Perhelatan Oscar atau The Academy Awards yang ke-90 sudah berakhir. Penghargaan bergengsi ini memang sangat dinantikan, tidak saja bagi para sineas perfilman, namun juga para penonton dan pecinta film seluruh dunia. Meskipun Oscar bukan satu-satunya ajang penghargaan dalam dunia perfilman, namun penghargaan ini termasuk salah satu yang paling bergengsi.

Ngomongin soal Oscar nih, tahukah kamu ada dua film yang meraih penghargaan Oscar terbanyak sepanjang sejarah? Mungkin kamu pun sudah menontonnya, karena kedua film ini sangat terkenal.

1. Titanic

Film hollywood peraih Oscar terbanyak sepanjang sejarah

Film tahun 1997 ini meraih 11 piala Oscar, masing-masing untuk kategori: Film terbaik, Sutradara terbaik, sinematografi terbaik, tata artistik terbaik, desain kostum terbaik, tata suara terbaik, penyuntingan terbaik, efek visual terbaik, music orisinal terbaik, lagu orisinal terbaik, dan penyuntingan suara terbaik.

Film yang disutradarai oleh James Cameron ini, bertutur tentang peristiwa tenggelamnya kapal pesiar mewah Titanic pada bulan April di tahun 1912. Peristiwa Titanic ini kisah nyata lho, menjadi salah satu peristiwa musibah paling diperbincangkan sepanjang sejarah.

Uniknya, James Cameron tidak membidik musibahnya, melainkan cerita mengenai hubungan percintaan sepasang remaja yang kebetulan berada di atas kapal Titanic.Film ini kemudian menobatkan Jack dan Rose (diperankan dengan sangat apik oleh Leonardo DiCaprio dan Kate Winslet), menjadi salah satu pasangan paling romantis sepanjang masa.

Satu lagi yang sangat sulit dilupakan dari film ini adalah soundtrack lagunya yang amat indah dan menyayat. Siapa sih yang tidak mengenal Celine Dion, yang menyanyikan My Heart Will Go On, untuk lagu ini?

Dan oh, mungkin kamu akan ingat dengan dialog ini, You jump, I jump, remember?.Meleleh sekaligus mengharukan.

2. The Lord of The Rings : Trilogy (2001-2003)

Film hollywood peraih Oscar terbanyak sepanjang sejarah

Trilogi The Lord Of The Rings (TLOTR) terdiri atas TLOTR : The Fellowship of The Ring -2001 (meraih 4 Oscar: sinematografi, music orisinal, tata rias dan visual efek), TLOTR : The Two Towers 2002 (meraih 2 Oscar : penyuntingan suara dan visual efek) dan The Return of The King - 2003.

The Return of The King sendiri berhasil menggondol 11 Oscar di tahun 2004. Film terbaik, Sutradara terbaik, Naskah terbaik, tata rias terbaik, tata artistik terbaik, desain kostum terbaik, tata suara terbaik, penyuntingan terbaik, efek visual terbaik, music orisinal terbaik, dan lagu orisinal terbaik. Jadi jika digabungkan, pencapaian Oscar yang diraih ketiga film ini adalah 17 piala.

Biasanya, untuk kategori film yang diadaptasi dari buku, selalu ada sedikit kekecewaan karena bahasa film sering dianggap gagal memvisualisasikan imajinasi pembaca. Untuk trilogy TLOTR, ini tidak berlaku.

Trilogi ini digarap secara kolosal, melibatkan banyak sekali aktor dan aktris utama untuk ketiga filmnya, ratusan kru, pemeran pendukung dan pemeran pengganti. Sebagian besar dari lokasi syuting yang dipakai adalah di Selandia Baru, tempat Peter Jackson berasal. Secara keseluruhan menghabiskan waktu syuting selama delapan tahun di 350 shooting sets.

Tidak hanya soal jumlah kru dan pemain yang begitu banyak, naskah yang diadaptasi dari novel karya J.R.R Tolkien ini juga banyak menggunakan bahasa Elvish atau bahasa peri. Di trilogi ini memang peri menjadi salah satu bangsa yang ikut hidup dan berperang di dunia Middle Earth. Belum lagi dengan kostum yang dikenakan oleh para pemain, dari mulai manusia, hobbit, peri, dwarf, sampai para monsters yang disebut Orc dan Uruk Hai. Benar-benar sangat detil dan membuat kagum!

Saking bagusnya kostum Orc dan Uruk Hai, Museum of New Zealand sampai memajangnya lho! Keren banget kan.Belum lagi adegan peperangannya yang sanggup membuat penonton menahan napas. Tak heran ketiga film ini sukses secara komersil dan berjaya di ajang penghargaan.

So, itulah dua film peraih Oscar terbanyak sepanjang sejarah perfilman Hollywood. Hayo, sudah nonton belum? Atau jangan-jangan, mau nonton lagi yaa!