Benjolan di belakang telinga bisa berukuran kecil maupun besar. Meski penyebabnya tidak selalu berbahaya, namun munculnya benjolan di belakang telinga tetap harus diwaspadai dan segera diperiksakan ke dokter. Sebab, bisa jadi munculnya benjolan tersebut merupakan tanda adanya masalah pada telinga, hidung, atau tenggorokan yang menyebabkan pembengkakan di belakang telinga.

Benjolan yang terdapat di belakang telinga sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi atau pembengkakan pada kelenjar getah bening. Sebagian penyebabnya memang tidak berbahaya, namun jika benjolan tersebut menimbulkan keluhan lain, sebaiknya kamusegera melakukan pemeriksaan.

Kondisi tersebut perlu segera diperiksakan ke dokter apabila benjolan yang muncul di belakang telinga menyebabkan rasa nyeri, telinga berdenging, pendengaran terganggu, demam, pusing atau vertigo, hingga kesulitan menelan sesuatu.

Berikut ini beberapa penyebab yang memicu timbulnya benjolan di belakang telinga.

1.Peradangankelenjar getah bening.

Pembengkakan atau peradangan kelenjar getah bening merupakan salah satu kondisi yang menyebabkan munculnya benjolan di belakang telinga. Kelenjar getah bening sendiri terdapat di beberapa bagian tubuh seperti leher, ketiak, panggul, pangkal paha, dan perut. Kelenjar ini memiliki sistem kekebalan tubuh yang berguna untuk melawan infeksi. Jika kelenjar getah bening mengalami peradangan, maka dapat menyebabkan munculnya benjolan di belakang telinga.

Pembengkakan kelenjar getah bening di belakang telinga biasanya disebabkan akibat infeksi luka atau abses gigi. Meskipun kondisi ini bukan merupakan kondisi yang serius, namun dalam beberapa kasus kondisi tersebut memerlukan perawatan medis apabila tidak membaik dalam beberapa hari.

2.Mastoiditis.

Mastoiditis merupakan kondisi yang tejadi akibat infeksi pada tulang mastoid yang sering kali disebabkan oleh penjalaran infeksi yang berasal dari telinga (otitis media).Gejala yang timbul akibat kondisi tersebut berupa bengkak pada belakang telinga disertai dengan rasa nyeri, kemerahan, hingga demam. Selain itu, kondisi ini juga akan disertai dengan gejala infeksi telinga tengah yang biasanya sudah berlangsung sebelumnya dalam waktu yang cukup lama. Gejala yang muncul berupa keluarnya cairan dari telinga secara berulang-ulang.

3.Limfadenopati.

Limfadenopati merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya pembengkakan kelenjar getah bening. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kelenjar getah bening tersebar di beberapa bagian tubuh, termasuk telinga. Ketika kelenjar getah bening yang berada di belakang telinga membengkak, maka akan muncul benjolan di area tersebut.

4.Kanker.

Salah satu penyebab munculnya benjolan di area belakang telinga yang harus kamu waspadai adalah kanker. Pasalnya benjolan di belakang telinga bisa jadi merupakan gejala munculnya kanker nesofaring. Selain itu, kanker ini juga dapat menimbulkan benjolan di leher atau tenggorokan.