×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
14 Potret penjara di dunia, dari yang menyenangkan hingga mengenaskan

0

News

14 Potret penjara di dunia, dari yang menyenangkan hingga mengenaskan

Ada penjara yang bikin napi berasa di rumah sendiri lho karena bisa ajak keluarga tinggal bareng!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gus Eka

16 / 09 / 2018 14:22

Jika mendengar kata penjara, tentu yang terbayang sebuah tempat sempit, kumuh, penuh terali besi dan seram serta gelap. Namun, siapa sangka ternyata ada banyak penjara di dunia ini berbeda dengan yang kita bayangkan! Bisa aja keluarga, ada sekolah bahkan dapat konselor pribadi biar gak stress! Wah dimana aja ya?

Berikut ini 14 penjara paling berbeda di dunia di luar bayanganmu, seperti dilansir dari zeptha.com, Minggu (16/9)!

1. Penjara Addiewell di Lothian, Skotlandia

Addiewell, Lothian, Skotlandia

Penjara di Skotlandia ini memberikan seorang konsuler untuk memberikan konseling, pendidikan dan juga keterampilan agar para narapidana saat keluar bisa punya keterampilan mumpuni untuk mencari pekerjaan. Lihatlah kamar narapidana layaknya asrama bukan, tidak nampak seramnya!

Loading...

2. Penjara Champ-Dollon di Jenewa, Swiss

Penjara Champ-Dollon, Jenewa, Swiss

Penjara di Jenewa ini dibangun tahun 1977. Banyak warga negara asing yang mesti mendekam disini sedangkan hanya warga asli Swiss hanya 7,2 persen saja! Jika kamu meihat konsidi penjara ini tentu sangat keren ya, warna cerah bahkan mungkin lebih keren dari kamar di rumahmu atau kamar kosmu sendiri!

3. Penjara Wanita San Diego di Cartagena, Kolombia

Penjara Wanita Keamanan Menengah San Diego, Cartagena, Kolombia

Penajara khusus wanita ini memberikan kebebasan lho buat narapidananya. Penjara ini juga bisa dibilang sebuah restoran karena 25 narapidana dilatih keterampilan memasak, menyajikan makanan dan lain-lain, sehingga setelah keluar bisa punya keahlian! Wah keren juga ya, narapidana bisa masak buat rekannya sendiri akhirnya tentu secara tak langsung melatih bakat narapidana perempuan ini!

4. Penjara Otago di Milburn, Selandia Baru

Otago Corrections Facility, Milburn, Selandia Baru

Saking mewahnya penjara ini dibilang hampir mirip dengan Milton Hilton, sebuah hotel mewah! Ada perpustakaan, kegiatan, fasilitas kesehatan dan lainnya yang membuat narapidana merasa betah dan layaknya hidup bermasyarakat walaupun masih mendekam di balik penjara yang mewah itu!

5. Penjara Aranjuez di Aranjuez, Spanyol

Penjara Aranjuez, Aranjuez, Spanyol

Penjara ini memberikan fasilitas buat keluarga terpidana ikut tinggal bersama keluarganya dari anak, pasangan dan anggota keluarga mereka yang lain. Penjara ini dihiasi dengan ornamen-ornamen lucu sehingga tidak seperti penjara yang kamu bayangkan! Selain itu anak-anak juga bisa nikmati taman bermain hingga sekolah disebuah taman kanak-kanan di area penjara! Sehingga anak-anak yang ikut orang tuanya yang narapidana tidak tinggal merasa tempat tinggalnya adalah sebuah penjara! Wih, jadi mirip apartemen dengan segala fasilitas ya guys!

6. Penjara Halden, di Halden, Norwegia

Penjara Halden, Norwegia

Penjara di Norwegia ini adalah penjara dengan tingkat keamanan maksimum untuk napi kelas kakap dengan kasus paling berat! Penjara Halden saking kerennya telah menerima Arnstein Arneberg Award untuk desain interiornya pada tahun 2010. Penjara ini memberikan  kegiatan seperti olahraga dan musik untuk para narapidana sehingga bisa enjoy dan gak stress dalam penjara.

