Nasi adalah makanan pokok sehari-hari mayoritas orang Indonesia. Nasi berasal dari beras yang dicuci bersih kemudian dimasak dengan air hingga matang.Nasi juga merupakan sumber karbohidrat yang bisa dikonsumsi bersama dengan lauk-pauk, misalnya daging ayam, tempe, oseng-oseng ataupun sayur.

Terkadang mengonsumsi nasi berwarna putih mungkin terasa membosankan. Bagaimana jika kamu mewarnai nasi tersebut dengan warna lain agar lebih cantik, menarik, dan semakin menggugah selera?

Namun mewarnainya bukan dengan pewarna makanan biasa, loh ya. Kamubisa mewarnai nasi tersebut dengan beberapa tumbuhan berikut ini.

1. Tanaman kunyit.

4 Tanaman ini bisa mengubah warna nasi, cantik dan menggugah selera

Kunyit atau yang memiliki nama latin Curcuma longa in merupakan tanaman yang tumbuh dari akar atau rimpang. Tanaman kunyit banyak ditemukan di Indonesia dan mempunyai struktur tanaman berupa akar, batang, dan bunga.

Batang tanaman kunyit berwarna hijau dengan tinggi antara 75 hingga 100 cm. Sedangkan akarnya berbentuk serabut dan tumbuh di dekat rimpangnya. Kunyit memang banyak digunakan sebagai bumbu dapur dan merupakan rempah-rempah yang dijadikan pewarna alami warna kuning bagi makanan, terutama pada nasi kuning.

2. Bunga telang.

4 Tanaman ini bisa mengubah warna nasi, cantik dan menggugah selera

Bunga telang atau Clitoria ternateamerupakan tumbuhan yang masuk dalam family Fabaceae,yaitu kelompok buahnya yang berbentuk polong.Bunga ini memiliki batang yang merambat dan bentuknya bulat serta memiliki rambut-rambut halus. Bunga telang adalah bunga majemuk atau jumlahnya banyak dan mempunyai kelopak bunga berwarna ungu. Bunga ini cocok dijadikan pewarna alami untuk nasi berwarna biru.

3. Ubi jalar.

4 Tanaman ini bisa mengubah warna nasi, cantik dan menggugah selera

Tanaman ubi jalar atau Ipomea batatas adalah tanaman yang sering dijumpai di negara kita. Ubi jalar bisa dikonsumsi dengan cara direbus atau digoreng dengan menggunakan tepung.Ubi jalar ada yang berwarna kuning oranye dan ungu yang cocok dijadikan pewarna alami nasi agar berwarna ungu.

4. Daun pandan.

4 Tanaman ini bisa mengubah warna nasi, cantik dan menggugah selera

Tanaman pandan atau Pandanus Amaryllifolius adalah family dari Pandaneceae yang memiliki ciri khas daunnya beraroma wangi.Daunnya yang beraroma wangi juga biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam proses pembuatan makanan seperti kue, bubur, dan juga kolak pisang.Daun pandan memang dikenal sebagai pewarna alami yang menghasilkan warna hijau pada makanan, termasuk untuk nasi hijau.