Pada dasarnya, hewan merupakan makhluk Tuhan seperti halnya manusia, yang ingin hidup bebas tanpa tekanan suatu apapun. Namun sejak adanya pertunjukan sirkus, terlebih yang membawa hewan untuk diikutsertakan, hewan-hewan tersebut sering tereksploitasi bahkan diperlakukan dengan kasar. Selain dipaksa keluar dari habitat asli, mereka diharuskan bekerja siang dan malam tanpa henti.

Terlebih jika hewan tersebut dalam jumlah terbatas dan hampir punah, maka tindakan itu sudah sangat dilarang. Belum lagi sikap para pelatih yang seperti tak mau tahu, dan hanya memikirkan banyaknya uang yang akan mereka dapatkan. Misalnya ketika terjadi kecelakaan, yang akan mengundang protes dari banyak orang terutama kelompok pecinta hewan. Karena meskipun hal itu sering terjadi, seperti tanpa dosa pertunjukan tersebut masih saja mereka lakukan.

Seperti kecelakaan beberapa hewan sirkus berikut ini, hingga hewan-hewan tersebut mengalami kematian secara tragis. Dikutip dari berbagai sumber, Minggu (9/12), berikut ulasannya.

1. Jumbo.

4 Hewan sirkus ini alami kematian secara tragis, ngeri banget!

https://commons.wikimedia.org

Melalui sebuah film dokumenter berjudul "The Life of an Elephant Superstar", gajah yang diberi nama Jumbo ini berhasil menjadi superstar binatang pertama di dunia. Sebelumnya, Jumbo pernah menarik perhatian banyak orang yang datang ke Kebun Binatang London, untuk menungganginya. Hingga akhirnya ia dipindahkan ke New York dan dijual ke PT. Barnum pada tahun 1882.

Tiga tahun kemudian, nasib tragis merenggut nyawa Jumbo. Ia tertabrak kereta api di St. Thomas, Ontario, dan mati seketika. Banyak orang yang tak percaya akan kematian Jumbo kala itu. Para ilmuwan mengungkapkan, kebenaran bahwa Jumbo dirantai menyebabkan ia tidak mampu menyelamatkan diri. Ditambah lagi, kecelakaan tersebut seakan menutupi kondisi kesehatan Jumbo yang semakin menurun.

2. Suzy.

4 Hewan sirkus ini alami kematian secara tragis, ngeri banget!

https://nypost.com

Pada tahun 2017, seekor harimau Bengal berusia enam tahun bernama Suzy ditembak mati di Stockbridge, pinggiran Atlanta, setelah melarikan diri dari sebuah truk dalam perjalanan dari Florida ke Tennessee. Truk yang dimiliki oleh Feld Entertainment tersebut membawa 14 ekor harimau milik pelatih Alexander Lacey. Rencananya, hewan-hewan tersebut akan dibawa ke Jerman melalui bandara Tennessee.

Yang lebih parah lagi, sopir truk tidak menyadari jika Suzy melarikan diri hingga ia dan rombongan sampai di bandara. Saat akan ditembak mati, Suzy tengah mengejar anjing dan akhirnya terpojok oleh polisi. Sayangnya, kejadian ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, seekor harimau pernah ditembak mati pada jarak dekat saat dikurung dalam kandang oleh Feld Entertainment.

3. Duke.

4 Hewan sirkus ini alami kematian secara tragis, ngeri banget!

http://www.tmz.com

Pada tahun 2013, seekor kuda pertunjukan berusia sembilan tahun yang diberi nama Duke, tiba-tiba meninggal karena terkejut di Cowtown Rodeo, New Jersey. Menurut promotor acara, Duke ambruk saat pertunjukan karena Aneurisma Pembuluh Darah Aorta. Mereka juga menjelaskan bahwa kematian Duke adalah alami, dan sama sekali tak ada hubungannya dengan acara Rodeo yang telah berjalan sejak 1929.

Namun para aktivis pencinta hewan mengklaim bahwa terdapat bukti yang tertangkap oleh video jika sebenarnya Duke tersengat listrik. Dalam video tersebut, terlihat seorang pawang menggunakan sejenis alat listrik sebelum membuka gerbang untuk Duke.

4. Mary.

4 Hewan sirkus ini alami kematian secara tragis, ngeri banget!

https://rarehistoricalphotos.com

Ketika tampil di Sparks World Famous Circus pada tahun 1916, seekor gajah seberat lima ton yang dikenal dengan nama Mary itu membunuh anggota sirkus, Red Eldridge. Tanpa sebuah pelatihan, Eldridge yang baru dipekerjakan itu berani menaiki si gajah Mary dalam sebuah parade. Dari sanalah kejadian tragis itu dimulai, ditambah lagi Eldridge menjulurkan pengait ke telinga Mary ketika ia tengah asyik makan semangka. Karena tak suka dengan tindakan Eldridge, Mary melemparkannya ke tanah dan menginjak kepalanya sampai tewas.

Keesokan harinya, Mary mendapat hukuman atas apa yang dilakukannya pada Eldridge. Namun hukuman yang ia lakukan justru lebih kejam dari apa yang ia lakukan. Mary dibawa ke Unicoi County, Tennessee, di mana lebih dari 2.500 orang telah berkumpul di sana untuk menyaksikan eksekusinya. Ia digantung dengan derek menggunakan rantai. Foto tersebut menjadi sebuah sejarah atas kebrutalan manusia terhadap hewan.

Itulah beberapa hewan sirkus yang mengalami kematian secara tragis. Jadi mari kita ikut menjaga kelangsungan hidup mereka. Setidaknya dengan tidak menyakiti hewan-hewan yang juga ingin hidup seperti halnya kita.