×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Tahapan basic skincare rutin, pemula wajib tahu

0

Kesehatan

3 Tahapan basic skincare rutin, pemula wajib tahu

Jangan sampai salah mengaplikasikannya, ya!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

valencia levina

24 / 01 / 2022 17:55

Kulit yang sehat merupakan idaman semua orang. Menjaga dan merawat kesehatan kulit sangatlah penting. Bisa dimulai dari usia remaja sampai dewasa, baik laki-laki maupun perempuan. Buat kamu yang pengin menggunakan skincare tapi bingung mulai dari mana, kamu bisa memulainya dari tahapan basic skincare rutin dulu. Yuk, simak tahapan-tahapannya!

1. Cleansing.

Cleansing

Foto: https://www.idntimes.com

Tahapan basic skincare rutin bisa kamu awali dengan menggunakan cleansing atau pelembap wajah. Membersihkan wajah sangat penting dilakukan setiap pagi dan malam hari. Di pagi hari kamu bisa membersihkan wajah cukup dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Pilihlah produk cleansing atau pembersih wajah yang kandungannya sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kamu pemilik tipe kulit kering atau kulit sensitif, sebaiknya hindari produk pembersih wajah yang mengandung alkohol dan pewangi.

Setelah seharian beraktivitas jangan lupa bersihkan wajah kamu dengan tahapan double cleansing, yaitu membersihkan wajah dengan dua tahap sekaligus. Tahap pertama, bersihkan terlebih dahulu wajah kamu dengan menggunakan cleansing oil, cleansing balm, cleansing milk, cleansing wipes, atau micerall water. Kemudian pada tahap kedua, bersihkan kembali wajahmu dengan menggunakan sabun pembersih wajah. Tahapan double cleansing bertujuan untuk membersihkan kembali sisa-sisa debu, kotoran, polusi, dan sisa make up yang masih menempel di kulit wajah kamu agar tidak menyumbat pori-pori penyembab timbulnya jerawat dan komedo.

Loading...

2.  Moisturizer atau pelembap wajah.

Moisturizer

Foto: https://www.harpersbazaar.com/

Setelah kulit wajahmu sudah benar-benar bersih, jangan lupa untuk menggunakan moisturizer atau pelembap wajah yang tentunya berguna untuk menjaga dan meningkatkan kelembapan kulit. Pelembap wajah terbagi menjadi beberapa jenis, yakni cream, gel, dan gel cream. Kamu bisa memilih pelembap wajah dalam bentuk day cream, night cream, sleeping mask, atau all day moisturizer.

Untuk melembapkan kulit wajahmu di pagi hari gunakan day cream yang mengandung SPF. Pelembap wajah atau moisturizer yang  mengandung SPF bisa kamu gunakan untuk melembapkan sekaligus melindungi kulit wajahmu dari paparan radikal bebas dan sinar UVA UVB saat beraktivitas di dalam maupun di luar ruangan. Tentu pelembap wajah yang mengandung SPF boleh dipakai secara bersamaan dengan sunscreen.

Malam hari merupakan waktu di mana proses melembapkan kulit terjadi secara lambat. Dengan demikian gunakanlah night cream atau sleeping mask sebelum tidur. Biasanya night cream dan sleeping mask memiliki tekstur yang lebih tebal dibandingkan day cream. Lalu, apa sih bedanya night cream dengan sleeping mask?

Sleeping mask merupakan pelembap sekaligus masker wajah yang bisa kamu gunakan di malam hari tanpa harus dibilas kembali sebelum tidur. Bedanya dengan night cream, sleeping mask gak boleh digunakan setiap malam. Kamu cukup menggunakan sleeping mask setiap 2-3 kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat di dalam sleeping mask mampu mendetoks kulit wajahmu. Jika menggunakan night cream dan sleeping mask secara bersamaan terasa berat di kulit wajahmu, kamu bisa skip salah satunya.

Tapi bagi kamu yang serba efisien alias gak mau ribet, bisa menggunakan all day moisturizer sebagai pelembap wajah di pagi dan malam hari. Selain melembapkan kulit, pelembap wajah juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit, mencerahkan kulit, mengencangkan kulit, dan bikin kulit wajahmu tampak lebih glowing. Serta juga mampu mengatasi permasalahan kulit wajah seperti kulit berjerawat, bekas jerawat, tanda-tanda penuaan dini, dan lain sebagainya. 

3. Sunscreen.

Sunscreen

Foto: https://www.facetofeet.com/

Akhiri tahapan basic skincare rutinmu dengan menggunakan sunscreen. Menggunakan sunscreen sangatlah penting untuk melindungi kulitmu dari paparan radikal bebas dan sinar UVA UVB agar tidak menyebabkan kulit terbakar, mencegah tanda-tanda penuaan dini, dan kondisi kulit yang sedang berjerawat tidak semakin parah. Melewati penggunaan sunscreen juga bisa menyebabkan kulit wajah kamu menjadi tampak lebih tua dari usiamu, bahkan bisa menyebabkan kanker kulit loh!

Sunscreen gak cuma digunakan saat beraktivitas di luar ruangan, tapi kamu juga perlu menggunakan sunscreen saat beraktivitas di dalam ruangan. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu, ada chemical sunscreen dan physical sunscreen. Chemical sunscreen cocok digunakan bagi kamu pemilik kulit berminyak. Sementara Physical sunscreen cocok digunakan untuk pemilik kulit kering bahkan kulit sensitif. Jangan lupa gunakan sunscreen setiap 2-3 jam sekali di pagi hingga sore hari cukup dengan dioleskan ke kulit menggunakan dua ruas jari.  

Jika tahapan basic skincare rutinmu sudah terpenuhi, kamu bisa melengkapinya dengan menggunakan toner setelah membersihkan wajah dengan cleansing, essence setelah toner, serum atau ampole, dan kemudian kamu bisa gunakan face oil sebelum atau sesudah menggunakan moisturizer. Kalau kamu sedang berjerawat atau memiliki bekas jerawat, kamu bisa menggunakan obat jerawat setelah tahap akhir skincare rutinmu.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red