×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips agar anakmu kelak tak menjadi sandwich generation

0

Ekonomi

4 Tips agar anakmu kelak tak menjadi sandwich generation

Banyak anak yang harus menanggung beban finansial bukan hanya untuk keluarganya sendiri, tapi juga orang tua mereka ketika sudah tua.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fredick Erick

27 / 07 / 2020 13:30

Pernah dengar istilah sandwich generation? Sandwich generation adalah sekelompok orang dewasa setengah baya yang merawat orang tua mereka yang mulai menua dan anak–anaknya sendiri. Lalu, mengapa seolah–olah sandwich generation ini menjadi sebuah masalah? Bukankah kewajiban bagi anak untuk merawat orang tua mereka yang memang sudah tua?

Memang benar adalah kewajiban bagi anak untuk merawat orang tua mereka yang sudah tua. Namun permasalahannya adalah pada masalah financial keluarga itu sendiri. Jadi, sandwich generation benar–benar terhimpit secara ekonomi karena harus menanggung biaya orang tua dan anak mereka sendiri.

Nah, nggak mau kan anakmu nantinya menjadi salah satu korban sandwich generation ini? Maka dari sejak masih produktif, yaitu bisa bekerja dan mencari nafkah, kamu harus berupaya agar anakmu kelak tidak perlu menanggungmu saat tua.

Ini dia beberapa tips yang harus kamu siapkan sejak dini agar anakmu kelak tak menjadi sandwich generation.

1. Mempersiapkan dana pensiun.

Loading...

4 Tips agar anakmu kelak tak menjadi sandwich generation

Dengan mempersiapkan dana pensiun kamu bisa mengurangi tanggungan anakmu dalam menghidupimu pada saat tua nanti. Jadi dana pensiun adalah hal yang wajib kamu siapkan sedini mungkin.

2. Menyiapkan passive income untuk masa tua.

4 Tips agar anakmu kelak tak menjadi sandwich generation

Persiapkan passive income untuk masa tuamu. Bayangkan ketika kamu sudah tidak lagi bekerja tetapi tetap memiliki penghasilan yang baik setiap bulannya. Bukan cuma itu, kamu juga bisa membantu keuangan anakmu di kemudian hari.

3. Mempersiapkan asuransi kesehatan jangka panjang.

4 Tips agar anakmu kelak tak menjadi sandwich generation

Sering kali seorang anak kehabisan uang bukan hanya untuk menghidupi orang tuanya di masa tua, tetapi ketika harus membayar biaya berobat orang tuanya bila sakit. Jadi persiapkan asuransi kesehatan jangka panjang sehingga anakmu terbebas dari hal ini.

4. Bicarakan goal financial kamu kepada anak.

4 Tips agar anakmu kelak tak menjadi sandwich generation

Jangan lupa untuk membicarakan goal financial kamu kepada anak agar mereka juga paham bahwa orang tuanya sendang berjuang untuk masa depan mereka.

Jadi, apakah kamu sudah siap memutuskan rantai sandwich generation?





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red