×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Tips merawat wajah secara alami agar sehat dan tidak kusam

0

Kesehatan

10 Tips merawat wajah secara alami agar sehat dan tidak kusam

Foto: silviarita dari Pixabay

Kulit pada wajah adalah hal sensitif yang berpengaruh pada kepercayaan diri pria maupun wanita.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Faiz Dawami

10 / 04 / 2020 12:15

Memiliki wajah yang kusam dan gelap akan membuat kepercayaan diri berkurang. Bagi kaum hawa merawat wajah adalah kegiatan sehari-hari yang penting untuk dilakukan. Selain sudah menjadi hal yang melekat pada kebutuhan, soal kecantikan juga menjadi bagian dari kebutuhan kaum hawa. Merawat kulit dan kulit wajah adalah sebuah usaha untuk menjaga agar kulit tetap halus dan segar.

Bagi kaum pria mungkin merawat wajah tidak mendesak seperti kebutuhan kaum hawa, akan tetapi seharusnya merawat wajah merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Selain menjaga dari penyakit kulit pada wajah, merawat dan membersihkan wajah adalah nilai estetika yang sudah seyogyanya dilakukan oleh semua orang baik pria maupun wanita.

Memang tuntutan pada pria tidak akan seperti yang dibutuhkan dan dituntut seperti wanita dalam merawat kulit wajah, tetapi menjaga dan merawat sudah menjadi sebuah keharusan sebagai wujud bersyukur kita kepada Sang Pencipta. Ada beberapa hal yang dapat kamu coba lakukan untuk menghilangkan kulit kusam yang sering dialami laki-laki ataupun perempuan. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.

1. Perbanyak minum air putih.

Mengonsumsi sesuai dengan kebutuhan tubuh adalah salah satu cara untuk mencegah kusam pada wajah. International Marathon Medical Director Association menyarankan agar kita minum air putih sesuai dengan berat badan kita. Yang artinya konsumsilah air putih 0.03 liter dari berat badan kita. Jadi sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih yang tidak berlebih untuk kebutuhan kita.

Loading...

2. Membersihkan wajah dan tubuh secara teratur.

Bersihkanlah tubuh secara teratur. Bilas wajah setelah bepergian atau mandi secara teratur. Bagi kamu yang beragama Islam tentunya wudu pada saat sebelum dijalankannya salat lima waktu merupakan hal yang positif. Selain menjalankan perintah agama, dengan membasuh muka pada saat wudu juga akan membantu menjaga kebersihan wajahmu.

3. Gunakan krim pelembap kulit.

Menggunakan pelembap kulit juga akan membantumu dalam menjaga kecerahan kulit wajah. Akan tetapi selektiflah dalam memilih produk kelembapan kulit wajah sebab terkadang juga mengandung bahan yang tidak sesuai dengan semua jenis kulit wajah. Mintalah petunjuk dokter terlebih dahulu untuk membantu menentukan bahan atau jenis kosmetik yang sesuai dengan wajah kamu.

4. Hindari begadang.

Begadang dapat mengakibatkan kulit wajah kusam. Karena dengan begadang akan mengganggu proses metabolisme kulit dalam proses pembentukan sel pada lapisan kulit dermis. Proses yang biasa disebut dengan mitosis ini akan berlangsung pada pukul 24-04 pagi. Sehingga disarankan pada waktu tersebut kondisi tubuh dalam keadaan beristirahat.

5. Kurangi stres.

Mengurangi tingkat stres yang tinggi akan membantu mencerahkan dan menghindari kekusaman pada wajahmu. Cobalah melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti olahraga pagi, berjalan-jalan dengan keluarga, dan lain sebagainya yang membantu keluar dari kesibukan dan rutinitas sehari-hari.

Stres menyebabkan kulitmu memproduksi hormon kortisol berlebih dan menyebabkan kelenjar sebaceous memproduksi kelenjar minyak berlebih pada kulit kamu. Maka dari itu hindarilah stres yang terlalu berlebihan.

6. Olahraga secara teratur.

Luangkan waktumu untuk berolahraga secara teratur. Lakukan olahraga ringan setiap harinya. Atau aktivitas yang merangsang kelenjar keringat pada tubuh dan wajahmu. Selain baik untuk kesehatan, dengan berolah raga juga dapat mengurangi stres dan merangsang kelenjar keringat memproduksi keringat yang akan membantu kulit meremajakan sel-sel yang mati secara sempurna.

7. Pola makan sehat.

Mulailah dengan pola makan sehat dan hindari pola makan yang tidak sehat. Di antaranya seperti memakan makanan berlemak, makanan berminyak secara berlebihan, dan makan makanan siap saji yang sekarang sudah menjadi tren.

Cobalah untuk banyak mengonsumis buah-buahan dan makanan yang mempunyai cukup nutrisi pada kulit seperti makanan yang mengandung banyak vitamin E. Mulailah untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan kurangi makanan yang kurang sehat.

8. Menggunakan lotion pelembap sebelum tidur.

Menggunakan lotion pelembap sebelum tidur akan sangat membantu proses mitosis pada kulit wajah kamu. Proses mitosis yang biasanya berlangsung pada pukul 12 dini hari sampai dengan pukul 04 pagi akan membantu memberi nutrisi pada proses ini. Proses mitosis adalah proses di mana sel-sel kulit yang mati akan diproduksi oleh sel basal yang terdapat pada lapisan epidermis.

9. Masker putih telur.

Cara alami yang satu ini juga akan membantu dalam menghindari wajah kusam. Gunakan putih telur sebagai masker pada wajahmu. Caranya cukup mudah, dengan memisahkan putih telur dengan kuningnya untuk selanjutnya kamu gunakan bagian putihnya sebagai masker wajah. Oleskan pada wajah dan bilas setelah kamu diamkan beberapa saat. Lakukan hal ini secara rutin sebelum tidur.

10. Es batu.

Cara yang terakhir adalah menggunakan es batu untuk menyegarkan wajah. Gunakan es batu dengan mengoleskan ke wajah kamu. Usahakan gunakan es batu buatan kamu sendiri yang terbuat dari air bersih. Hindari pembelian es batu balok yang kita belum tahu dengan pasti kebersihan dan tingkat higienisnya.

Dari kesepuluh cara di atas diharapkan akan membantumu dalam mengurangi dan mencegah kusam pada wajah. Lakukan dengan teratur dan perhatikan hal-hal kecil di sekitar kamu yang dapat mengganggu kesehatan kulit wajahmu. Hal kecil inilah yang terkadang kamu lewatkan.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red