×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Situs ini dapat membantumu belajar pemrograman alias ngoding

0

Gadget

3 Situs ini dapat membantumu belajar pemrograman alias ngoding

Situs ini dapat kamu gunakan sebagai alternatif belajar bahasa pemrograman.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Raden Miftakhurozak Budi Nugraha

02 / 04 / 2020 11:30

 

Apa itu pemrograman? Pemrograman merupakan proses menulis, menguji, memperbaiki (debug) serta memelihara kode yang membangun sebuah program komputer dengan menggunakan banyak jenis bahasa pemrograman. Tujuan dari pemrograman adalah membuat sebuah program yang dapat menghitung atau melakukan sebuah pekerjaan sesuai dengan keinginan pemrogram (Programmer). Pemrograman dilakukan berdasarkan hasil logika yang diwujudkan dalam bentuk algoritma dan perhitungan matematika. Oleh karena itu, untuk membuat sebuah program, seorang programmer butuh belajar bagaimana menyusun algoritma yang efisien agar program yang dihasilkan bisa berjalan dengan baik dan tidak membutuhkan memori yang besar.

Mungkin bisa dibilang bahwa pemrograman ini merupakan sebuah seni karena setiap bahasa pemrograman memiliki sintaks (aturan penulisan) yang berbeda-beda dan setiap programmer memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda pula. Selain itu, dalam menulis sebuah program sebaiknya mempertimbangkan teknik-teknik yang digunakan agar menghasilkan program yang efisien.

Pemrograman itu sulit? Iya, pemrograman itu sangat sulit bagi orang yang tidak ingin belajar. Orang yang benar-benar ingin belajar akan mengetahui bahwa pemrograman itu mudah, hanya bermodalkan niat ikhlas, komitmen, konsisten, dan sering latihan adalah kunci kemudahan belajar pemrograman. Apalagi di zaman sekarang sudah terdapat banyak media untuk belajar sehingga kita bisa belajar secara otodidak.

Berikut ini adalah daftar media pembelajaran yang bisa digunakan sebagai alternatif untuk teman-teman dalam belajar pemrograman.

Loading...

1. W3Schools.

3 Situs ini dapat membantumu belajar pemrograman alias ngoding

Website ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran online untuk memprogram sebuah produk website, contohnya membuat sebuah website toko online seperti Bukalapak, dll. Karena pada website ini sebagian besar materi yang tersedia adalah bagaimana cara menyusun HTML, CSS, dan bahasa pemrograman PHP & Javascript yang sering digunakan untuk membangun website. Namun, pada website tersebut juga terdapat materi tentang bahasa pemrograman lain untuk membangun aplikasi desktop, seperti Java, C++, Phyton dan C# namun tidak sebanyak materi untuk membangun website.

2. SoloLearn.

3 Situs ini dapat membantumu belajar pemrograman alias ngoding

Kabar bahagia untuk pengguna smartphone karena belajar pemrograman kini tidak harus melalui web sehingga aksesibilitas belajar menjadi lebih mudah. SoloLearn sebagai salah satu rekomendasi penulis untuk belajar karena aplikasi tersebut dapat diakses dari android, iphone, atau web. Aplikasi ini memiliki banyak materi yang dapat diakses secara gratis dan online, seperti PHP, Swift, Python, C++, Java, Javascript, C# dan C.

Selain materinya yang banyak, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang bernama Code Playground sebagai tempat untuk menulis kode pemrograman sesuai yang kita inginkan. Pada versi aplikasinya, aplikasi ini dapat dimanfaatkan untuk menguji kemampuan kita dengan cara menantang pengguna lain di materi yang sama. Yang menarik dari SoloLearn adalah di akhir kursus dari materi yang telah dipelajari, akan ada ujian untuk mendapat sertifikat yang nantinya bisa dimasukkan ke dalam profil LinkedIn.

3. Udacity

3 Situs ini dapat membantumu belajar pemrograman alias ngoding

Udacity merupakan tempat kursus pemrograman online dengan beragam jenis paket pembelajaran mulai dari level dasar (Beginner) hingga tinggi (Advanced) misalnya paket pembelajaran Introduction to Programming yang cocok untuk kita sebagai pemula, setelah itu naik tingkat menjadi Full Stack Web Developer.

Setelah mengikuti kursus di Udacity, kamu bisa mendapatkan peluang lebih besar untuk langsung mendapat pekerjaan. Selain itu, kamu juga mendapatkan peluang untuk menjadi mentor dan instructor di dalamnya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red