×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

0

Wow

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Para pendahulu kita kerap memiliki trik jitu dalam mengatasi berbagai masalah, seperti beberapa trik berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Wihadi Suseno

06 / 11 / 2019 16:10

Kakek-nenek kita benar-benar pahlawan super. Mereka tahu bagaimana mengatasi masalah sehari-hari seperti menangani tugas rumah tangga tanpa membutuhkan teknologi modern atau mencari di internet untuk mendapatkan jawabannya. Sementara generasi modern mungkin cukup skeptis mengenai metode yang digunakan orang di masa lalu. Beberapa trik yang digunakan orang zaman dulu sangat cerdik sehingga dapat memberi masukan bagi banyak teknik modern.

Berikut ini merupakan 12 trik sederhana nan efektif yang diturunkan dari generasi ke generasi. Trik ini dapat menyederhanakan hidup kita dan menghemat waktu yang berharga.

1. Mata kemasukan debu.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Jika ada benda asing yang masuk ke matamu (kelilipan) dan sulit untuk dihilangkan, ada obat sederhana untuk meringankan rasa sakit dan menghilangkan partikel tersebut. Kamu hanya membutuhkan minyak jarak dan kuas dengan ujung runcing.

Loading...

Masukkan bagian bulu kuas ke dalam minyak dan jatuhkan minyak jarak ke sudut matamu (sebelumnya kamu perlu menanyakan jenis minyak jaraknya dengan dokter spesialis mata dan gunakan minyak jarak yang mereka rekomendasikan). Hati-hati, tetesannya akan jatuh sendiri. Jadi jangan tempelkan kuasnya ke matamu!

2. Kulit kemasukan serpihan.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Serpihan yang menancap ke kulit bisa sangat menyakitkan dan sulit untuk dihilangkan. Tetapi ada trik lama untuk mengekstraksinya tanpa perasaan yang tidak nyaman. Caranya, ambil botol bermulut lebar dan tuangkan air panas ke dalamnya. Air harus cukup banyak tapi jangan sampai mengenai kulitmu. Tekan botol dengan lembut ke area yang sakit. Ini akan menciptakan efek vakum yang akan menarik daging dan uap panas akan membantu menghilangkan serpihan.

3. Membersihkan pecahan.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Membersihkan pecahan kaca/beling dengan penyedot debu adalah metode tercepat tetapi tidak selalu paling efektif untuk membersihkan kekacauan. Nenek menyarankan untuk memakai kain lembut yang lembap. Ini membantu mengambil bahkan bagian terkecil dan kamu bisa membuang kain setelah menggunakannya. Cara ini dapat meminimalkan kemungkinan dirimu terpotong pecahan kaca.

4. Memisahkan tumpukan gelas yang lengket.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Jika kamu menemukan tumpukan gelas yang sulit dipisahkan, tuangkan air dingin ke dalam gelas yang di atas lalu celupkan ke dalam air hangat hingga bagian gelas yang di bawah terendam. Dengan begitu, kedua bagian gelas akan mudah dipisahkan.

5. Membuat irisan tipis pada roti.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Roti yang baru dipanggang berbau harum dan rasanya lezat. Tetapi merupakan suatu tantangan untuk memotongnya menjadi irisan tipis. Untungnya, ada cara cepat dan sederhana untuk menyelesaikan masalah ini. Masukkan pisau ke dalam air panas untuk menghangatkan bilahnya, lalu cepat-cepat keringkan dan irislah roti tersebut. Ulangi lagi jika pisau sudah dingin.

6. Merebus telur yang retak.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Jika kamu perlu merebus telur, tetapi telur tersebut ada sedikit retak, terdapat cara pasti untuk mencegah isinya luber ke luar cangkang. Tambahkan sedikit cuka ke dalam air dan masak telur seperti biasa. Metode ini tidak hanya melindungi telur yang retak, tetapi juga membuat menjadi lebih mudah untuk dikupas.

7. Mencuci baju berwarna agar tidak mudah pudar.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Beberapa potong pakaian berwarna-warni mungkin akan memudar warnanya setelah dicuci. Untuk mencegah hal ini terjadi, ambil secangkir garam dan larutkan dalam 1 galon air. Biarkan pakaian kamu terendam dalam larutan ini semalaman, lalu cuci pakaian kamu seperti biasa.

8. Memperkirakan cuaca.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Jika akan berkemah atau berjalan-jalan pagi, kamu dapat dengan mudah memperkirakan cuaca untuk hari itu. Lihatlah langit dan temukan awan kecil yang paling jauh. Kemudian perhatikan untuk beberapa saat. Jika kamu perhatikan bahwa awan menjadi lebih besar, hari itu cenderung berawan dan hujan. Tetapi jika awan itu secara bertahap menjadi lebih kecil, hari itu mungkin akan menjadi cerah.

9. Penyiram otomatis untuk tanaman pot.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Isi ember besar dengan air, dan tahan sedikit di atas permukaan tanaman dan kelompokkan sebanyak mungkin tanaman. Jalin dua atau tiga helai wol secara longgar, rendam sepenuhnya dalam air, dan letakkan salah satu ujungnya di ember, beri pemberat agar menyentuh bagian dasar ember. Taruh ujung yang lain di atas tanah pot. Gunakan anyaman wol yang berbeda untuk setiap pot.

10. Membuat bunga potong segar lebih lama.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Jika kamu harus mengangkut bunga potong tetapi kamu tidak memiliki perangkat khusus untuk membuatnya tetap segar, cobalah trik sederhana ini. Ambil kentang mentah, buat lubang kecil, dan masukkan ujung tangkai bunga ke dalamnya. Dengan cara ini, bunga tidak akan cepat layu dan dapat dipertahankan hingga satu minggu atau lebih.

11. Mengembalikan kesegaran bunga potong.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang
Terlepas dari semua tindakan pencegahan, jika kamu mendapati bunga potong yang layu, jangan khawatir, ada cara untuk membuatnya segar kembali. Ambil saja vas dengan air panas dan masukkan sedikit ujung batang ke dalamnya. Biarkan terendam sampai airnya dingin. Kemudian potong ujung batang dan masukkan ke dalam air dingin. Ini akan membuat bunga terlihat lebih hidup dan segar.

12. Mengawetkan telur.

12 Trik jadul yang masih berguna hingga sekarang

Untuk mengawetkannya, gunakan telur yang baru diproduksi. Masukkan ke dalam kotak atau kaleng berisi garam kering dan pastikan telur-telur terkubur di dalam garam. Lalu simpan di tempat kering yang sejuk untuk mengawetkannya dalam jangka waktu sangat lama.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red