Kebanyakan kota di Indonesia yang beriklim tropis, entah besar atau pun kecil, dikenal dengan keadaan udaranya yang cenderung panas. Jakarta misalnya, pukul 09.00 pagi saja udara sudah terasa amat menyengat. Selain itu, banyaknya bangunan tinggi dan kendaraan juga menyumbang panasnya udara pada suatu kota. Kota-kota ini tersebar di seluruh penjuru Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Beberapa kota telah kita kenal, namun lainnya mungkin terdengar asing. Berikut 10 kota-kota di Indonesia yang dikenal sangatdinginhingga kita butuh selimut tebal jika tinggal di sana. Yuk cek disini 10 kota terdingin di Indonesia yang suhunya mencapai titik beku.

1. Mulia, Puncak Jaya, Papua

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Kota yang menjadi bagian dari Kabupaten Puncak Jaya Wijaya, Provinsi Papua ini memiliki daratan seluas 883 km persegi dan berada pada ketinggian 2.448 mdpl dan diketahui menjadi kota paling dingin di Indonesia, yaitu Distrik Mulia atau Kota Mulia.

Wilayah ini menjadi kawasan permukiman penduduk tertinggi di Indonesia lantaran berada di ketinggian 2.448 mdpl. Distrik Mulia memiliki jumlah penduduk mencapai 24.649 jiwa, dengan luas wilayah 883 km2.Pada malam hari, suhu di kota ini mencapai 9 derat celcius. Bahkan, karena jaraknya tidak begitu jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya, membuat suhu udara di wilayah ini bisa turun hingga mencapai titik beku. Selain itu, untuk curah hujan di kawasan Kabupaten Puncak Jaya Wijaya menurut data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) terjadi hampir sepanjang tahun.

Meski berada di lembah gunung, Distrik Mulia sudah terkena arus modernisasi dengan adanya sejumlah kantor pemerintah. Bahkan, jalan raya di daerah ini pun sudah dilapisi aspal. Fasilitas publik telah terlengkapi di pemukiman penduduk yang sudah tersebar di seluruh penjuru Distrik Mulia seperti rumah ibadah, rumah sakit, sekolah dan tempat olahraga. Selain itu, Distrik Mulia juga memiliki sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sebagai sumber listrik.

2. Waghete, Deiyai, Papua

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Saat tengah hari, suhu udara di Waghete adalah 15 derajat Celcius. Sedangkan malam hari bisa mencapai suhu hingga 10 derajat Celcius. Bisa dibayangkan bagaimana suhu di kota kecil yang terletak di Kabupaten Deiyai, Papua ini.

Rata-rata udara di kota besar Indonesia mencapai 32-35 derajat Celcius saat siang. Di Waghete, kita benar-benar tidak akan merasakan panasnya udara seperti di sebagian besar lokasi di Pulau Jawa.

3. Berastagi, Karo, Sumatera Utara

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Berastagi destinasi wisata di Kabupaten Karo, yang terdapat pada ketinggian 1.300 mdpl.

Daerah yang diapit oleh gunung Sibayah dan Gunung Sinabung yang masih sering aktif ini terdapat air terjun Sikulika, desa-desa kuno seperti Desa Lingga dan Tongko.

4. Mamasa, Sulawesi Barat

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat ini terletak di daerah pegunungan dengan puncak tertinggi mencapai 1.900 meter.

Buat kamu yang mendambakan destinasi hijau wajib banget ke tempat ini sambil menikmati serunya mengunjungi agrowisata dan perkampungan tradisional.

5.Ruteng, Manggarai, Nusa Tenggara Timur

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Praha-nya Indonesia ini, terletak di Ruteng, sebuah kota kecil yang berada di Kabupaten Manggarai terdapat desain bangunan modern yang memanjakan mata.

Selain pemandangan yang indah, di Ruteng terdapat sebuah Gua Liang Bua yang dulunya ditemukan sisa-sisa tulang manusia purba Homo Floresenesis.

