×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

0

Sosok

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Beberapa dari para pilot ini sempat terlibat dalam misi tempur dan serangan udara.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Novianda

28 / 03 / 2019 16:15

Menjadi pilot pesawat tempur bukan tugas yang mudah. Bagi kaum wanita harus memenuhi persyaratan kebugaran fisik, mental, dan kecerdasan yang tinggi. Bekerja di kokpit kecil dengan kondisi ekstrem tidak cocok untuk semua wanita yang memilih militer sebagai karier. Pilot pesawat tempur wanita tidak diizinkan di sebagian besar negara sampai tahun 90-an, dan beberapa negara tidak pernah memilikinya sama sekali.

Meskipun wanita diizinkan untuk bergabung dengan Angkatan Udara pada awal tahun 1993, mereka dilarang berkarir sebagai pilot pesawat tempur sampai tahun 2015. Namun wanita telah membuktikan bahwa mereka dapat tampil luar biasa sebagaimana laki-laki di beberapa posisi terberat di Angkatan Udara. Bayangkan gadis di sebelahmu dengan wajah cantik dan senyum manis harus bekerja di kantor tetapi berjalan dengan setelan jas ke pesawat udara paling canggih dan super canggih. Dan beberapa dari mereka terlibat dalam misi tempur dan serangan udara.

Berikut ini adalah daftar 10 Pilot Fighter wanita terbaik yang berani menjadi penerbang warrior sebagai pilot jet fighter modern.

1. Niloofar Rahmani.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Loading...

Dia adalah penerbang Angkatan Udara sayap perempuan tetap pertama dalam sejarah Afghanistan dan pilot wanita pertama di Angkatan Udara Afghanistan. Kisah suksesnya diikuti oleh kisah kontroversial di mana sebagian besar teroris Taliban tidak setuju dengan prestasinya dan ingin menghukumnya. Beberapa anggota keluarganya juga mengancam untuk membunuhnya karena itu bertentangan dengan tradisi dan aturan Afghanistan yang tidak dapat dilayani wanita di militer.

Dia mulai pelatihan C-130 dengan Angkatan Udara AS pada 2015 dan menyelesaikan program pada Desember 2016. Dia diberikan suaka oleh Pemerintah Amerika Serikat pada April 2018 lalu.

 

2. Nicola Baumann.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Nicola Baumann lahir pada 10 Maret 1985 menjadi pilot pesawat tempur wanita kedua dalam sejarah Angkatan Udara Jerman pada 2007. Dia ditugaskan ke Skuadron ke-322 di Bavaria, menerbangkan Topan Tornado dan Eurofighter.

Pada 2012 ia menjadi pilot instruktur di ENJJPT (Pelatihan Pilot Jet Joint Euro NATO) dengan Flying Squadron ke-459. Dia juga menyelesaikan pelatihan terbangnya sebagai pilot Eurofighter Typhoon pada tahun 2015.

 

3. Katie Higgins.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Kapten Korps Marinir Katie Higgins membuat sejarah dengan menjadi pilot wanita pertama di tim Blue Angels pada September 2014. Blue Angels adalah Skuadron Demonstrasi Penerbangan Angkatan Laut AS yang terkenal.

Dia lulus dari Annapolis pada 2008 dengan gelar Bachelor of Science di bidang Ilmu Politik, dan melanjutkan untuk mendapatkan gelar Master di bidang Keamanan Internasional dari Universitas Georgetown sebelum melapor ke Stasiun Udara Naval Pensacola untuk pelatihan penerbangan.

Sebagai seorang wanita yang sudah menikah dengan dua anak, prestasinya dalam catatan penerbangan sangat mengagumkan.

 

4. Yu Xu.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Lahir pada tahun 1986, Chengdu, Provinsi Sichuan, Cina. Yu Xu adalah wanita Tionghoa bersertifikat pertama yang menerbangkan jet tempur buatan Cina Chengdu J-10. Dia bergabung dengan militer sebagai mahasiswa di Universitas Penerbangan Angkatan Udara PLA (People's Liberation Army) pada tahun 2005, dan lulus pada tahun 2009.

Yu Xu adalah anggota tim aerobatik 1 Agustus. Sayangnya, pilot potensial ini meninggal selama sesi pelatihan aerobatik pada 12 November 2016. Dia tewas dalam lompatan parasut yang gagal ketika jetnya jatuh di dekat Tangshan, Provinsi Hebei.

 

5. Carey Lohrenz.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Ia lahir pada 1968 di Racine, Wisconsin. Carey Lohrenz adalah pilot F-14 Tomcat wanita pertama Angkatan Laut AS. Dia lulus dari University of Wisconsin pada tahun 1990. Pada 1991 Lohrenz lulus dari Sekolah Kandidat Aviation Officer di Naval Air Station Pensacola, Florida. Pada tahun yang sama dia mendapat pelatihan jet lanjutan di Naval Air Station Kingsville, Texas.

Dia menerima pesanan tindak lanjut ke Skuadron Penggantian Armada F-14, Skuadron Tempur 124 (VF-124) di Naval Air Station Miramar, California.