7. Penjara Onomichi di Onomichi, Jepang

Penjara Onomichi di Jepang

Penjara ini terasa berbeda karena narapidananya adalah orang yang sudah tua. Hal ini mengingat demografi Jepang yang populasinya makin lebih banyak yang tua daripada muda. Karena narapidananya lanjut usia maka fasilitas penjara ini dibuat sangat layak untuk orang tua seperti pegangan buat berdiri, tempat tidur yang empuk, makanan yang lembut dan mudah dicerna serta mereka diajak menggunakan waktu buat menjahit ataupun merajut! 

8. Penjara ADX Florence di Colorado, AS

Penjara ADX Florence, AS

Penjara ini dibuat tahun 1994 dengan rancangan untuk penjahat kelas kakap. Narapidana mendekam disini karena dianggap tidak layak buat tinggal di penjara kategori biasa. Mereka dalam kamar sampai 23 jam dan satu jam sisanya untuk mandi, makan, menelepon keluarga dan lainnya. Makanan yang diberikan pun dirancang agar tidak bisa digunakan untuk melakukan aksi bunuh diri, seperti garpu yang tentu tidak terbuat dari logam! Wih serem ya guys!

9. Penjara Abashiri di Abashiri, Jepang

Penjara Abashiri di Jepang

Penjara ini khusus buat narapidana yang masa hukumannya kurang dari 8 tahun. Penjaga memeriksa hanya sekali sehari tentang kondisi narapidananya. Demi membuat kegiatan napi jadi lebih berarti, mereka diajarkan membuat souvenir seperti permen yang dijual di toko area penjara! 

10. Penjara San Pedro di La Paz, Bolivia

Penjara San Pedro

Penjaran San Pedro ini menerapkan layaknya kasta antara kaya dan miskin. Narapidana yang kaya mendapat fasilitas kamar mandi pribadi, dapur, televisi kabel dan harga jual buat satu sel USD 1500-1800 atau sekitar 22-26 juta rupiah. Sedangkan bagi yang napi yang miskin harus tinggal di sel yang sempit dan kotor. Tanpa disadari penjara ini jadi tempat wisata ilegal bagi napi kaya karena bisa hidup mewah di penjara!

11. Penjara San Quentin di San Quentin, California

Penjara San Quentin

Penjara ini terbilang sangat tua karena didirikan pada tahun 1852. Penjara ini guys dianggap sangat menakutkan karena napi yang mendekam adalah rata-rata napi yang akan di eksekusi mati. Keamanan penjara ini juga sangat maksimum dan dianggap penjara paling padat dengan napi yang akan jalani eksekusi mati di AS. Sangat berbeda ya dengan penjara lain yang dibahas sebelumnya!

12. Penjara Altiplano di Almoloya De Juarez, Meksiko

Penjara Altiplano

Penjara dengan keamanan supermaksimum ini dan dianggap tidak bisa membuat napi di Meksiko lolos. Dalam jarak 10 km di area penjara tidak ada sinyal ponsel agar tidak ada komunikasi antara napi dan rekannya diluar. Namun, "El Chapo" Guzmán ternyata mampu melarikan diri melalui terowongan di 2015 dan akhirnya meruntuhkan  citra penjara Altiplano yang mendapat julukan sebagai penjara tak tertembus.

13. Penjara Evin di Teheran, Iran

Penjara Evin

Penjara di Iran ini memiliki banyak intelektual yang dianggap menentang pemerintah. Makanan untuk narapidana disediakan dalam porsi sangat sedikit, dengan air yang hampir tidak bisa diminum lho guys. Penjara Evin dirancang untuk memecahkan masalah yang dihadapi pemerintah dari tahanan politik, di mana penjaga menekan tahanan untuk mengaku dan memberitahu orang yang masih diincar diluar. Wah sangat sadis ya kalau kondisi penjara ini!

14. Penjara Maula di Lilongwe, Malawi

Penjara Maula

Penjara ini sangat sadis guys, karena menempatkan 200 orang napi dalam penjara yang satu selnya cuman berkapasitas 60 orang! Lebih sadisnya lagi 1 keran air buat 900 napi sehingga mereka tentu saling berebutan. Anggaran yang kecil bikin Malawi cuman bisa kasih makan satu kali sehari buat napi. Namun, walau fasilitasnya minim para napi yang kebanyakan imigran asal Ethiopia ini dikasih buat main basket untuk para napi wanita dan sepakbola untuk napi pria agar tidak bosan!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red