Selain manusia, terdapat makhluk lain yang turut berada di sekeliling kita, yakni makhluk gaib atau yang sering disebut hantu. Seperti manusia, mereka ada yang anteng, tapi tak sedikit juga dari mereka yang jahil. Ada yang dengan isengnya mengganggu atau hanya sekadar menakut-nakuti manusia.

Nah bicara soal hantu, ada yang mendiami rumah-rumah, lautan, atau di pegunungan sekalipun. Seperti kisah-kisah misteri yang ada di Skotlandia ini, di mana negara tersebut banyak menyimpan kisah-kisah misteri di beberapa area kastil tua serta medan pertempuran.

Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (18/7), berikut beberapa kisah misteri yang ada di negara Skotlandia.

1. Lady Catherine dari Dalhousie.

4 Kisah misteri ini hanya ada di Skotlandia, berani berkunjung?

Di Skotlandia, terdapat sebuah hotel yang awalnya adalah sebuah kastil bernama Dalhousie, di mana di dalamnya terdapat sebuah spa bernama Aqueous. Menurut cerita, di kamar-kamar hotel tersebut hantu Lady Catherine sering menampakkan diri.

Lady Catherine merupakan seorang wanita bangsawan berusia 16 tahun yang dibuang di menara kastil pada tahun 1695. Banyak yang percaya bahwa arwahnya masih berada dalam kastil tersebut bahkan meskipun kastil itu telah diubah menjadi hotel pada tahun 1972.

Hotel kastil Dalhousie banyak digunakan orang-orang untuk menggelar pesta pernikahan. Selain para tamu, hantu Lady Catherine sering kali menghadiri pesta pernikahan tersebut. Dia berjalan mulai dari menara kastil, koridor dan bahkan muncul di kamar orang-orang. Menurut saksi mata, terkadang dia melambaikan tangan pada tamu dari jendela dengan mengenakan gaun berwarna abu-abu.

2. Roh-roh jahat dari Blair Street Vaults.

4 Kisah misteri ini hanya ada di Skotlandia, berani berkunjung?

Di Edinburgh, terdapat kubah tua yang terkenal akan keangkerannya. Menurut banyak orang, beberapa roh yang berada di sana sangat menakutkan. Di sana terdapat kamar bawah tanah di mana penduduk lokal menyebutnya sebagai Blair Street Vaults dan dianggap sebagai rumah bagi beberapa hantu jahat.

Meskipun tidak menampakkan diri secara langsung, namun roh-roh tersebut sering muncul di dalam foto-foto yang diambil oleh beberapa pengunjung. Bahkan kehadirannya juga sering dirasakan oleh mereka, seperti menarik-narik celana orang hingga melemparkan batu ke dalam sebuah ruangan.

Menurut Nicola Wright, seorang pemandu wisata di sekitar Blair Street Vaults yang telah bekerja lebih dari satu dekade mengatakan bahwa roh-roh tersebut selalu bersembuyi di dalam terowongan bawah tanah. Beberapa di antara mereka ada yang berbuat jahat dengan mendorong sampai menarik rambut para pengunjung. Sehingga ketika mereka melangkah keluar, ada yang merasakan memar di beberapa bagian tubuh, tergores, mual-mual hingga pakaian yang robek.

3. Hantu wanita tanpa tangan di kastil Rait.

4 Kisah misteri ini hanya ada di Skotlandia, berani berkunjung?

Kastil Rait merupakan sebuah aula besar pada abad ke-13 dan dilengkapi dengan menara kastil sekitar abad ke-16 dan 17. Meskipun hanya tersisa reruntuhannya, namun masih banyak fitur menarik yang ada pada kastil tersebut.

Salah satu hantu paling terkenal di Skotlandia yang mendiami kastil Rait ini adalah hantu seorang wanita muda tanpa tangan dengan gaun berdarahnya. Dipercaya hantu ini adalah korban pembantaian, yang pada tahun 1441 tewas oleh dua belah pihak yang saling memperebutkan kastil.

4. Hantu militer Culloden.

4 Kisah misteri ini hanya ada di Skotlandia, berani berkunjung?

Culloden adalah tempat pertempuran besar yang terjadi pada tahun 1746. Konflik berdarah ini terjadi antara orang-orang Skotlandia dengan tentara dari kerajaan Inggris yang dipimpin oleh Adipati Cumberland. Medan perang yang berawa-rawa tidak mendukung orang-orang Skotlandia untuk menyerang musuh dengan cepat.

Taktik artileri dan kavaleri Inggris mengalahkan mereka dengan cepat sehingga pasukan Skotlandia mengalami kehancuran. Sejumlah paranormal mengklaim adanya hawa-hawa misterius di tempat dimana pasukan Skotlandia mengalami kekalahan dalam jumlah besar. Terdapat pula sumur angker yang disebut Sumur St. Mary, yang sering digunakan sebagai sumber air minum pada waktu itu. Sehingga tak jarang di dalamnya sering terdengar suara-suara jeritan orang yang telah mati.

Banyak saksi mata yang mengatakan bahwa mereka telah menyaksikan pasukan misterius yang tengah berbaris, mayat pria yang berdarah, hingga pertempuran beserta suara jeritan dan perkelahian dari hantu-hantu tersebut yang seolah-olah seperti nyata.