×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Negara ini ternyata punya garis keturunan dengan Indonesia

0

Wow

3 Negara ini ternyata punya garis keturunan dengan Indonesia

Beberapa negara di dunia ini disebut memiliki hubungan sejarah dengan Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Purnama

12 / 02 / 2020 11:35

Setiap negara pastinya memiliki kisah sejarahnya masing-masing. Tahukah kamu ada beberapa negara di dunia ini yang memiliki keterkaitan sejarah dengan Indonesia? Apakah mungkin Indonesia merupakan nenek moyang dari negara-negara yang nun jauh di sana?

Dilansir dari tayangan On The Spot, berikut beberapa negara yang memiliki keterkaitan sejarah dengan Indonesia.

1. Suriname.

Suriname merupakan bagian dari Amerika Selatan. Sebelum abat ke-17 Suriname diperebutkan oleh negara-negara di Eropa. Hingga akhirnya pada akhir abad ke-17 negara tersebut berada di bawah kekuasaan Belanda.

Pada 1890 pemerintahan Belanda memberlakukan kebijakan untuk memigrasikan penduduk Indonesia, khususnya orang Jawa ke Suriname. Jumlahnya pun mencapai ribuan orang. Hingga kini, warga Suriname menggunakan Bahasa Jawa sebagai bahasa keseharian.

Loading...

2. Madagaskar.

Ilmuwan memperkirakan bahwa negara kepulauan di Afrika ini ditemukan oleh perempuan Indonesia. Menurut catatan sejarah, Pulau Madagaskar pertama kali dihuni oleh pendatang dari Indonesia. Para ilmuwan belum menemukan bukti fisik, kecuali uji mitokondria DNA yang mengungkap garis keturunan Madagaskar berasal dari Indonesia.

Beberapa tahun lalu, peneliti dari salah satu universitas di Selandia Baru menganalisa DNA milik 266 warga. Peneliti menemukan fakta bahwa 22 persen penduduk Madagaskar memiliki tanda genetik orang Indonesia.

Tak hanya itu, ternyata metode dan teknologi mereka bercocok tanam pun mirip dengan apa yang dilakukan oleh orang Indonesia loh. Bahkan, rumah di Madagaskar mirip dengan bangunan di Indonesia, berbentuk kotak dengan atap segitiga. Padahal rumah adat Afrika memiliki bentuk atap yang bulat.

3. Malaysia.

Seperti yang kita ketahui, letak Malaysia begitu dekat dengan Indonesia, bahkan ada yang berbatasan langsung. Hampir sebagian orang Malaysia dikabarkan masih memiliki hubungan darah dengan Indonesia karena nenek moyangnya kebanyakan dari negara kita, seperti dari Suku Minang, Bugis, Aceh, Banjar, Jawa, Medan dan suku lainnya. Bahkan Perdana Menteri ke-2 Malaysia, Tun Razak berasal dari keturunan Kerajaan Goa, Sulawesi.

Jangan-jangan masih banyak negara lain yang punya keterkaitan sejarah dengan Indonesia, ya.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red