×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

0

Jalan-Jalan

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Tiap negara punya perbatasan dengan negara lain, baik darat, udara, dan lautan. Ada juga sebagian negara di Asia dan Afrika tidak memiliki laut.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Cahyo Tri Aprianto

11 / 02 / 2019 17:08

Biasanya tidak ada yang istimewa tentang perbatasan antar negara. Tetapi ketika melihat foto-foto di peringkat ini, kamu akan terkejut dengan betapa asli foto-foto itu, terlepas dari apakah perbatasan itu alami atau buatan manusia!

1. Amerika Serikat - Kanada.

 19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Di Thousand Islands ada 26 buah pulau yang dinyatakan sebagai taman nasional. Thousand Islands National Park atau Taman Nasional Kepulauan Seribu namanya. Didirikan tahun 1904, pulau-pulau di taman nasional itu ada yang gundul, berupa bebatuan yang tertutup lumut, ada juga berupa hutan rimbun. Dan disinilah hutan ini membagi wilayahnya dengan Kanada dan Amerika Serikat.

Karena berbeda karakter, maka tumbuhan dan hewan yang hidup di sana pun beragam. Tumbuhan yang khas di sana adalah pinus rigida. Sedangkan hewannya adalah coyote, tupai, dan beberapa jenis burung. 

Loading...

 

2. Iguazu Falls, Argentina - Brasil.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Dua negara bertetangga yaitu Argentina dan Brasil punya batas negara yang super keren. Air Terjun Iguazu memisahkan antara 2 negara penggila bola itu. Dua Negara ini bahkan berbagi air terjun di perbatasan, namanya Air Terjun Iguazu. Air Terjun Iguazu ini terletak di perbatasan Argentina dan Brasil. Tepatnya di Provinsi Misiones, Argentina, dan negara bagian Parana di Brasil.

 

3. China - Mongolia.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Salah satu keajaiban dunia, Tembok Besar China diperkirakan dibangun sekitar 200 SM selama Dinasti Qin. Qin Shi Huangdi, seorang kaisar dari China ingin sebuah struktur dinding panjang yang bertindak sebagai perisai untuk batas perbatasan terhadap serangan dari bangsa Mongol saat kekaisaran Genghis Khan. Pembangunan Tembok China itu diteruskan oleh dinasti kekaisaran China selanjutnya.

Itu adalah pekerjaan yang sangat berat seperti yang diyakini oleh tentara Cina, masyarakat lokal, dan penjahat. Selama konstruksi, sekitar 1/5 dari masyarakat Cina dipaksa untuk membangunnya. Karena kebanyakan orang tidak mengerti untuk melakukan pekerjaan berat dengan tenggat waktu pendek dan kondisi sulit, diperkirakan lebih dari satu juta orang tewas dalam proses pembangunan dan telah terkubur di bawah tembok.

Dengan lebar 20 ft untuk bawah dan 16 ft lebar atas, ketinggian 16 hingga 26 ft dan memeiliki panjang sekitar 8.851 km setara 8.5x pulau Jawa (Ujung Kulon-Banyuwangi), ini merupakan bangunan yang luar biasa.

 

4. Denmark - Swedia.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Oresund, sistem jembatan dan terowongan bawah laut ini menjadi kebanggaan warga Denmark dan Swedia. Oresund dikenal juga sebagai The Sound atau Sundet merupakan sebuah jembatan raksasa yang menghubungkan kedua negara tersebut.

Oresund merupakan satu bagian dari tiga selat di Denmark yang menghubungkan Laut Baltik dan Samudera Atlantik melalui Kattegat, Skagerrak, dan Laut Utara. Sistem jembatan unik ini menghubungkan ibukota Denmark, Kopenhagen dan Malmo, kota di Swedia. Sekaligus berfungsi sebagai salah satu jalur perairan tersibuk di dunia.

Oresund dirancang oleh arsitek Denmark, George KS Rotne. Jembatan ini resmi dibuka pada tanggal 1 Juli 2000 oleh Ratu Margrethe II dari Denmark dan Raja Carl XVI Gustaf dari Swedia. Dilaporkan Bored Panda, jembatan ini mengular sepanjang 8 kilometer. Kemudian menjorok ke bawah permukaan air, menjadi terowongan sepanjang 4 kilometer yang melalui sebuah pulau artifisial di Kanal Flint.

 

5. Jerman - Belanda.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Perbatasan antara Jerman dan Belanda ditandai dengan jalur logam di pusat bisnis Eurode. Meskipun kotak surat berada di kedua sisi perbatasan, namun surat-surat tersebut akan sampai kepada si penerima seminggu kemudian.

