×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Negara ini punya pangkalan militer di luar negaranya

0

News

10 Negara ini punya pangkalan militer di luar negaranya

Jumlahnya gak hanya satu, tapi ratusan dan ada di mana-mana!

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gus Eka

06 / 07 / 2018 10:29

Sebuah negara gak bisa dipandang sukses dan digdaya kalau hanya makmur secara ekonomi saja. Kok bisa? Alasannya sederhana, karena negara makmur dan kuat secara ekonomi melakukan perdagangan secara luas. Untuk mengamankan perdagangan dan ekonomi negara mereka, mau tidak mau sebuah negara maju membuat pangkalan militer di luar negaranya.

Salah satu yang membuat perdagangan menjadi tak aman adalah adanya bajak laut yang sering terdengar di perairan Somalia. Tetapi, sisi negatif adanya pangkalan militer di luar negaranya bagi negara tetangga lokasi pangkalan militer mereka berada adalah negara tetangga tersebut akan merasa was-was, apalagi kalau pangkalan militernya punya banyak tentara. Duh!

Nah, berikut ini merupakan 10 negara yang mampu bikin pangkalan militer di luar negaranya sendiri.

1. Jepang.

Militer jepang

Loading...

Walau militer Jepang dibatasi semenjak kekalahan di Perang Dunia II, rupanya Jepang sudah unjuk gigi dengan membangun sebuah pangkalan militer di negara Djibouti. Djibouti sendiri dianggap sebagai 'surga' pangkalan militer dunia karena lokasinya dekat Terusan Suez.

2. Jerman.

Kapal perang Jerman

Negara yang juga kalah baik di Perang Dunia I dan II ini juga membangun pangkalan militer di luar negaranya walau hanya satu. Tempatnya juga di Djibouti.

3. Tiongkok.

Pangkalan militer Tiongkok di Djiboti

Ekonomi yang pesat dan ekspor yang menyebar ke seluruh dunia membuat negeri dengan PDB 2018 yang diestimasi mencapai USD 14 triliun dollar ini juga mau unjuk gigi untuk mengamankan perdagangannya. Negara asal binatang Panda ini membangun pangkalan militer perdananya di Djibouti juga. Wah, semakin penuh dengan pangkalan militer nih di Djibouti.

4. Italia.

Tentara Italia

Italia juga gak mau kalah. Ia bahkan memiliki lebih dari satu pangkalan militer. Jumlah pangkalan mliter Negeri Menara Pisa ini ada dua, terletak di Djibouti dan Uni Emirat Arab.

5. Turki.

Turki paade militer tank

Negara yang terletak di dua benua yakni Asia dan Eropa ini rupanya memiliki pangkalan militer sebanyak empat buah, dua kali lipat dari Italia! Lokasi pangkalan militer negara ini terletak di Siprus, Qatar, Irak dan Somalia.

6. India.

parade rudal di India

Negara dengan ekonomi terkuat di Asia Selatan ini menjadi paling unggul di kawasan Samudera Hindia dan Asia demi membendung pengaruh Tiongkok membangun banyak pangkalan militer di negera sekitarnya. Pangkalan militer negara Bollywood ini berlokasi di negara Bhutan, Tajikistan, Seychelles, Madagaskar, Maladewa dan Mauritius.

7. Prancis.

Militer parade di Paris

Pernah memiliki koloni di berbagai belahan dunia. Prancis juga membangun pangkalan militer di berbagai negara. Negara lokasi pangkalan militer dari negara yang romantis ini terletak di Guyana Prancis, Polinesia Prancis, MArtinique (di Karibia), Kaledonia Baru serta Reunion and Mayotte (sebuah wilayah Prancis seberang lautan di dekat Madagaskar). Selain itu juga ada di Gabon, Senegal, Uni Emirat Arab, Djibouti, Pantai Gading, dan Jerman untuk negara lainnya.

8. Rusia.

Parade militer di Rusia

Rusia mewarisi kedigjayaan Uni Soviet. Dengan mewarisi kekuatan militer yang besar, pengaruh Rusia masih sangat terasa kuat di negara bekas pecahan Uni Soviet. Mereka membangun pangkalan militer dan tetap mempertahankannya. Adapun lokasi pangkalan militer Rusia seperti di Georgia, Kazahkstan, Kirgistan, Tajikistan, Ukraina, Moldova, Belarus dan Armenia. Untuk pangkalan militer di luar bekas wilayah Uni Soviet ada di Suriah dan Vietnam.

9. Inggris.

Kapal perang Inggrs

Inggris adalah mantan negara dengan julukan Matahari yang tak pernah tenggelam karena wilayah kekuasaannya yang ada di seluruh benua di dunia. Demi mempertahankan pengaruhnya, Inggris juga membangun pangkalan militer di berbagai negara. Mulai dari Pulau Ascension di Samudra Atlantik, Bahrain, Belize, Bermuda, Brunei Darussalam, Kanada, Siprus, Kepulauan Falkland di Samudra Atlantik Selatan, Jerman, Gibraltar, Kenya, Monserrat, Nepal, Singapura, dan Qatar. Luar biasa banyak kan!

10. Amerika Serikat.

Pentagon

Wah kalau ini sudah gak perlu diragukan lagi ya. Dengan anggaran militer lebih dari USD 500 miliar, bahkan 2018 ini mereka menganggarkan sampai USD 600 miliar, AS mampu membangun dan membiayai operasi dari 800 pangkalan militernya di lebih dari 70 negara dan teritori seberang lautannya.

Mulai dari benua Asia yang mana terletak di negara Jepang, Korea Selatan dan Singapura. Eropa yang juga terdapatdi negara Norwegia, Italia, Spanyol, Bulgaria dan lain-lain. Kawasan Timur Tengah mulai dari Uni Emirat Arab, Bahrain, Arab Saudi, Oman, Israel, Qatar dan lainnya. Nah, berikut ini lokasi pangkalan militer AS yang ada di berbagai negara.

Lokasi pangkalan militer AS

Bahkan yang sempat membuat heboh di media masa negara kita adalah adanya pembangunan pangkalan militer AS terbaru yang berlokasi di Darwin, Australia di mana lokasinya sangat dekat mengingat di sekitar negara kita sudah ada 15 pangkalan militer lain.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red