Sembelit kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat buang air besar. Hal ini menyebabkan seseorang buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu akibat feses atau tinja yang keras.

4 Cara sederhana mengatasi sembelit sebelum bertambah parah

Sumber : https://rheumapas.com/

Sembelit menimbulkan gejala berupa Buang Air Besar (BAB) yang keras dan terasa panas ketika dipaksa keluar. Selain itu, selama mengalami sembelit, perut terasa kaku, nyeri, dan tidak nyaman akibat menumpuknya kotoran di dalam usus. Kondisi ini dapat menyebabkan usus terluka atau terkena iritasi sehingga harus segera ditangani dengan tepat.

Pada dasarnya, sembelit merupakan kondisi yang terjadi akibat kurangnya asupan serat dan cairan di dalam tubuh serta akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Meskipun kondisi ini bukan suatu masalah yang serius, namun banyak orang yang menganggap sembelit merupakan hal yang sepele. Padahal jika dibiarkan terus-menerus, sembelit dapat menimbulkan masalah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi sembelit sebelum bertambah parah.

Berikut ini cara mudah dan sederhana untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

1. Konsumsi makanan berserat.

Sembelit dapat terjadi akibat kurangnya asupan serat dan cairan. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi sembelit adalah dengan mencukupi kebutuhan serat dan juga cairan di dalam tubuh. Hal ini dapat memicu gerakan pada usus untuk menyerap lebih banyak air dan membentuk tinja.

Selain itu, makanan yang mengandung banyak serat juga dapat menjaring residu pada saluran usus yang nantinya akan merangsang sistem pencernaan agar segera buang air besar. Cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

2. Perbanyakminum air putih.

Selain kurang asupan serat, sembelit juga dapat terjadi akibat tubuh kekurangan cairan. Maka dari itu, agarBAB lancar, kamu harus perlu banyak minum air putih agar dapat membantu tubuh untuk mendorong proses pengeluaran tinja.Namun kamu harus menghindari minuman yang mengandung kafein, soda, dan minuman beralkohol saat mengalami sembelit karena minuman tersebut justru dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Pasalnya, dengan mengonsumsi minuman tersebut maka buang air kecildapat menigkat sehingga akan memperburuk sembelit.

3. Janganmenahan BAB.

Jika merasa ingin buang air besar, segeralah pergi ke toilet dan jangan menahannya. Kebiasaan menahan buang air besar dapat meningkatkan risiko terjadinya sembelit.

4. Olahraga secara teratur.

Kurangnya olahraga juga merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit, termasuk sembelit. Maka dari itu, mulai dari sekarang kamu harus membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan sehingga bisa merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh dan membantu pergerakan makanan agar lebih cepat melalui usus.