 

6. Kanada - Amerika Serikat.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Perpustakaan Haskell berdiri di atas dua negara, dengan satu kaki berada di Amerika Serikat dan yang lainnya di Kanada. Masuklah ke dalam Haskell Library dan kamu akan dengan mudah menganggapnya sebagai perpustakaan kota kecil khas Amerika.

Tentu saja yang ini sedikit lebih elegan dengan kayu asli yang berasal dari tahun 1905 dan kursi-kursi baca berlapis kain, tetapi tetap saja itu sebuah perpustakaan seperti yang lainnya.

 

7. China - Mongolia.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Di ujung utara Cina, tepatnya di perbatasan dengan Mongolia kamu akan menemukan patung dua Brontosaurus menjulang di kedua sisi jalan raya. Lehernya yang panjang saling bertemu seolah-olah mereka akan saling berciuman satu sama lain.

Wilayah tersebut dikenal juga dengan sebutan Kota Dinosaurus karena memang banyak ditemukan fosil dinosaurus di sana dan termasuk kawasan paling banyak ditemukan fosil di Asia. Berada di perbatasan kedua negara ini dan berfoto dengan latar patung Brontosaurus tentu akan menyenangkan.

 

8. China - Nepal.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Sisi utara Gunung Everest, tepatnya di perbatasan China-Nepal yakni Kota Gangkar, Tingri County, Tibet. Sejumlah anggaran telah disiapkan untuk membangun infrastruktur dan atraksi wisata di kaki Gunung Everest.

Perwakilan pemerintah China, Nyima Tsering mengatakan kepada surat kabar China Daily, Gangkar adalah tempat terbaik untuk melihat puncak Qomolangma, Cho Oyu, Shishapangma, Lhotse dan Makalu. Qomolangma adalah bahasa Tibet untuk Gunung Everest.

"Ada juga akan menjadi museum gunung, pusat penyewaan dan perbaikan untuk mobil, sepeda motor dan sepeda serta restoran dan akomodasi". 

 

9. Amerika Serikat (kiri) - Mexico (kanan).

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Perbatasan antara Meksiko dengan Amerika Serikat sering memicu perdebatan sengit di antara keduanya. Banyaknya imigran gelap yang berusaha menerobos tapal batas untuk mencari kehidupan baru di negeri tetangga menjadi isu panas karena pemerintah AS tak segan menembak mati para imigran gelap yang mencoba masuk secara ilegal.

Sebagai antisipasi, pemerintah AS membuat pos-pos pengamanan perbatasan di sbeberapa titik rawan. Di sini tergambar sebuah kota padat penduduk Tijuana, Meksiko berada di sebalah kanan sementara sebuah pos patroli perbatasn tampak berdiri di seberang perbatasan. 

 

10. Polandia - Ukraina.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Jaroslaw Koziara, seorang seniman yang membuat crop circle berbentuk ikan di bidang antara Horodyszcze ( Polandia ) dan Warez ( Ukraina ) untuk Art Festival Tanah 2011.

 

11. Swedia - Finlandia.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

The Green Zone atau Tornio Golf Club adalah sebuah lapangan golf yang paling unik di dunia. Lapangan golf ini terletak di perbatasan antara negara Swedia dan Finlandia. Ada 18 lubang golf di lapangan tersebut di mana 9 lubang berada di sisi Finlandia dan 9 lainnya ada di Swedia.

Perbatasan kedua negara ini dipisahkan oleh Sungai Tornio. Bermain golf di sana akan memberikan pengalaman yang sangat unik. Kamu dapat berada dalam dua negara yang berbeda dalam waktu yang sama.

 

12. Brasil - Argentina - Paraguay.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Argentina, Paraguay, dan Brazil. Tiga negara terkenal dari kawasan Amerika Selatan ini hanya menggunakan sungai sebagai pemisahnya. Terlihat di gambar pada sisi kanan adalah negara Brazil, tengah Paraguay, dan kiri merupakan Argentina.

 

13. Slovakia - Austria - Hongaria.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Ketiga negara ini ini memiliki pembatas negara yang cukup unik. Sebuah meja berbentuk segitiga lengkap dengan dudukannya menghadap ke negara wilayah masing-masing.

Di meja terdapat gambar bendera negara terkait. Dan ini bisa menjadi destinasi unik bagi para traveler yang ingin mengabadikan tempat liburan anti-mainstream.

 

14. Jerman - Republik Ceko.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Basteigebiet adalah jembatan luar biasa yang dibangun dalam formasi batuan di taman alami Sächsische Schweiz yang melintasi perbatasan ke Republik Ceko. Kami mendengar tentang tempat ini beberapa tahun yang lalu ketika mengunjungi Dresden tetapi tidak bisa sampai di sana pada waktu itu. Sekarang kesempatan muncul bisa dilewati.