 

6. Mariam Al-Mansouri.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Lahir pada tahun 1979 di Abu Dhabi, dia adalah pilot pesawat tempur wanita pertama dari Angkatan Udara Uni Emirat Arab. Pada 2007 ia bergabung dengan Khalifa bin-Zayed Air College dari Angkatan Udara Uni Emirat Arab dan lulus sebagai pilot yang sangat baik.

Dia membuat sejarah dalam penerbangan negara-negara Arab sebagai pilot terbaik. Pada tahun 2014 ia menerbangkan F-16 Fighting Falcon Block 60 dan memimpin serangan udara misi UEA Angkatan Udara melawan ISIS atas Suriah. Misi yang berhasil menjadi kisah yang diinspirasi bagi remaja wanita Arab yang mendapat mimpi untuk menjadi pilot.

 

7. Patricia Yapp.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Dinyatakan sebagai pilot tempur wanita Asia pertama yang menerbangkan MiG-29 Rusia, Patricia Yapp juga pilot pesawat tempur wanita pertama di RMAF (Angkatan Udara Kerajaan Malaysia).

Dia lahir dan besar di Sandakan, Sabah, Malaysia Timur. Pada tahun 2000, ia lulus dari Universiti Teknologi Malaysia dengan ijazah Teknik Aeronautika. Setelah menyelesaikan pelatihan penerbangannya pada tahun 2002, ia memilih untuk menjadi pilot pesawat tempur dan menerbangkan pesawat Aermacchi MB-339 selama empat tahun. Setelah ini, ia menjadi pilot pemimpin operasional dan taktis dengan Skuadron No. 17/19 di Kuantan yang menerbangkan MiG-29N Fulcrum.

 

8. Kapten Kim Campbell.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Kapten Campbell lahir pada 6 Juni 1975 di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat. Lulusan Akademi Angkatan Udara, Campbell adalah satu dari 50 pilot pesawat tempur wanita di USAF pada tahun 2003. Ia lulus dengan gelar Bachelor of Science dari Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat pada tahun 1997.

Dia juga memegang gelar dalam Studi Keamanan Internasional dari University of Reading United Kingdom, dan Magister Administrasi Bisnis dari Imperial College London, Inggris, yang dia lakukan saat di Beasiswa Marshall.

Kapten Kim Campbell bertugas sebagai pilot A-10 dari Skuadron Tempur Ekspedisi ke-75 dalam konflik Irak. Pesawat A-10 miliknya menerima serangan dahsyat dari AAA (Anti-Aircraft Artillery) ketika dia menerbangkan misi tempur untuk mendukung pasukan darat Amerika di Baghdad pada 7 April 2003. Dengan tekad dan keterampilan terbang yang luar biasa, dia berhasil membawa kembali dengan selamat rusak A-10 ke pangkalan. Untuk tindakan ini dalam pertempuran udara Kapten Campbell dianugerahi Salib Terbang Terhormat.

 

9. Jammie Jamieson.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Tidak semua pilot pesawat tempur memiliki kesempatan untuk menerbangkan Raptor F-22 senilai $150 juta, pesawat tempur taktis siluman generasi kelima. Tetapi Jammie Jamieson adalah pengecualian dan pilot pesawat tempur wanita operasional pertama yang menerbangkan F-22 superior.

Dia lahir di Tacoma dan tinggal di Prosser dari tahun 1982 hingga dia pergi ke Akademi Angkatan Udara pada tahun 1996. Dia menerima komisi melalui Akademi Angkatan Udara pada tahun 2000 dan gelar master dalam kebijakan publik dalam keamanan nasional dan ekonomi politik dari Universitas Harvard di 2002, Jamieson menyelesaikan Kursus Dasar F-15C di Pangkalan Angkatan Udara Tyndall.

Setelah tiga tahun menerbangkan F-15C di Alaska, ia menyelesaikan Kursus Kualifikasi Transisi F-22A di Tyndall pada 2008.

 

10. Letnan Kolonel Christine Mau.

10 Pilot pesawat tempur wanita terbaik di dunia ini bikin kagum

Posisi teratas di antara pilot pesawat tempur wanita terbaik diberikan kepada Letnan Kolonel Christine Mau. Pada saat Letkol Mau menerbangkan F-35A untuk pertama kalinya, hanya ada 86 pilot (pria) yang disertifikasi untuk menerbangkan F-35A di seluruh Angkatan Udara AS. Tidak hanya menjadi pilot wanita pertama yang menerbangkan F-35A, dia juga membuat prestasi besar lain dalam sejarah Angkatan Udara AS.

Pada tahun 2011, ia dilaporkan menjadi anggota dari pasukan tempur wanita pertama di Afghanistan. Dia dan kru pemeliharaan dan perencanaan yang semuanya perempuan meluncurkan operasi tempur F-15E Strike Eagle melawan gerilyawan di Lembah Kunar, Afghanistan.

Letkol Christine Mau saat ini menjabat sebagai Wakil Komandan Grup Operasi ke-33 di pangkalan Angkatan Udara Eglin di Florida.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red