×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

0

Kesehatan

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Nggak hanya dapat meningkatkan sistem imun, beberapa makanan ini harganya terjangkau dan mudah didapatkan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Milla Deva

12 / 05 / 2020 20:35

Virus Corona masih menjadi topik terhangat saat ini. Kita berusaha mencegah penularannya dengan terus mengikuti protokol kesehatan seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker wajah saat keluar rumah atau berinteraksi dengan orang lain, dan memakai sarung tangan untuk mencegah kontak langsung melalui tangan.

Kira-kira apa lagi yang bisa kita lakukan untuk menjaga diri, ya? Pastinya jangan lupa juga untuk menjaga diri dari dalam dengan lebih memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Jangan sampai stres dan depresi karena karantina bikin kita keasyikan mengonsumsi makanan yang nggak sehat.

Nah, beberapa jenis makanan di bawah ini dapat meningkatkan sistem imun tubuhmu, dan jika diolah dengan kreatif bisa menjadi hidangan yang lezat juga kok. Tenang saja, harganya pun terjangkau dan mudah didapat. Let's check it out.

12. Cabai merah.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Loading...

Foto: thejakartapost.com

Kabar baik bagi sebagian besar orang Indonesia yang merasa makannya kurang afdol tanpa sambal. Cabai merah mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi, bahkan lebih tinggi dari lemon, loh.

Nah, vitamin C inilah yang bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah putih, yaitu sel yang menjaga sistem imunitas. Selain itu, cabai merah juga mengandung capsaicin, senyawa yang menyebabkan rasa pedas dan sering digunakan sebagai bahan tablet pereda gatal tenggorokan, juga obat-obatan pereda rasa sakit dan gatal.

11. Wortel.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: almanac.com

Wortel adalah sumber terbaik beta karoten, sejenis antioksidan yang dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh. Vitamin A berfungsi memastikan kecukupan sel darah putih yang merupakan penjaga sistem imun utama.

Dengan memakan 10 biji wortel per hari, kebutuhan vitaminmu akan tercukupi. Nggak hanya itu, kulitmu dijamin akan semakin sehat dan bersinar. Kok bisa? Karena vitamin A yang berasal dari beta karoten berfungsi melindungi kulit dari sinar matahari dan mendorong regenerasi sel-sel kulit. Wah, ternyata selain bagus untuk kesehatan mata, wortel ini banyak sekali manfaatnya. 

10. Kerang tiram (oysters).

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: woodmans.com

Selain enak rasanya, memakan kerang tiram juga bagus untuk kesehatanmu. Kerang tiram mengandung mineral magnesium dan zinc yang esensial bagi sistem imun. Selain itu juga ada protein, kalsium, dan beberapa jenis vitamin, seperti B12, B3, D dan sedikit C. Lengkap, ya? Jangan lupa langsung catat di daftar belanja berikutnya, guys.

9. Kale.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: snaped.fns.usda.gov

Nah, ini salah satu superfood dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan memakan 125 gram daun kale, kamu sudah memenuhi 90% asupan harian vitamin C dan 350% asupan harian vitamin A yang disarankan para pakar kesehatan.

Selain itu, kale mengandung banyak mineral seperti mangan, tembaga dan kalsium. Hebat banget ya? Namanya juga superfood. Biar makin komplit gizinya, kamu bisa memakan daun kale bersamaan dengan kentang atau kacang-kacangan.

8. Jamur.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: medicalnewstoday.com

Jamur sangat sehat karena rendah kalori dan lemak, dan sangat tinggi mineral, vitamin dan serat. Jamur adalah sumber esensial vitamin B2, B3, asam folat dan mineral potassium dan fosfor yang fundamental bagi sistem kekebalan tubuh. Karenanya, direkomendasikan makan jamur setidaknya dua ons per hari. 

7. Jeruk.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: medicalnewstoday.com

Nah, buah yang satu ini memang sudah dikenal mengandung vitamin C dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi supaya kebutuhan vitamin C tubuh terpenuhi. Sejak abad ke-16 para pelaut Eropa sudah mengonsumsi jeruk untuk mencegah penyakit skorbut.

