Kita hidup ditengah-tengah kemajuan teknologi. Kemajuan teknologi membawa dampak positif juga dampak negatif bagi manusia. Dampak positifnya adalah teknologi mampu membuat kita lebih cepat mendapatkan informasi atau berita, juga memampukan kita untuk berkomunikasi dengan teman atau saudara kita yang jauh.

Sedangkan salah satu dampak negatifnya adalah teknologi membuat generasi kita menjadi generasi yang acuh tak acuh terhadap sesamanya. Mereka lebih memilih untuk fokus terhadap gawai atau gadget mereka dibanding dengan berinteraksi dengan orang sekitar. Nah, adapun alasan kenapa kamu harus mengurangi bermain gadget ada di bawah ini ya!

1. Bisa merusak mata kamu.

4 Alasan mengapa kamu harus mengurangi main gadget

Berhadapan dengan gadget terlalu lama dapat membuat mata kita kelelahan serta menurunkan kinerja dari silinder mata kita. Mata bekerja lebih ketika berhadapan dengan cahaya gadget dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dapat mengakibatkan kebutaan atau rabun dini terhadap mata.

2. Tangan bisa saja terbakar.

4 Alasan mengapa kamu harus mengurangi main gadget

Memeganggadgetterlalu lama dapat mengakibatkan rasa terbakar ditangan sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman bagi diri kita. Hal ini disebabkan oleh radiasi telepon genggam yang berpaparan secara langsung dengan tangan kita.

3. Kamu mengabaikan orang di sekitar.

4 Alasan mengapa kamu harus mengurangi main gadget Salah satu alasan mengapa kamu harus mengurangi aktivitas bermain gadget adalah kamu mengabaikan orang sekitar. Beraktivitas menggunakan gadget kerap sekali membuat kita menjadi manusia yang apatis. Manusia yang tidak perduli dengan sesama kita. Bahkan terlalu sibuk menggunakan hp mampu membuat kita tidak mendengarkan apa yang orang lain katakan terhadap kita.


4. Bermain hape menurunkan produktivitas dan kreativitas kamu.

4 Alasan mengapa kamu harus mengurangi main gadget Bermain gadget berjam-jam ternyata mampu membuatmu lupa waktu dan menurunkan produktivitas kamu. Bagaimana tidak ? Toh kerjaan kamu hanya tidur dan bermain hape saja seharian.

Nah, adapun tips untuk mengurangi aktivitas bermain gadget, simak dulu yaa!

1. Membuat table time.

MembuatTable timeyang dimaksud adalah membuat jadwal kegiatan yang harus kamu lakukan dalam waktu sehari. Buatlah jam/waktu di mana kamu bisa dan tidak bisa menggunakan telepon genggam kamu.


2. Nonaktifkan jaringan seluler kamu.

Terkadang notifikasi sebuah pesan mampu membuat kita sibuk bermain gadget lebih lama dari apa yang kita harapkan.

3. Meletakkan handphone di tempat yang jauh dari pandangan mata.

Meletakkan hape ditempat yang tidak terjangkau oleh mata mampu membuat kita lebih lama untuk tidak menggunakannya loh guys.

4. Membuat tantangan.

Cobalah membuat tantangan untuk diri kamu sendiri. Seperti : Sejam tanpa gadget. Atau sehari tanpa gadget.

Tantangan ini mampu membuat kamu mengurangi beraktivitas dengan gadget kamu. Mulai lah dari jangka waktu yang sedikit. Setelah itu jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi terhadap diri kamu ketika kamu mampu menyelesaikan tantangan tersebut.

5. Mulailah beraktivitas dan bersosialisasi dengan orang di sekitar.

Yang terakhir adalah mulailah beraktivitas dan menjalankan table time yang sudah kamu buat tadi. Kamu juga bisa memanfaatkan waktu luang kamu dengan mengerjakan hobi kamu. Seperti bermain sepakbola, dengar lagu, menulis, atau membaca. Kamu juga bisa mencoba bepergian kesuatu tempat untuk membuat kamu lupa akan gadget kamu.

Nah, itulah tadi4 Alasan mengapa kamu harus mengurangi bermain gadget beserta tipsnya ya!Mari mengurangi aktivitas bermain gadget dan mulailah bersosialisasi dengan orang di sekitar kita.

Semua dimulai dari diri kita sendiri.