×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Cara sederhana mengatasi sembelit sebelum bertambah parah

0

Kesehatan

4 Cara sederhana mengatasi sembelit sebelum bertambah parah

Sembelit kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat buang air besar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

12 / 09 / 2019 15:19

Sembelit kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan saat buang air besar. Hal ini menyebabkan seseorang buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu akibat feses atau tinja yang keras.

luka-karena-sembelit

Sumber : https://rheumapas.com/

Sembelit menimbulkan gejala berupa Buang Air Besar (BAB) yang keras dan terasa panas ketika dipaksa keluar. Selain itu, selama mengalami sembelit, perut terasa kaku, nyeri, dan tidak nyaman akibat menumpuknya kotoran di dalam usus. Kondisi ini dapat menyebabkan usus terluka atau terkena iritasi sehingga harus segera ditangani dengan tepat.

Pada dasarnya, sembelit merupakan kondisi yang terjadi akibat kurangnya asupan serat dan cairan di dalam tubuh serta akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak tinggi. Meskipun kondisi ini bukan suatu masalah yang serius, namun banyak orang yang menganggap sembelit merupakan hal yang sepele. Padahal jika dibiarkan terus-menerus, sembelit dapat menimbulkan masalah yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi sembelit sebelum bertambah parah.

Loading...

Berikut ini cara mudah dan sederhana untuk mencegah dan mengatasi sembelit.

1. Konsumsi makanan berserat.

Sembelit dapat terjadi akibat kurangnya asupan serat dan cairan. Maka dari itu, hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi sembelit adalah dengan mencukupi kebutuhan serat dan juga cairan di dalam tubuh. Hal ini dapat memicu gerakan pada usus untuk menyerap lebih banyak air dan membentuk tinja.

Selain itu, makanan yang mengandung banyak serat juga dapat menjaring residu pada saluran usus yang nantinya akan merangsang sistem pencernaan agar segera buang air besar. Cobalah untuk mengonsumsi makanan tinggi serat seperti biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan.

2. Perbanyak minum air putih.

Selain kurang asupan serat, sembelit juga dapat terjadi akibat tubuh kekurangan cairan. Maka dari itu, agar BAB lancar, kamu harus perlu banyak minum air putih agar dapat membantu tubuh untuk mendorong proses pengeluaran tinja. Namun kamu harus menghindari minuman yang mengandung kafein, soda, dan minuman beralkohol saat mengalami sembelit karena minuman tersebut justru dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Pasalnya, dengan mengonsumsi minuman tersebut maka buang air kecil dapat menigkat sehingga akan memperburuk sembelit.

3. Jangan menahan BAB.

Jika merasa ingin buang air besar, segeralah pergi ke toilet dan jangan menahannya. Kebiasaan menahan buang air besar dapat meningkatkan risiko terjadinya sembelit.

4. Olahraga secara teratur.

Kurangnya olahraga juga merupakan salah satu penyebab munculnya berbagai macam penyakit, termasuk sembelit. Maka dari itu, mulai dari sekarang kamu harus membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur. Olahraga dapat meningkatkan denyut jantung dan pernapasan sehingga bisa merangsang kontraksi otot di seluruh tubuh dan membantu pergerakan makanan agar lebih cepat melalui usus.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red