Mengubah sebuah sejarah tentu perlu melakukan sebuah hal yang besar. Tak mungkin rasanya jika sejarah berubah hanya karena hal-hal konyol. Ternyata, anggapan bahwa keputusan konyol tak bisa mengubah sejarah dunia adalah sebuah kesalahan besar. Nggak percaya?

Mari simak ulasan dari10 kesalahan konyol yang mampu mengubah sejarah dunia berikut ini.

1. Perang Dunia II berakhir lebih cepat karena merayakan ulang tahun istri.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Kok bisa ya? Rupanya hal ini karena yang merayakan ulang tahun sang istri adalah seorang Jenderal Jerman bernama Erwin Rommel. Erwin Rommel awalnya diminta oleh Hittler untuk mempertahankan garis pantai di Normandia utara Prancis dari sekutu karena Inggris masih berdiri tegak. Tahu sendiri kan selama Perang Dunia II hampir seluruh Prancis di bawah kendali Jerman.

Rupanya, sang jenderal lebih memilih cuti untuk merayakan ulang tahun istrinya yang jatuh pada tanggal 6 Mei 1944. Ia mengira sekutu tak akan menyerang pada saat itu, ternyata entah sekutu tahu atau hanya keberuntungan, mereka menyerang saat jenderal tersebut cuti pada tanggal 6 Juni. Hasilnya, tentara Jerman tak siap sehingga 9 ribuan tentara Jerman diperkirakan tewas. Saat jenderal Rommel muncul untuk memimpin pasukan dan minta bantuan Tank Panzer, ia tak mendapatkan persetujuan Hitler. Lagi-lagi ternyata, hal ini bukan karena Hitler tak setuju namun kabarnya Hitler sedang tertidur dan tak ada yang berani membangunkan. Duh, apes banget ya!

2. Tenggelamnya Titanic dan kunci yang hilang.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Tenggelamnya kapan mewah ini seharusnya bisa dihindari. Rupanya, hal ini terjadi karena perusahaan mengganti seorang pegawai dengan pegawai lainnya.Mungkin hal ini terkesan biasa saja, namun ternyata pegawai yang lama tersebut memegang kunci penting yaitu kunci teropong dan tak memberikannya ke pegawai yang baru. Alhasil tanpa kunci tersebut, Fred Fleet yang bertugas mencari gunung es tak memiliki akses ke teropong. Jika dia melakukannya, tragedi itu mungkin bisa dihindari. Apakah kisah ini benar atau tidak tentu masih menjadi misteri.

3. Penjualan Alaska oleh Rusia ke AS.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Rusia yang saat itu masih dalam bentuk monarki memutuskan menjual Alasaka ke AS mengingat jauhnya wilayah itu dari pusat kekuasaan Rusia dan dekat dengan koloni Inggris yakni Kanada, sehingga muncul kekhawatiran Inggris akan mencaplok wilayah tundra yang saat itu tak terlalu menghasilkan apapun bagi perekonomian Rusia. Setelah menjual Alaska hanya dengan harga USD 7,2 juta saja pada tahun 1867, pemerintah AS mendapat keberuntungan ketika 13 tahun kemudian yakni pada tahun 1880an, ternyata wilayah Alaska kaya akan emas dan saat itu hanya kalah dari Nevada.Wah,Rusia pasti kesal banget ya waktu tahu itu!

4. Penemuan Penisilin.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Obat antibiotik ini ternyata ditemukan oleh Alexander Fleming karena ia tanpa sengaja melihat jamur yang tumbuh di piringannya dan ia melihat jamur tersebut mampu membunuh bakteri. Rupanya, lingkungan kerja yang kotor dapat mengilhami penemuan paling penting di dunia. Berani kotor itu emang baik ya!

5. Perang Dunia I terjadi karena salah belok jalan.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Rupanya, saat hubungan banyak negara di Eropa memanas, Franz Ferdinand asal Austria-Hungaria akan dibunuh dengan memakai bom. Beruntung ia dan istrinya selamat. Ketika mereka pergi ke rumah sakit untuk menjenguk korban pengeboman, sang supir salah belok dan malah menuju ke arah Gavrilo Princip yang bersembunyi di kedai untuk menunggu waktu yang tepat agar dapat membunuh Franz. Kebetulan ia melihat mereka dan akhirnya punya kesempatan untuk membunuh Franz dan istrinya dengan dua tembakan. Akhirnya resmi sudah Perang Dunia I yang dimulai tahun 1914.

6. Api sinyal jadi membakar hutan.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Kok bisa ya? Ternyata kejadian ini bermula dari seorang pemburu yang tersesat di hutan dan berusahan membuat sinyal asap dari api. Sinyal tersebutjustru menjadi sinyal bahaya karena api yang merembet cepat akhirnya membakar hutan hingga mencapai 300 ribu hektar serta menghanguskan 2.322 rumah dan menewaskan 14 orang.Wah, berbahaya banget nih!

7. Malas baca pidato putusan.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Kamu tahukan tembok terkenal ini? Dahulu sebelum tembok ini runtuh, orang tak bisa seenaknya melintas ke Jerman Barat dari Jerman Timur. Namun, akibat seorang politisi Jerman Timur yang malas membaca putusan itu, maka dengan ogah-ogahan ia berpidato yang mengakibatkannya salah membaca putusan dengan mengatakan bahwa larangan perjalanan dari Jerman Timur ke Barat dihapuskan. Akhirnya hal ini menjadi pemicu untuk meruntuhkan Tembok Berlin.

8. Pembunuhan kucing yang bikin bencana besar di London.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Pada abad ke 17, di London terjadi upaya pembunuhan kucing besar-besaran karena dipercaya dapat menyebarkan wabah penyakit. Akibatnya pada tahun 1665-1666, wabah pes yang disebarkan oleh tikus justru makin menjadi-jadi dan merenggut nyawa hingga 20% penduduk London atau sekitar 100 ribu orang dalam waktu 18 bulan saja. Wabah ini terjadi karena pembunuhan kucing secara massal sebelumnya yang mengakibatkan rantai makanan menjadi tak seimbang.

9. Kebakaran akibat tukang roti.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Karena ulah seorang tukang roti yang kebingungan, ia akhirnya membuat kebakaran di tokonya. Naasnya, api juga dengan cepat melahap Kota London yang terjadi pada tahun 1666. Akibatnya sebagian besar Kota London habis dilahap si jago merah. Untungnya api tak mencapai pusat pemerintahan di Westminster. Aduh, padahal tahun itu London juga sedang terkena wabah akibat si tikus.

10. Tragedi bom nuklir akibat salah menerjemahkan.

10 Kesalahan konyol yang mengubah sejarah dunia

Setelah kekalahan Jerman, sekutu fokus untuk mengalahkan Jepang di kawasan Pasifik. Sebenarnya sekutu mengirimkan permintaan untuk Jepang agar menyerah sesuai dengan Perjanjian Postdam. Namun ternyata Perdana Menteri Jepang yang bernama Kantaro Suzuki membalas dengan akan memikirkan lebih dahulu dengan menuliskan kata "mokusatsu". Penerjemah sekutu yang mengartikan kata itu membuat kesalahan dengan mengartikan bahwa pesan Perdana Menteri Jepang tersebut adalah mengabaikan permintaan sekutu. Alhasil, 10 hari kemudian Sekutu mengirim bom nuklir. Peran penerjemah memang sangat krusial ya!