Persaingan di dunia ini memang semakin ketat. Semua negara berlomba menjadikan nilai ekspornya surplus alias tidak lebih kecil dari impor yang dilakukan. Segala jenis komoditas yang bisa dijual ke negara lain pun dijual demi menaikkan pendapatan devisa. Salah satunya adalah ekspor air dan es. Wah kamu pasti nggak menyangka kalau di dunia ini, air dan es jadi komoditas ekspor yang menjanjikan.

Pertumbuhannya sejak 2012 mencapai rata-rata 18,7%. Asia menyumbangkan nilai ekspor terbesar disusul oleh Eropa dan Amerika Utara. Komoditas es membuat terjadi revolusi dalam beberapa industri terutama untuk sayur, buah dan perikanan.

10 Negara ini ekspor air dan es terbesar di dunia, nilainya fantastis

Nilainya pun bahkan mencapai USD 1,1 miliar tahun 2016 dan terus bertumbuh. Berikut 10 negara yang jadi ekportir air dan es terbesar di dunia.

10. Malaysia

Wah negara tetangga kita rupanya menjadi eksportir untuk air dan es terbesar ke 10 dunia. Malaysia mampu menyumbang 1,31% dari total ekspor komoditas ini diselutuh dunia dan mendapatkan pendapatan sebesar USD 14,4 juta tahun 2016. Namun ekspornya mengalami penurunan sebesar 2,2%.

9. Islandia

Negara paling utara di Eropa ini menjadi pengekspor es dan air alami terbesar ke 9 dunia. Secara global mampu menyumbang 1,4% dari total ekspor es. Dari ekspor ini negara beribukota Reykjavick ini mendapat USD 15,8 juta. Wow besar juga kan?

8. Kanada

Negara terbesar kedua di dunia ini masuk urutan ke 8 sebagai negara eksportir es dan air alami dunia. Mampu menyumbang 1,5% dari total ekspor dunia, Kanada mendapatkan pemasukan USD 16,9 juta. Wah walau iklimnya lebih dingin ternyata Kanada belum bisa menjadi pemasok terbesar komoditas ini.

7. Luxemburg

Negara yang menjadi bagian negeri-negeri dataran rendah bersama Belanda dan Belgia malah bisa lebih mampu mengunguli Kanada. Secara global negeri kecil ini mampu memenuhi 1,6% dari total ekspor. Pemasukan yang didapat pun mencapai USD 17,7 juta. Wow!

6. Jerman

Jerman juga menjadikan es dan air alami sebagai komoditas ekspor. Tahun 2016 mampu menyumbang ekspor 2,3% untuk komoditas ini secara global. Pemasukan yang didapatkan mencapai USD 25,2 juta. Cukup jauh meninggalkan Luxemburg di posisi ketujuh. Pertumbuhan ekspor komoditas ini pun bagi Jerman cukup tinggi yakni 37,3%. Fantastis bukan?

Sebelum lanjut kelima besar, mungkin kamu perlu liat peta berikut yang menggambarkan pemasok untuk air alami dan es terbesar dunia.

10 Negara ini ekspor air dan es terbesar di dunia, nilainya fantastis

Warna merah menandakan sebagai negara esportir besar untuk komoditas es dan air. Abu-abu bukan negara pengeskpor. Biru tua dan muda merupakan negara-negara pengekspor juga. Nah selanjutnya siapa se lima negara paling besar ekspor air dan es dunia? Berikut daftarnya guys!

5. Norwegia

Sejak abad ke 19 menjadikan ini sebagai salah komoditas dagang negara paling barat Kawasan Skandinavia. Akibat adanya iklim dingin di wilayah utara negaranya, tentu mudah mendapatkan es saat mesin pembuat es belum ada. Tahun 2016 negara ini mampu mengekspor 4,3% dari total ekspor komoditas ini. Pemasukannya pun jauh lebih tinggi dari Jerman yakni USD 46,7 juta. Wow hampir dua kali lipatnya ya!

4. Turki

Negara yang terletak di dua benua ini masuk jajaran pengekspor es dan air alami nomer empat dunia. Tahun 2016 presentase secara global 4,5% ekspor komoditas ini dan mendapat pemasukan USD 49,3 juta.

3. Amerika Serikat

Negara adidaya ini juga rupanya tak mau ketinggalan dalam ekspor komoditas ini. Bahkan sejak 2012 pertumbuhan ekspor es dan air alami ini meningkat 153,6%. Wow besar sekali bukan? Secara global presentase 7,2% mampu diraih Negeri Paman Sam dalam ekspor komoditas ini. Pemasukannya USD 79,2 juta, jauh meninggalkan Turki di peringkat empat.

2. Prancis

Negara tempat Istana Versailles ini rupanya tak mau diam juga. Tahun 2016 mampu mengekspor 7,6% secara global untuk komoditas es dan air alami. Pemasukan yang di dapat pun mencapai USd 82,9 juta. Tapi sedihnya ekspor ini mengalami penurunan bagi Prancis sebesar 1,2%. Wah-wah mungkin karena persaingan ketat ya, apalgi negara tetangganya seperti Luxemburg dan Jerman juga menjadi pemain penting eskpor ini.

1. China

Selain sebagai negara di peringkat pertama untuk ekspor es dan air alami China juga layak mendapat gelar penguasa ekspor komoditas ini. Kenapa penguasa? Karena pada tahun 2016 mampu menguasai pangsa pasar 55,8% ekspor komoditas es dan air. Busyet lebih dari 50% Negeri Tirai Bambu ini yang ekspor. Jauh meninggalkan Prancis di peringkat dua. Pemasukan yang di dapat tentu sangat besar, berkali-kali lipat dari Prancis, yakni USD 611,8 juta. Wow, fantastis bukan dan nilainya selalu tumbuh sejak 2012. Nggak kebayang bukan guys? Komoditas ekspor es dan air alami ini bisa bernilai begitu besar.