6.Batu, Malang, Jawa Timur

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Kota wisata Batu juga menjadi salah satu wilayah yang paling dingin di Indonesia, lho. Meskipun Batu terkenal sebagai kota kecil tapi pesonanya tidak bisa ditolak. Terletak di ketinggian antara 700 hingga 1.700 meter di atas permukaan laut, tak heran jika Kota Batu memiliki suhu udara yang cukup dingin namun tetap segar.

Bahkan, suhu udara di kota ini rata-rata mencapai 12 hingga 19 derajat Celcius!Brrrkita saja mungkin sudah cukup kedinginan kala menggunakan AC yang disetel pada suhu 16 derajat Celcius.

7.Gayo Lues, Aceh

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Lokasi pertama di Indonesia yang terkenal akan udara dinginnya adalah Gayo Lues. Kabupaten yang terletak di provinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini memang dikenal akan produksi kopinya yang sudah mendunia yaitu jenis kopi Gayo. Kabupaten Gayo Lues sendiri terletak pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut dan merupakan lokasi jalur pendakian menuju Gunung Leuser.

Selain terkenal akan suhu udara yang rendah dan produksi kopi Gayo yang sudah dikenal dunia sebagai salah satu kopi ternikmat, lokasi ini juga terkenal akan pesona alamnya yang luar biasa indah dan difasilitasi dengan adanya permandian air panas di Puri Betung.

8.Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Baturraden adalah nama salah satu kota di Kabupaten Purwokerto. Baturraden terletak di daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 980 meter dari permukaan air laut. Kota kecil ini berada di sebelah selatan dari Gunung Slamet yang membuatnya memiliki udara sangat sejuk saat siang dan dingin saat malam hari.

Kawasan ini memiliki banyak sekali tempat wisata yang indah. Beberapa di antaranya adalah Air terjun dengan nama Pancuran Pitu dan Pancuran Telu. Air terjun ini dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit jika kita mandi dengan airnya. Selain itu di Baturraden juga terdapat bumi perkemahan yang pernah digunakan sebagai tempat Jambore Nasional. Untuk memperlengkap keindahan Baturraden, hadirlah Kaloka Widya Mandala. Sebuah kompleks wisata edukasi yang menyimpan banyak sekali satwa dari penjuru dunia.

9.Lembang, Bandung, Jawa Barat

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Kata Lembang, pasti kita akan terbanyang sebuah observatorium terbesar di Indonesia, Bosscha. Benar hal ini tidak salah, namun kota kecil yang sangat dingin ini menyimpan banyak sekali potensi wisata lain. Terutama yang berhubungan dengan alam. Di dukung dengan lokasinya yang berada di ketinggian antara 1.300 hingga 2.100 meter, Lembang adalah tempat yang pas untuk berlibur dari dunia panas kota-kota besar seperti Jakarta dan Bandung.Wisata alam yang terkenal di Lembang antara lain Gunung Tangkuban Perahu.

10.Ciwidey, Bandung, Jawa Barat

10 Kota terdingin di Indonesia, suhunya bisa capai di bawah titik beku

Pulau Jawa, tepatnya di provinsi Jawa Barat, yaitu Ciwidey. Hanya berjarak sekitar 44 km dari kota Bandung, lokasi ini berada pada ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut dan sudah terkenal sebagai lokasi wisata yang ramai dikunjungi wisatawan terutama pada musim liburan.

Kebun teh yang tertata rapi menjadi pemandangan yang menakjubkan akan kamu dapatkan di sini. Memanjakan diri dengan mandi air panas di Cimanggu dan Walini juga bisa menjadi alternatif jika berwisata ke Ciwidey.

Nah itu tadi 10 Kota Terdingin di Indonesia yang suhunya mencapai dibawah titik beku. Cocok untuk trevelling juga guys. Happy holiday!