materi dalam perkuliahan online.

3. Aktif bertanya dan menjawab.

Jangan malu untuk bertanya pada dosen tentang setiap materi yang belum kamu pahami. Jika dosen memberikan pertanyaan diskusi diharapakan mahasiswa dapat mencoba menjawab. Jangan takut untuk salah, karena tanpa mencoba kamu tidak tahu jawabanmu benar atau salah.

Dengan berani bertanya dan menjawab bisa melatih mentalmu dalam proses pembelajaran. Sebab bertanya dan menjawab melatihmu untuk berpikir kritis.

4. Melihat, mendengarkan, dan mencatat.

Dengan melihat, mendengarkan, dan mencatat setiap materi yang dijelaskan oleh dosen adalah cara yang paling baik dalam memberikan pemahaman kita selama perkuliahan. Selanjutnya untuk melatih otak mengingat materi yang telah diberikan dengan cara membaca kembali catatan yang telah kamu tulis di buku maupun notebook/tablet.

Semoga tips metode pembelajaran secara daring selama pandemi Covid-19 bisa bermanfaat bagi para pelajar maupun mahasiswa.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red