×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
11 Urban legend dari Jepang ini bikin gak bisa tidur, serem banget

0

Serem

11 Urban legend dari Jepang ini bikin gak bisa tidur, serem banget

Makhluk-makhluk urban legend dari Jepang ini nyeremin banget.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gibez

17 / 11 / 2019 12:00

Cerita rakyat dari Jepang penuh dengan makhluk-makhluk aneh yang menyeramkan seperti hantu dan iblis. Sejumlah besar makhluk ini dapat diklasifikasikan sebagai yokai atau yorei.

Yokai pada umumnya disebut sebagai "monster" atau siluman, meskipun beberapa dari mereka terlihat seperti manusia. Selain wujudnya yang unik, cerita legenda tentang makhluk itu pun beragam menarik untuk diketahui.

Berikut ini merupakan beberapa makhluk dari cerita rakyat Jepang yang terlihat aneh dan menyeramkan.

1. Jorogumo.

www.yokai.com

Loading...

Jorogumo adalah monster hybrid yang memiliki tubuh dengan bagian atas wanita dan tubuh bagian bawah laba-laba. Cerita lain mengatakan bahwa dia adalah laba-laba ajaib yang dapat mengubah dirinya menjadi wanita cantik. Makhluk ini sering menggoda para pria untuk kemudian dimangsa.

Kadang-kadang Jorogumo muncul dengan membawa “bayi” yang terbuat dari ribuan telur laba-laba kemudian bayi tersebut akan diberikan kepada korbannya. Setelah korban menerima bayi tersebut, seketika bayi berubah menjadi laba-laba dan menyengat sang korban hingga pingsan. Lalu dia akan membungkus mangsanya dengan jaring dan kemudian melahapnya.

2. Gashadokuro.

www.yokai.com

Gashadokuro adalah makhluk berwujud kerangka raksasa yang dikatakan lima belas kali lebih tinggi dari rata-rata tinggi manusia. Tubuh mereka dibentuk oleh roh-roh penuh dengan rasa amarah dari orang-orang yang telah mati karena kelaparan. Karena rasa laparnya, mereka berkeliaran di pedesaan pada larut malam dan mencari para pelancong untuk dimakan.

Tulang mereka biasanya membuat suara berderak ketika berjalan. Mereka pun terkadang benar-benar diam ketika sedang mencari korban. Setelah menemukan sang korban, gashadokuro meraih korban malang tersebut dan menggigit kepalanya. Ia kemudian meminum semua darah korban sampai tubuhnya benar-benar kering.

3. Bakekujira.

www.yokai.com

Bakekujira adalah monster berbentuk kerangka hantu paus yang sering menghantui garis pantai Jepang. Beberapa orang mengatakan itu adalah roh paus yang penasaran karena paus tersebut mati dibunuh oleh para nelayan. Namun versi lain mengatakan bahwa itu adalah dewa laut.

Yang pasti, legenda menceritakan bahwa ia keluar pada malam gelap yang berkabut bersama ikan dan burung-burung. Meskipun tidak mencoba menyerang manusia, tetapi orang yang melihatnya akan mengalami nasib buruk di kemudian hari.

4. Kasaobake.

www.yokai.com

Diceritakan bahwa Kasaobake adalah sebuah payung yang menjadi hantu setelah ulang tahunnya yang ke-100. Mereka biasanya memiliki satu kaki kayu dan lidah yang panjang. Konon mereka suka mengelabui dan mengerjai orang-orang, tetapi ada pula yang kesal dan menyerang pemilik lama mereka.

5. Akaname.

www.yokai.com

Akaname adalah setan dengan tubuh berwarna merah yang berukuran anak-anak. Setan ini sering menjilati kotoran dengan lidahnya yang sangat panjang dan lengket. Ia memiliki rambut berlendir, kulit berminyak, dan berjalan dengan cara merangkak. Tempat favoritnya adalah kamar mandi yang kotor.

Setan ini terdengar sedikit membantu karena hobinya membersihkan kamar mandi, tetapi sebenarnya tidak. Ini karena setan tersebut menyebarkan penyakit ke mana pun ia pergi.

6. Ubume.

www.yokai.com

Ubume adalah hantu seorang wanita hamil yang meninggal sebelum atau saat melahirkan. Terkadang mereka mengubah wujudnya menjadi seorang gadis muda yang cantik, di lain waktu mereka adalah wanita tua yang jelek. Mereka dapat dilihat pada malam yang gelap biasanya saat terjadi badai.

