×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan kulit

0

Kesehatan

4 Manfaat cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan kulit

Saat ini cuka apel kerap dijadikan sebagai bahan untuk perawatan wajah, baik dalam bentuk toner atau masker.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

14 / 11 / 2019 12:50

 

Cuka apel adalah cairan hasil dari proses fermentasi jus apel. Dalam proses fermentasi tersebut, kandungan gula yang terdapat pada apel akan diubah menjadi asam asetat yang mana merupakan bahan aktif pada cuka. Proses fermentasi ini juga yang membuat cuka apel memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Selain mengandung asam asetat pada cuka apel juga mengandung nutrisi lainnya, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, vitamin E, kalsium, kalium, dan magnesium.

Meskipun masih termasuk ke dalam jenis cuka, namun cuka apel memiliki perbedaan yang signifikan dibandingkan dengan cuka biasa (cuka putih), terutama dari segi manfaat. Cuka biasa cenderung tidak memiliki manfaat yang berarti untuk kesehatan, sedangkan cuka apel memiliki khasiat yang jauh lebih baik, seperti dapat menurunkan kadar gula dalam darah, mengurangi lemak menumpuk di bagian perut, menurunkan berat badan dan kolesterol, hingga menjaga kesehatan jantung.

Tak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, nyatanya cuka apel juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Di antaranya sebagai berikut.

1. Mengatasi jerawat.

Loading...

Jerawat merupakan masalah kulit yang bagaikan musuh bagi setiap orang. Pasalnya, jerawat dapat mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, cuka apel dapat dijadikan solusi dalam memberantas jerawat ataupun bekas jerawat yang membandel di wajah.

Hal ini karena cuka apel memiliki kandungan asam malat yang berperan sebagai anti-bakteri dan anti-jamur. Selain itu cuka apel juga dapat mencegah bercampurnya kotoran, minyak, dan bakteri penyebab jerawat. Maka dari itu, tak heran jika saat ini banyak produk perawatan kulit yang menggunakan cuka apel sebagai bahan dasarnya.

2. Menyeimbangkan pH kulit.

Kulit berminyak atau terlalu kering bisa disebabkan oleh pH kulit yang tidak seimbang. Kondisi ini juga akan berdampak pada kulit wajah yang tampak kurang kencang dan elastis. Hal ini tentunya dapat menimbulkan masalah kulit seperti munculnya jerawat, komedo, dan iritasi. 

Namun kamu tidak perlu khawatir sebab cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH di kulit wajah. Pasalnya, cuka apel dapat membantu menyeimbangkan produksi sebum di wajah. Maka dari itu cuka apel sangat cocok digunakan sehari-hari untuk mencegah kulit berminyak atau kering. Kamu pun bisa mengaplikasikan cuka apel sebagai toner atau masker.

3. Mencegah kerutan di wajah.

Selain dapat mengobati jerawat, cuka apel juga dapat mencegah datangnya tanda-tanda penuaan. Bagi yang mulai khawatir akan munculnya kerutan atau garis-garis halus tanda penuaan, kamu dapat menggunakan cuka apel sebagai bahan perawatan kulitmu.

Pasalnya, kandungan asam yang terdapat pada cuka apel dapat memberikan manfaat dalam mengurangi kerutan atau garis-garis halus yang muncul di wajah. Sehingga kamu akan memiliki kulit wajah yang terlihat kencang dan awet muda.

4. Mengecilkan pori-pori.

Cuka apel juga memiliki kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) alami yang dapat membantu proses pembentukan sel kulit baru sehingga kulitmu akan terlihat lebih sehat, cerah, dan memesona. Selain itu AHA yang terdapat pada cuka apel juga dapat membantu meringkas atau mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit terasa lebih halus dan mulus ketika disentuh. Kandungan AHA pada cuka apel juga dapat memaksimalkan proses pigmentasi kulit sehingga warna kulit lebih cerah merata.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red