×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

0

N/A

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Jangan berikan sedikit pun ruang kemalasan dalam dirimu karena dari sedikit lama-lama rasa malasmu jadi berbukit-bukit.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Bestlook21

12 / 12 / 2019 09:37

Nggak hanya kamu yang pernah merasakan malas. Sebagian besar orang juga merasakannya. Karena malas merupakan salah satu sifat manuasiawi yang dimiliki oleh setiap orang. Tapi jangan biarkan rasa malas terus-terusan menyerang karena bakal menghambat segala aktivitas. Yang tadinya tugasmu bakal selesai hari ini, belum selesai karena kamu malas atau kamu bakal susah dapat pekerjaan, uang, jodoh, dan banyak lagi. Nggak mau kan hal ini terjadi padamu? Maka dari itu, buang-buang rasa malas demi masa depan yang lebih baik.

Ini dia 10 tips jitu menghilangkan rasa malas yang wajib kamu praktikkan.

1. Istirahat yang cukup.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: bustle.com

Loading...

Kurang istirahat akan membuat kamu jadi capek, letih, dan mudah sekali merasa jenuh, apalagi setelah seharian melakukan beragam aktivitas seperti ngampus, ngurus rumah, dan bekerja. Jika hal ini berlangsung lama dan kamu tidak melakukan istirahat yang cukup, maka rasa jenuh tersebut akan menyebabkan timbulnya rasa malas. Rasa malas dapat hilang. Yang bisa kamu lakukan adalah istirahat cukup minimal tujuh jam sehari. Dengan istirahat yang cukup, rasa capek dan letih hilang serta energi di tubuh pun bisa terisi kembali. So, nggak ada alasan malas lagi karena kelelahan.

2. Set goals.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: thebalancesmb.com

Salah satu alasan kenapa kita malas adalah lupa atas goals atau tujuan hidup, bahkan tidak memiliki tujuan hidup. Wah, jangan sampai kamu nggak memiliki tujuan hidup lho! Mulai dari sekarang pikirkan segala goals yang ingin kamu capai, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Kalau kamu ingat akan goals yang ingin kamu capai, nggak bakal deh ada rasa malas yang menghampirimu dalam melakukan segala kegiatan. Kamu bakal lebih semangat untuk membangun segala impianmu. Biar nggak lupa, kamu bisa kok bikin note di HP atau di buku harianmu mengenai goals reminder mau kamu capai kapan sebagai pengingatmu. Atau bisa juga pajang goals kamu di dinding kamar. Jadi setiap bangun tidur kamu bisa melihatnya.

3. Buat jadwal harianmu. 

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: rimma.co

Buat jadwal harianmu dengan kegiatan yang akan kamu lakukan. Nggak harus mengisi schedule dalam hal pekerjaan, kegiatan lapang, kuliah saja loh! Kamu juga harus memberikan waktu kapan untuk istirahat, hangout, me time, family time, dan holiday karena hidup ini harus seimbang. Kamu juga butuh yang namanya having fun biar nggak stres dan semangat untuk menjalani kegiatan berikutnya. 

Oiya, setelah membuat jadwal harian, kamu harus komitmen atas jadwal yang kamu buat. Tepati apa yang kamu tulis. Memang di awal akan terasa berat, tapi kalau rutin melakukannya lama kelamaan jadi kebiasaan kok. Nah, kalau sudah biasa kan bakal ada nggak lagi ruang untuk kamu bermalas-malasan. 

4. Remember, the future depends what you do today.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: redbubble.com

Tips ini masih berkaitan dengan tips yang sebelumnya. Kamu wajib banget ingat, “the future depends what you do today”. Apa yang kamu kerjakan hari ini efeknya itu bukan untuk hari ini, tapi buat masa depanmu. Kalau kamu malas, ya mungkin bakal susah dapat pekerjaan, uang, jodoh, dan banyak lagi. Nggak mau kan hal ini terjadi padamu? Maka dari itu buang-buang rasa malas demi masa depan yang lebih baik.

5. Mulai dari hal kecil.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: nusgram.com

Cara ampuh untuk mengatasi malas selanjutnya adalah coba mulai dari hal yang kecil. Misalnya kalau kamu malas olahraga coba kamu sedikit demi sedikit untuk memulai berolahraga meskipun hanya 10 menit. Jika kamu malas membaca coba mulai dengan tema yang ringan untuk kamu baca. Intinya, kamu harus memulai sesuatu dari hal yang kecil dengan rutin. Karena mulai dari hal kecil sedikit demi sedikit akan jadi kebiasaan dan membuat hidupmu jadi berarti.