Dikatakan Ubume sering muncul dengan menangis dan menggendong seorang bayi di tangannya. Ia lalu memohon kepada pejalan kaki atau orang-orang yang ditemui untuk merawat bayinya lalu menghilang setelah menyerahkan bayi pada orang yang membantunya tersebut. Bayi itu kemudian akan menjadi sangat berat seperti sebuah bongkahan batu.

7. Katakirauwa.

www.yokai.com

Katakirauwa adalah hantu berwujud bayi babi. Meskipun tidak terlihat berbeda dari babi normal, ia tidak dapat membuat bayangan, memiliki mata merah yang bersinar, dan hanya memiliki satu telinga saja. Hantu ini hanya bisa dilihat pada malam hari di kota-kota besar, melompat seperti kelinci, dan mencari jiwa-jiwa manusia untuk dicuri.

8. Rokurokubi.

www.yokai.com

Rokurokubi adalah siluman wanita yang lehernya dapat memanjang hingga setinggi hingga 6 meter. Versi lain mengatakan bahwa dia dapat memisahkan kepalanya kemudian terbang di sekitarnya. Dikatakan Rokurokubi terlahir sebagai manusia perempuan biasa, tetapi ia dikutuk oleh karma buruk dari perbuatan jahat yang dilakukan olehnya atau oleh kerabat laki-lakinya sehingga menjadi siluman yang mengerikan.

9. Umibozu.

www.yokai.com

Umibozu adalah makhluk laut yang berbentuk mirip manusia brekepala bulat memiliki kulit yang gelap kadang abu-abu. Umibozu sering dikatakan sebagai "bhiksu laut" yang memiliki ukuran tubuh besar seperti raksasa. Konon mereka muncul secara tiba-tiba pada malam yang tenang, menyerang kapal yang melintas di laut dengan mendorong gelombang yang besar, atau langsung menghancurkan kapal tersebut.

Diceritakan juga umibozu akan meminta tong-tong kosong kepada kru kapal. Jika kru kapal tersebut mematuhi permintaannya, umibozu akan mengisi tong tersebut dengan air lalu melemparkannya ke atas kapal sampai para awak kapal tenggelam.

Satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah memberinya tong yang tidak memiliki bagian bawah. Dengan begitu, umibozu akan terus berusaha mengisinya dan kapal itu bisa lolos. Umibozu secara harfiah berarti "biksu laut", dan mereka dianggap sebagai roh pendendam dari para biksu yang tenggelam. 

10. Jubokko.

www.yokai.com

Jubokko adalah pohon penghisap darah. Dikatakan pohon-pohon ini tumbuh di tempat terjadinya perang atau pembunuhan masal. Ketika tanah wilayah tersebut tergenang oleh darah dari para manusia hasil peperangan, maka pohon ini akan muncul di sekitarnya.

Jubokko terlihat seperti pohon biasa lainnya, tetapi jika diperhatikan lebih dekat lagi akan terlihat tulang belulang manusia yang berserakan di bawah pohon terebut. Mereka sering menyerang kemudian menghisap darah manusia yang kebetulan lewat di sekitar pohon itu.

Jika ada yang mencoba untuk menebang pohon ini, maka akan keluar darah dari kulit pohon tersebut. Luka yang mengeluarkan darah itu akan dengan segera menutup dan sembuh kembali seperti semula. Konon batang pohon yang mengandung darah ini bisa menyembuhkan penyakit dan luka dengan cepat. Namun diperlukan izin dari pohon tersebut untuk mendapatkannya.

11. Kappa.

www.yokai.com

Kappa yang biasa dipanggil Gataro atau Kawako adalah makhluk air. Mereka disebut "anak sungai" karena keberadaannya yang biasa muncul di sungai dan bentuk tubuhnya yang seperti anak-anak.

Kappa menempati kolam-kolam dan sungai-sungai di Jepang. Ia memiliki beragam tampilan untuk membantu dirinya dalam beradaptasi dengan lingkungannya. Di antaranya seperti tangan dan kaki yang berselaput seperti seekor katak, berkulit seperti reptil dengan warna hijau, biru, atau kuning. Dikatakan mereka juga kadang-kadang memiliki bau seperti ikan.

Kappa sering digambarkan seperti kura-kura dengan mulut seperti bebek dan di atas kepalanya terdapat piring berisi air. Sebagai makhluk yang sering usil dan suka mengganggu manusia, Kappa sering disalahkan ketika ada seseorang yang tenggelam.

Sekitar abad ke-18, Kappa juga disebut suka memperkosa wanita. Tapi banyak juga yang menggambarkan Kappa sebagai makhluk baik, meski sering bertingkah usil. Konon makhluk ini juga mengerti bahasa manusia dan bisa diajak berteman jika seseorang memberikan hadiah berupa mentimun, makanan kesukaannya.

Source

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red