Setiap tahunnya, insan perfilman dunia terutama Hollywood memperebutkan sebuah penghargaan internasional bergengsi. Ajang tersebut adalah Academy Awards atau yang juga dikenal dengan Oscar.

Ajang tersebut menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus jadi peningkat nilai jual para aktor yang bersangkutan di dunia perfilman internasional.Meski Oscar jadi sebuah parameter kualitas akting seorang aktor, ada beberapa aktor legendaris namun kurang beruntung dalam hal memenangkan penghargaan tersebut.

Nah, pemenang kategori Aktor Terbaik tahun 2020 ialah Joaquin Phoenix berkat perannya sebagai Arthur Fleck di film Joker karya Todd Phillips. Di samping itu, masih ada banyak aktor hebat yang belum pernah dapat Oscar juga lho. Berikut ini penulis rangkum beberapa di antaranya.

4. Johnny Depp.

4 Aktor besar Hollywood ini belum menang Oscar sepanjang kariernya

Kamu bakal mengenal Johnny Depp sebagai Captain Jack Sparrow dari franchisefilm Pirates Of The Caribbean. Aktingnya sangat meyakinkan pada franchise film tersebut sehingga sosok kapten bajak laut sangat melekat dengan dirinya.

Tapi, Johnny Depp juga dikenal sebagai orang yang bisa bertransformasi untuk banyak peran. Banyak dari film Depp yang mengharuskannya jadi karakter yang gak biasa. Beberapa karakter unggulan yang pernah dimainkannya adalah Willy Wonka (Charlie and The Chocolate Factory), Edward Scissorhands (Edward Scissorhands), dan Officer Thomas "Tom" Hanson (serial 21 Jump Street).

3. Edward Norton.

4 Aktor besar Hollywood ini belum menang Oscar sepanjang kariernya

Nama Edward Norton sudah dikenal luas sebagai orang yang berpengaruh untuk dunia film Hollywood.Dirinya sering ikut ambil bagian dalam pengembangan film yang dibintanginya. Bahkan, keterlibatannya yang besar dalam film sempat membuatnya bermasalah dengan Marvel yang bikin Edward Norton harus meninggalkan franchise MCU setelah membintangi Hulk.

2. Matt Damon.

4 Aktor besar Hollywood ini belum menang Oscar sepanjang kariernya

Dalam industri film Hollywood, Matt Damon dikenal karena dua hal. Pertama, dirinya adalah Jason Bourne. Kedua, dirinya adalah seorang karakter yang selalu harus diselamatkan dan misi penyelamatannya mengorbankan banyak hal.

Akting Matt Damon sebagai Jason Bourne memang banyak dipuji kritikus karena dirinya seperti mendefinisikan ulang sebuah karakter agen rahasia di tengah dominasi karakter James Bond untuk kategori tersebut. Sayangnya, Matt Damon memang gak pernah merasakan manisnya memenangkan salah satu penghargaan Oscar sebagai seorang aktor.

1. Robert Downey Junior.

4 Aktor besar Hollywood ini belum menang Oscar sepanjang kariernya

Robert Downey Junior adalah Tony Stark dan Tony Stark adalah Robert Downey Junior. Perannya dalam sebagai Iron Man untuk MCU memang benar-benar ikonik sampai para penggemar sulit untuk memisahkan karakter tersebut dari dirinya.

Tapi di samping film tersebut, Robert Downey Juniorsudah pernah dinominasikan untuk film lain seperti Tropic Thunder dan Chaplin. Untuk Tropic Thunder, dirinya dinominasikan sebagai aktor supporting role terbaik, tapi kalah dari Heath Ledger yang memerankan Joker dalam film The Dark Knight.

Saat memerankan komedian legendaris Charlie Chaplin, dirinya juga masuk kategori Best Actor, tapi gak berhasil memenangkan kategori tersebut. Ya walaupun gagal menjadi aktor terbaik, tapi setidaknya perannya sebagai Tony Stark a.k.a Iron Man di Marvel Cinematic Universe membawa film Avengers Endgame yang dibintanginya menjadi film terlaris sepanjang masa hingga saat ini.

Sayang banget, ya? Padahal kualitas akting mereka luar biasa, dan gak jarang mereka memberikan 100% kemampuan ketika berada di depan kamera. Tapi menurut kamu dari keempat aktor di atas, mana nih yang paling pantes dapat piala Oscar?