Menulis di jurnal belum menjadi tradisi bagi mahasiswa S-1 di Indonesia. Padahal paper tugas kuliah jika digarap serius bisa jadi artikel yang dipublikasikan di jurnal. Hal inilah yang dilakukan di Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Mahasiswa di kampus ini difasilitasi menulis di jurnal. Nah, berikut ini merupakan tiga fakta mengenai publikasi jurnal di UMY.

1. Sudah empat nomor.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali memublikasikan artikel hasil penelitian di Jurnal Audiens. Tercatat ada tujuh artikel karya mahasiswa yang terpublikasikan bersama delapan artikel yang lain di Jurnal Audiens Vol 2, No 2 (2021). Ini adalah publikasi keempat selama dua tahun.

2. Mahasiswa senang dengan mekanisme kuliah.

3 Fakta publikasi di jurnal mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY

"Sebagai mahasiswa kami merasakan nikmatnya berproses, artikel jurnal kami layak dan dinyatakan submit di Jurnal Audiens," jelas Ditha Aditya Pernikasari, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY. Ditya menambahkan, bahwa proses melakukan penulisan dalam mata kuliah ini tidak lepas dari dorongan yang kuat dari dosen pengampu yang membuat semangat dan kerja sama tim menguat. "Begitu revisi datang, tolong hadang jangan ditunda-tunda! Karena kalau ditunda malas akan semakin meradang," tambahnya.

Artikel penelitian yang ditulis oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY merupakan luaran dari mata kuliah Kajian Kritis Iklan dan Manajemen Media Penyiaran. "Meskipun dalam kondisi pandemi, proses pembelajaran tetap bisa berlangsung dengan adanya aplikasi platform pembelajaran MyKlass dan bahkan mahasiswa bisa melakukan riset dalam mata kuliah," jelas Fajar Junaedi, editor in chief Jurnal Audiens. Fajar menambahkan bahwa dimensi riset dalam perkuliahan menjadi aspek penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir analitis dan kritis dari mahasiswa.

3. Tidak hanya dari Indonesia, sebagian penulis berasal dari luar negeri.

Jurnal Audiens adalah jurnal mahasiswa yang menjadi media untuk publikasi karya mahasiswa Ilmu Komunikasi UMY. Meskipun demikian, jurnal ini juga menerima artikel dari luar. Yang lebih menarik, ada beberapa artikel yang berasal dari mahasiswa Nanjing Normal University, Cina. Ini wujud muda mendunia yang menjadi kredo UMY. Jurnal Audiens bisa kamu akses di tautan berikut ini: https://journal.umy.ac.id/index.php/ja/index