Sebuah kota dibangun dan didesain agar nyaman jadi tempat tinggal bagi penghuninya. Sebuah kota akan hidup karena interaksi penduduk yang tinggal disana. Bagaimana jadinya kalau sebuah kota ditinggalkan oleh penduduknya.

Lalu rumah dan gedung kosong itu siapa yang bakal menghuni. Ini nih 10 kota yang serem dan cocok buat kamu punya nyali tinggi.


1. Kota Kayakoy, di Turki

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Kota ini sebenarnya sudah berpenghuni sejak berabad-abad lalu. Perjanjian damai antara Turki dan Yunani untuk menukarkan penduduk Kristen Ortodoks di kota ini dengan Muslim dari Yunani terjadi tahun 1923.

Kota yang harusnya menjadi tempat tinggal bagi Muslim dari Yunani yang pindah ke Turki tersebut, tidak jadi ditinggali karena Muslim dari Yunani tidak cocok dengan iklim yang berbeda dan pindah ke daerah lain. Kota ini pun pada akhirnya tak berpenghuni, ditambah tahun 1957 kota ini dilanda gempa. Baru-baru ini kota ini dibuka sebagai museum terbuka dan pengunjung diijinkan berjalan-jalan disana. Nah beranikah kamu?


2. Centralia, Pennsylvania, Amerika

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Kota ini jadi serem karena tahun 1962 api menyala dibawah bagian kota. Sehingga penduduk direlokasi dari kota tambang ini. Api ini menyala didiuga akibat seorang pemadam kebakaran yang membakar sampah dan membuat apinya menjalar ke lubang yang menuju labirin tambang dibawah kota. Dan horornya lagi kota ini sekarang hanya menyisakan jalan yang ditumbuhi pohon terbakar dengan api yang menyala akan mati diperkiran 250 tahun lagi. Serem kan? Bagi pengunjung mesti berhati-hati juga guys biar ga mati karena sesak nafas. Berani?


3. Pomona, Namibia

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Awalnya kota ini sangat makmur guys, karena ada tambang berliannya. Namun sejak tahun 1940-an penambangan buat dapet berlian makin susah sehingga akhirnya ditinggalkan penghuninya sedikit-demi sedikit. Kota ini awalnya berusaha bertahan, namun semuanya sia-sia dan kini kota ini kosong dan berdebu bahkan stasiun kereta apinya mulai ditelan oleh padang pasir. Punya nyali kesini?


4. Pripyat, Ukraina

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Kota ini jadi serem karena kota ini dekat dengan Kota Chernobyl yang orang tahu adalah kota dengan radiasi nuklir akibat meledaknya reaktor nuklir disana. Radiasinya sampai kesini dan bikin penghuni kota pergi, kini kota ini dibuka buat tur wisatawan namun perlu izin langsung dari pejabat berwenang di Kiev (ibukota Ukraina) karena masalah radiasinya. Berani guys kamu kesini? Hihi...


5. Ordos, Mongolia Dalam, China

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Jika kamu nebak ini kota di Negara Mongolia, maka kamu salah guys! Ini adalah kota yang terletak di wilayah Mongolia Dalam yang masuk administrasi China. Kota ini dibangun dengan desain sebagai kota metropolitan yang besar. Gedung dan perumahan dirancang apik. Namun siapa sangka gak ada yang mau tinggal disini. Akhirnya kota ini jadi kota kosong alias kota hantu terbesar di Negeri China. Hihi, berani kesini guys?


6. Pyramiden, Norwegia

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Kota yang ditemukan oleh Swedia tahun 1910 dan dibangun oleh Rusia sejak 1927 ini dianggap sebagai kota hantu di ujung dunia. Terdapat patung Stalin yang menyambut para pengunung yang akan memasuki kota. Kota ini sekarang milik perusahaan Rusia Trust Artikugol, namun mereka tak berminat mengembangkannya buat jadi hunian karena biaya yang terlampau besar. Jadilah ini kota sepi dan kosong. Apakah kamu berani main-main ke kota ini guys?


7. Belmont, Nevada, Amerika

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Kota ini berkembang banget abad ke 19 karena pertambangan peraknya hingga bikin kota ini jadi kota yang ramai guys. Namun sayangnya di akhir abada ke 19 sekita tahun 1885 alat tambang di pertambangan dekat kota mulai dipindahkan ke tambang lainnya. Alhasil kota ini mulai ditinggalkan deh! Jadinya sekarang hanya jadi kota tak berpenghuni yang menyeramkan dengan bangunan-bangunan yang rapuh! Ayo berani gak main kesini?


8. Famagusta, Siprus

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Kota ini dulunya berkembang banget guys karena letaknya yang strategis di Laut Tengah atau Mediterania. Namun semenjak diserbu oleh Turki tahun 1974-an akhirnya kota ini ditutup dan ditinggalkan penghuninya. Hanya pasukan PBB dan militer Turki yang diizinkan masuk kesini. Wah kalau kamu lihat rasanya sayang ya kota bagus dan strategis ditinggalkan gini! Ga perlu keberanian main kesini, karena memang susah karena penjagaan ketatnya guys, tapi lihat dari jauh aja sudah serem banget lho!


9. Oradour-sur-Glane, Prancis

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Rada susah ya buat nyebut nama ini kota. Tapi latar belakang kota ini jadi kota hantu nan menyeramkan adalah akibat pembantaian penduduknya oleh pasukan Waffen-SS Jerman tahun 1944 saat Perang Dunia II. Warga diminta kumpul di alun-alun saat itu dan kemudian ditembak serta dibakar. Sadis ya! Akhirnya kota kecil ini pun dibiarkan kosong dan jadi menyeramkan guys karena sama seperti saat setelah pembantaian tanpa ada perubahan. Butuh nyali tinggi ne, kalau mau melancong kesini!


10. Bodie, California, Amerika Serikat

10 Kota hantu untuk liburan buat kamu yang ngaku bernyali tinggi

Kota ini berkembang pesat setelah penemuan emas tahun 1859. Kemudian masa keemasan kota ini pun mulai lenyap dengan mulai bangkrutnya perusahaan pertambangan emas kota ini tahun 1892. Kemudian disusul dengan kebakaran pada tahun yang sama lalu kebakaran lagi tahun 1932. Akibatnya mulai tahun 1940-an kota ini berubah jadi kota hantu. Berani berkunjung kesini? Kota ini dibuka lho untuk pengunjung. ayo siapkan nyalimu.