×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Hewan di dunia ini terancam punah, banyak yang dari Indonesia

0

Duh

10 Hewan di dunia ini terancam punah, banyak yang dari Indonesia

Banyak dari hewan yang terancam punah ini berasal dari Indonesia.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Odhi Rizaldi

08 / 05 / 2019 12:43

Seiring dengan perkembangan dunia yang semakin pesat membuat berbagai pembangunan semakin gencar digalakkan sehingga menyebabkan global warming atau pemanasan global makin jadi masalah besar. Dengan kejadian pemanasan global tersebut menyebabkan berbagai fauna atau hewan yang ada di dunia semakin berkurang akibat tidak mampu bertahan menghadapinya.

Tidak hanya global warming saja, namun juga perburuan liar, perubahan lahan hutan, polusi, dan sebagainya menyebabkan jumlah hewan-hewan di dunia semakin berkurang hingga terancam punah.

Berdasarkan data yang diperoleh dari World Wildlife Fund, berikut adalah 10 hewan yang terancam punah. Apa sajakah hewan-hewan tersebut? Yuk, simak di bawah ini.

1. Vaquita.

Vaquita

Loading...

Vaquita merupakan spesies lumba-lumba langka yang endemik di bagian utara Teluk California, Amerika Serikat. Vaquita terdaftar sebagai hewan yang terancam punah karena diperkirakan jumlahnya menurun hingga di bawah 100 pada tahun 2014. 

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Vaquita diperkirakan hanya berjumlah 30 ekor saja.

 

2. Harimau Cina Selatan.

Harimau Cina Selatan

Harimau Cina Selatan atau Harimau Tiongkok merupakan subspesies harimau yang berasal dari hutan Tiongkok Selatan. Hewan ini merupakan hewan yang terancam punah daripada spesies harimau lainnya.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Harimau Cina Selatan diperkirakan hanya berjumlah 30 hingga 80 ekor saja.

 

3. Badak Jawa.

Badak Jawa

Badak Jawa merupakan hewan yang dapat dijumpai di seluruh Indonesia, sepanjang Asia Tenggara, India, dan Tiongkok. Badak ini lebih kecil daripada badak India dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm, lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Badak Jawa diperkirakan hanya berjumlah 56 hingga 68 ekor saja.

 

4. Saola.

Saola

Saola merupakan salah satu mamalia besar terlangka di dunia. Saola adalah hewan sejenis sapi yang hanya ditemukan di Deretan Annam di Vietnam dan Laos. Hewan ini masih memiliki keakraban dengan sapi, kambing, dan antelop.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Saola diperkirakan hanya berjumlah 70 hingga 700 ekor saja.

 

5. Badak Sumatra.

Badak Sumatra

Badak Sumatra yang juga dikenal sebagai badak berambut atau badak Asia bercula dua merupakan hewan yang dapat dijumpai di Asia Tenggara, India, dan Tiongkok. Badak Sumatra merupakan badak yang memiliki ukuran terkecil diantara spesies badak lainnya.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Badak Sumatra diperkirakan hanya berjumlah 80 ekor saja.

 

6. Harimau Siberia.

Harimau Siberia

Harimau Siberia yang juga dapat disebut sebagai Harimau Amur, Harimau Korea, atau Harimau Cina Utara merupakan salah satu spesies harimau yang hidup di wilayah Rusia, Korea, Tiongkok, dan Mongolia. Harimau Siberia merupakan spesies harimau terbesar di antara spesies harimau lainnya.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Harimau Siberia diperkirakan hanya berjumlah 84 ekor saja.

 

7. Gorila Sungai Salib.

Gorila Sungai Salib

Gorila Sungai Salib merupakan subspesies dari gorila barat. Hewan ini biasa tinggal pada bukit berhutan dan gunung di kawasan perbatasan Kamerun-Nigeria di muara Sungai Salib, Nigeria.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Gorila Sungai Salib diperkirakan hanya berjumlah 200 hingga 300 ekor saja.

 

8. Harimau Malaya.

Harimau Malaya

Harimau Malaya merupakan spesies harimau yang dapat ditemui di bagian pantai timur Semenanjung Malaysia. Hewan ini sempat menjadi populasi macan terbesar bersama Harimau Benggala dan Harimau Indocina.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Harimau Malaya diperkirakan hanya berjumlah 250 hingga 340 ekor saja.

 

9. