Emily in Paris adalah sebuah serial Netflix yang dibintangi oleh Lilly Collins. Emily in Paris bercerita tentang seorang wanita karier bernama Emily yang memutuskan untuk bekerja di sebuah perusahaan marketing kecil yang bertempat di Paris. Kisah Emily in Paris merupakan sebuah seluk beluk petualangan Emily sebagai seorang warga Amerika yang memutuskan untuk bekerja di Paris, meskipun ia tidak pernah mengetahui bahasa yang digunakan di kota tersebut.

Serial ini memiliki beberapa pelajaran penting yang dapat dipetik dan diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja kira-kira?

1. Perbedaanbudaya dalam lingkungan kerja.

Emily merupakan seorang wanita yang berasal dari Amerika. Tentunya budaya kerja yang ada di Amerika dan Paris bertolak belakang. Sebagai contoh, Emily merupakan seorang early bird, terbiasa untuk selalu datang ke kantor tepat waktu pada pagi hari. Sedangkan para pekerja di Paris terbiasa untuk datang pada siang hari. Hal ini tentunya membuat Emilykeheranan pada mulanya.

Perbedaan kebudayaan merupakan suatu hal yang sangat mencolok di dalam serial ini. Perbedaan kebudayaan juga sering kali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, seperti di dalam kampus, sekolah, maupun kantor tempat kerja. Indonesia merupakan salah satu negara multibudaya. Tentunya perbedaan budaya adalah makanan sehari-hari bagi orang Indonesia.

Cara yang paling tepat untuk mengatasi perbedaan budaya adalah beradaptasi dan toleransi. Dengan beradaptasi, kamu akan terbiasa dengan perbedaan budaya yang ada di sekitarmu. Meskipun sulit pada mulanya, adaptasi tentunya harus selalu dilakukan.

Toleransi mengajarkanmu untuk selalu menghargai perbedaan budaya yang ada. Toleransi dapat mencegahmu untuk memandang budaya lain dengan sebelah mata. Tidak ada budaya yang buruk, tinggal bagaimana caramu melihat keindahan di dalam perbedaan budaya tersebut. Oleh karena itu, toleransi selalu dibutuhkan dalam mengatasi perbedaan budaya.

2. Pentingnyamemiliki sifat yang pantang menyerah.

Ide-ide, strategi, dan taktik yang dikeluarkan oleh Emily berulang kali ditolak oleh bosnya. Namun haltersebut tidak membuat Emily patah semangat. Emily terus berusaha untuk mengajukan ide-idenya yang brillian berbekal dengan keyakinan yang kuat. Hal ini tentu pada akhirnya membuahkan hasil.

Dari apa yang terjadi dengan Emily, kamu dapat mencontoh sifat pantang menyerah yang dimilikinya. Gagal merupakan hal yang biasa, namun kegagalan tidak boleh menjadi titik akhir dari perjuangan yang sedang kamu lakukan. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

3. Harusberani mencoba hal baru.

Di dalam serial Emily in Paris, pekerja Paris digambarkan sebagai pekerja yang kental akan tradisi dan tidak berani mencoba hal baru, meskipun hal tersebut merupakan inovasi yang menjanjikan. Emily, sebagai pendatang dari Amerika, tentunya berusaha keras untuk membuat teman-temannya di Paris mencoba hal-hal baru.

Hal baru tidak selalu memiliki konotasi yang negatif. Hal baru juga dapat melahirkan sebuahdampak yang positif. Ini dibuktikan di dalam serial Emily in Paris ketika hal baru yang dibawakan oleh Emily justru memberikan keuntungan bagi kantor marketing yang berada di Paris.

Meskipun mencoba hal baru terdengar cukup menyeramkan, namun kamu harus berani untuk mencobanya agar dapat mengetahui dan mempelajari hal-hal yang sebelumnya tidak pernah kamu ketahui.

Begitu banyak pelajaran yang dapat kamu ambil dan terapkan dari serial Emily in Paris.Jangan lupa untuk saksikan serialnya di Netflix!