Batu-batu pasir telah terkikis jutaan tahun yang lalu dan sekarang berdiri menakjubkan. Untuk memudahkan akses bagi para pengunjung yang kurang berani, sebuah jembatan kayu dibangun pada awal abad ke-19. Beban berat para pengunjung menyerukan pembangunan yang lebih kokoh dan pada 1800-an sebuah jembatan batu pasir dibangun di antara pilar-pilar. Hari ini jumlah wisatawan terasa hampir sama menakjubkannya dengan pemandangan.

 

15. Norwegia - Swedia.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Antara Norwegia dan Swedia terdapat sebuah rute jalan bersalju yang membagi wilayah kedua negara tersebut. Saat musim dingin banyak orang yang memanfaatkannya untuk jalan-jalan di perbatasan ini menggunakan motor salju.

Uniknya untuk melintasi jalan bersalju ini dengan aman, kamu haru terus berada di sisi negara Swedia. Sebab berjalan-jalan menggunakan motor salju di sisi Norwegia adalah kegiatan ilegal, sedangkan di Swedia hal ini diperbolehkan.

 

16. Belanda - Belgia.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Baarle-Nassau dan Baarle-Hertog adalah dua kota yang membagi Kota Baarle di perbatasan antara Belanda dan Belgia. Baarle-Nassau terletak di Belanda bagian selatan di provinsi North Brabant dan Baarle-Hertog terletak di provinsi Antwerp, Belgia. Kedua kota berbagi perbatasan bersama, tapi perbatasan internasional yang memisahkan Kota Belgia Baarle-Hertog dari Kota Belanda Baarle-Nassau itu tidak membentang lurus. Bahkan juga tidak melengkung.

Perbatasan ditandai dengan palang putih di trotoar dan kancing logam di jalan, dan berjalan zig-zags di kota tersebut tanpa mengindahkan rumah, kebun, dan jalan-jalan. Satu baris memasuki blok melalui sebuah toko kemudian keluar dari bagian belakang supermarket. Banyak rumah yang dipotong setengah oleh perbatasan, sehingga dibuat konvensi bahwa kebangsaan masing-masing rumah ditentukan oleh lokasi pintu depan rumah. Jika perbatasan berjalan melalui pintu depan rumah, maka rumah tersebut memiliki dua kebangsaan atau berada di dua negara yang berbeda, dan ini ditunjukkan oleh dua nomor jalan pada rumah/bangunan tersebut.

 

17. Portugal - Spanyol.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Flying fox paling ekstrem yang mesti kamu coba kalau liburan ke Eropa. Kamu naik dari Spanyol, dan akan mendarat di Portugal. Mau coba?

Flying fox ini bernama Limit Zero. Namanya memang cukup menantang. Tak tanggung-tanggung, flying fox satu ini akan membawa traveler meluncur dari satu negara ke negara lainnya.

Kamu akan naik flying fox dari puncak bukit Sanlucar de Guadiana, Huelva di Spanyol. Dari situ, kamu akan dibawa meluncur ke Alcoutim di Algarve, Portugal.

 

18. Rusia - Amerika Serikat.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Kepulauan Diomede adalah sepasang pulau berbatu yang terletak di tengah-tengah Selat Bering antara daratan Alaska dan Siberia. Meskipun kedua pulau hanya terpisah sejauh 3,8 km dan jelas berada dalam satu kelompok pulau, namun mereka dipisahkan oleh garis Penanggalan Internasional yang juga menandai perbatasan internasional antara Rusia dan Amerika Serikat.

 

19. Amerika Serikat - Kanada.

19 Perbatasan negara-negara ini punya keunikan tersendiri

Pencahayaan air terjun itu telah dimulai sejak 1925 dengan pembentukan Badan Pencahayaan Air Terjun Niagara. Lembaga yang dibentuk oleh dua negara itu pun membiayai renovasi terbaru sebesar 4 juta dolar AS (Rp 53,7 miliar) untuk pengadaan sistem lampu hemat energi.

Air terjun Niagara kini dilengkapi dengan 1400 lampu LED. Lampu-lampu itu menggantikan 21 lampu sorot Xenon yang sudah menerangi Niagara selama dua dekade terakhir. Lampu LED tersebut bisa diprogram untuk menayangkan 1.800 kombinasi warna. 

Pencahayaan untuk air terjun Niagara untuk pertama kali dilakukan pada 1860. Saat itu, 200 lampu Bengal digunakan untuk menyambut kedatangan Pangeran Inggris.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red