Vitamin C memiliki antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas dan memelihara sistem kekebalan. Satu buah jeruk atau segelas jus jeruk setiap harinya tidak boleh dilewatkan jika kamu sedang sakit. Lebih sehat lagi jika kamu menambahkan buah lainnya yang tinggi kadar vitamin C, seperti anggur, jeruk mandarin, atau stroberi ke dalam jus buatanmu.

6. Sup ayam.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: dream.co.id

Sup ayam sudah menjadi menu klasik yang biasa kita konsumsi ketika sakit atau sekadar menghangatkan tubuh di musim hujan. Sup yang berisi rempah-rempah herbal sangat membantu meredakan sakitmu. Agar semakin lezat dan bergizi, isi sup dengan wortel, kentang, jamur, ayam dan brokoli.

5. Brokoli.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: thespruceeats.com

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang paling sehat. Mengandung banyak sekali senyawa esensial seperti sulforaphane, yang mengaktifkan antioksidan dan enzim di dalam sel darah putih dan sel-sel kekebalan tubuh lainnya, sehingga dapat mencegah radikal bebas—yaitu senyawa agresif yang dapat merusak sel-sel tubuh kita. Sel-sel yang rusak menyebabkan banyak penyakit, tidak hanya kanker tapi juga penyakit penuaan seperti rematik, diabetes, dan sistem imun yang lemah. Nah, jadi nggak ada alasan lagi untuk membenci brokoli yah guys.  

4. Ubi ungu.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: parade.com

Ubi ungu selain mengandung banyak nutrisi, juga sangat sehat untuk dikonsumsi. Berisi vitamin A, vitamin C dengan kadar cukup, dan beta karoten yang mudah diubah menjadi vitamin A oleh tubuh kita. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, vitamin-vitamin tersebut esensial untuk membangun kekebalan tubuh. Selain itu ubi ungu juga mengandung glutathione, yang dikenal sebagai 'master antioksidan'.

3. Jahe.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: vegetariantimes.com

Jahe sudah dikonsumsi sebagai pengobatan alami selama ribuan tahun. Tidak hanya karena aromanya menenangkan, tetapi juga kandungannya yang dapat dijadikan obat. Penelitian saintifik modern membuktikan bahwa manfaat jahe berasal dari lebih dari 100 senyawa bioaktif yang dikandungnya. Dua yang paling utama adalah gingerol dan shogaol. Senyawa tersebut membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan peradangan atau disebut juga anti-inflammatory.

Kalau kamu tidak enak badan, cukup minum segelas teh hangat yang diisi irisan jahe. Selain membantu meningkatkan imunitas, juga dapat meredakan rasa mual atau pusing yang sering muncul ketika kamu sakit.

2. Bawang putih.

12 Makanan ini kandungannya dapat tingkatkan kekebalan tubuh

Foto: verywellfamily.com

Kalau ini sih sudah jadi bumbu masakan sehari-hari di rumah ya, guys? Meskipun baunya menyengat, tapi masakan terasa kurang sedap tanpa irisan bawang putih. Beruntungnya, bawang putih mengandung antioksidan tinggi, termasuk beberapa jenis antioksidan yang langka ditemukan di alam. Fungsinya melindungi sistem kekebalan tubuh, melawan flu, infeksi bakteri dan jamur, juga mencegah jerawat loh!

1. Almond.

almond Free-Photos dari Pixabay

Foto: Free-Photos dari Pixabay 

Almond saat ini menduduki ranking teratas superfood. Salah satu jenis kacang paling sehat yang dapat kamu konsumsi. Well, sebenarnya almond bukanlah kacang, melainkan biji dari tumbuhan yang masih satu famili dengan buah persik dan apricot.

Segenggam almond setiap hari, sekitar 24 butir, dapat menurunkan kolesterol ‘jahat’ dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Selain itu almond sangat kaya vitamin E yang bagus untuk sistem imunitas. Segenggam kecil almond setiap hari dapat menyediakan 40% asupan vitamin harian yang disarankan.

Bagaimana, tertarik mengolah masakan yang berbahan dasar sayuran dan makanan di atas? Selamat mencoba.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red