Earphone dan headset menjadi barang andalan untuk beberapa orang saat bosan melanda maupun saat bepergian. Bisa menikmati dengan nyaman tanpa mengganggu orang lain, ada orang yang suka memakai earphone maupun headset tanpa batasan jam.

Namun penggunaan earphone maupun headset tanpa batasan punya efek buruk untuk kemampuan telingamu. Selain gelombang suara yang terlalu keras dapat mengurangi sensitivitas telinga terhadap suara, mendengarkan dengan volume keras bisa saja merobek menembus gendang telinga dan gangguan pendengaran akibat dari kerusakan saraf.

Lalu bagaimana tips aman agar telinga tetap sehat untuk kalian yang suka pakai earphone maupun headset? Berikut rangkumannya.

1. Batasi volume dan durasi pemakaian earphone dan headset.

Volume yang dianjurkan tidak lebih dari 60% dari volume maksimal. Karena kekuatan suara lebih dari 85 dB (setara dengan suara buldoser) dapat memengaruhi pendengaran. Selain volume, durasi pemakaian juga berpengaruh. Kita hanya dianjurkan pemakaian selama 90 hingga 120 menit saja, itu pun harus ada jeda. Kita harus melepaskannya beberapa kali agar telinga mendapatkan waktu istirahat.

Jika kalian adalah tipe orang yang sangat suka mendengarkan musik kapan pun dan di mana pun, gunakanlah speaker ketika sedang menyetir atau berada di rumah.

2. Hindari tidur dengan earphone terpasang semalaman.

Tidur dengan earphone terpasang akan membuat telinga semakin tertekan karena menerima gelombang suara yang besar dari pemakaian earphone. Mendengarkan lagu saat tidur dengan earphone membuat otak jadi kurang beristirahat. Selain itu, diklaim bahwa gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh earphone juga diduga dapat merusak sel-sel pada otak.

3. Memilih headset yang memiliki kemampuan noise blocking.

Secara sederhana, noise blocking yaitu memblokir suara eksternal. Headset dengan ini memungkinkan kalian mendengarkan suara secara jernih tanpa harus mengeraskan volume untuk mengalahkan suara di luar headphone. Jadi kalian akan mendengarkan dengan volume rendah karena tidak mencapai separuh dari total volume.