6. Motivasi diri sendiri.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: success.com

Selain karena capek dan jenuh, rasa malas juga disebabkan karena kurangnya motivasi diri. Kamu perlu memberikan motivasi pada dirimu agar tidak malas lagi. Misalnya membaca motivational quotes untuk membangkitkan jiwa semangatmu, belajar cara menjalani hidup lebih baik dari orang yang sukses atau dari motivator favoritmu. Selain itu motivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih rajin, memberikan reward ke diri sendiri jika kamu lebih rajin, dan tidak malas lagi.

7. Jangan sering menunda pekerjaan.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: freepik.com

Meskipun tugasmu sedikit, jangan sampai kamu tunda untuk mengerjakannya. Sebab jika kamu sering menundanya lama-lama jadi kebiasaan, pada akhirnya rasa malas pun jadi sering muncul. Sebisa mungkin kerjakan segala sesuatu atau pekerjaan dengan segera, susun rencana kerjamu, dahulukan mana yang perlu kamu selesaikan terlebih dahulu sesuai dengan deadline. Kalau kamu bisa ngerjain sekarang, kenapa harus nunggu besok? Belum tentu besok bisa kamu selesaikan, kan?

8. Lawan rasa bosan.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: indy100.com

Hayo, kamu mungkin sering mengartikan kalau malas itu sama saja dengan bosan. Its truly different guys! Jika malas itu adalah kondisi di mana kita merasa enggan melakukan apa pun, sementara bosan hanya malas melakukan sesuatu yang menjadi sumber bosan. Jika kamu merasa bosan, coba identifikasi dulu sumber kebosananmu dari mana, kalau sudah ketemu atasi segera sesuai dengan sumber masalah yang menyebabkan rasa bosan. Ketika selesai mengatasi kebosanan yang melanda, biasanya kamu akan merasa semangat kembali dalam menjalani sesuatu.

9. Menikmati alam.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: lovin.ie

Jika kamu sudah fit dan fresh tapi masih saja susah melawan rasa malas, kayaknya kamu perlu keluar sebentar untuk menikmati alam agar semangatmu kembali lagi. Misalnya kamu bisa jogging pagi-pagi untuk menikmati udara yang segar dan menikmati alam dengan melihat tanaman hijau, bunga, rumput, pepohonan, hewan, atau bahkan bertegur sapa dengan seseorang di jalan.

Jika kamu punya banyak waktu dan memiliki uang cukup, coba untuk melakukan travelling ke tempat yang kamu senangi seperti gunung, pantai, atau tempat bersejarah bisa memunculkan ide-ide yang belum pernah kamu pikirkan sebelumnya. Namun apabila nggak punya banyak waktu dan uang, kamu bisa kok meletakkan pot tanaman di dekat meja kerja sebagai cara mengatasi rasa malas.

10. Jalani hobi yang kamu senangi.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: thriveglobal.com

Kesibukan sehari-hari bukan menjadi penghalang buat kamu untuk melakukan hobimu lho. Coba deh sempatkan untuk menjalani hobi yang kamu senangi karena dapat membuatmu jadi lebih menikmati hidup, happy, semangat, dan pada akhirnya rasa bosanmu akan hilang.

11. Olahraga.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: actofit.com

Selain menyehatkan, dengan berolahraga dapat membuat pikiran jadi lebih fokus. Cocok banget deh buat ngilangin rasa malas karena kamu sulit untuk fokus. Jika pikiran kita lebih fokus dan mudah untuk konsentrasi, pada akhirnya kamu akan jadi lebih semangat karena apa pun yang kamu kerjakan terasa lebih mudah dan cepat selesai.

12. Berdoa.

12 Tips jitu menghilangkan rasa malas berlebihan

Foto: designbundles.net

Setelah langkah di atas kamu lakukan, jangan lupa untuk berdoa sebelum dan setelah melakukan segala aktivitas. Dengan berdoa jiwa akan jadi tenang, fresh, semangat, dan memperlancar segala urusan, dan tentunya rasa malas akan hilang.

Itu dia 10 tips jitu yang perlu kamu praktikkan tiap hari. Jangan berikan sedikit pun ruang kemalasan di diri kamu karena dari sedikit lama-lama jadi bukit. Nggak mau kan kamu punya berbukit-bukit kemalasan? Apalagi rasa malas adalah salah satu penghalang keberhasilan! Let’s stay positive, no lazy time, and I hope its usefull for you guys!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red