Zaman sekarang kemampuan berbahasa asing, khususnya Bahasa Inggris sangat dibutuhkan. Setidaknya kamu tahu dasar-dasarnya. Tidak harus mahal, belajar Bahasa Inggris pun bisa kamu lakukan di waktu senggang.

Nah, ini dia tiga tips belajar Bahasa Inggris secara otodidak.

1. Novel.

Kamubisa dengan mudah mempelajari susunan kata yang tepat dan juga mencari banyak kosakata baru di dalam novel. Selain itu, banyak dialog sehari-hari yang bisa kamu tiru cara penyampaiannya. Jika ada kosakata yang belum kamu pahami artinya, kamu bisa mencari tahu melalui kamus ataupun Google Translate.

2. Lagu.

Bahasa Inggris memang berbeda dengan Bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Inggris apa yang kamu tulis belum tentu itu yang kamu ucap. Pengucapan dalam Bahasa Inggris memang cukup asing untuk lidah orang Indonesia. Namun dengan lagu kamu bisa mendengar bagaimana pengucapan yang benar dan melatih lidah menjadi terbiasa dalam berbahasa Inggris. Lirik lagu biasanya memakai kata-kata yang lebih puitis. Pun dari lagu kamu juga dapat mengetahui susunan kata yang berbeda gaya.

3. Film.

Selain seru, film pun bisa bikin kamu belajar tanpa rasa bosan. Tipsnya adalah tontonlah film dengan subtitleBahasa Inggris. Kamu bisa mendengar apa yang diucapkan dan juga bisa tahu bagaimana penulisannya. Jika ada kosakata yang tidak kamu mengerti, bisa dicatat dan setelah filmnya selesai kamu bisa mencari arti dari kosakata tersebut.