×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Jenis makanan pemicu kista ovarium ini perlu dihindari wanita

0

Kesehatan

3 Jenis makanan pemicu kista ovarium ini perlu dihindari wanita

Foto: Anastasia Gepp dari Pixabay

Salah satu cara menghindari kista ovarium adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi makanan yang dapat memicunya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

12 / 03 / 2020 10:05

 

Kista ditandai dengan munculnya benjolan atau kantung tertutup yang bisa berisi cairan, udara, maupun jaringan padat. Namun, kamu tidak perlu khawatir, sebab benjolan yang muncul akibat kista tidak bersifat ganas, alias bersifat jinak, sehingga berbeda dengan kanker.

Salah satu jenis kista yang sering kali ditemukan pada wanita adalah kista ovarium, yakni kista yang tumbuh dan berkembang di indung telur atau ovarium. Akibat terburuk dari kista ovarium pada wanita adalah sulit mendapatkan keturunan atau terjadinya kemandulan. Hal ini disebabkan karena pada dasarnya indung telur berfungsi sebagai penghasil telur pada rahim wanita, serta bertugas untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron.

Meskipun umumnya kista ovarium tidak berbahaya terhadap kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun kista dapat tumbuh membesar dan menimbulkan gejala-gejala yang membuat pengidapnya tidak nyaman. Oleh sebab itu, penting bagi pengidap kista untuk selalu memeriksakan diri ke dokter secara rutin, guna memantau maupun menangani kista dengan tepat. Lantas, bagaimana caranya agar wanita terhindar dari kista ovarium? 

Untuk mengatasi kista ovarium sendiri, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang dapat memicu pertumbuhan kista di rahim.

Loading...

Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat memicu pertumbuhan kista ovarium:

1. Beberapa jenis buah-buahan.

Beberapa jenis buah-buahan seperti durian, nagka, dan nanas memang memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk kesehatan. Namun bagi kamu para wanita, sebaiknya mengurangi konsumsi buah-buahan tersebut, apalagi jika kamu memiliki riwayat kista. Hal ini disebabkan karena senyawa enzim yang terdapat di dalam tiga buah tersebut dapat memengaruhi kesehatan rahim kamu apabila dikonsumsi. Sehingga pada akhirnya akan memicu pertumbuhan kista.

2. Gorengan.

Meskipun rasanya nikmat dan gurih, nyatanya gorengan merupakan salah satu jenis makanan yang membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Selain meningkatkan kadar kolesterol jahat, mengonsumsi gorengan secara berlebihan juga dapat memicu tumbuhnya kista pada rahim. Pasalnya, gorengan merupakan makanan yang mengandung lemak sangat tinggi.

3. Makanan yang diawetkan.

Penderita kista sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang diawetkan seperti mie instan, sosis, ikan asin dan sebagainya. Pasalnya, makanan yang diawetkan memiliki kandungan senyawa kimia membahayakan untuk kesehatan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red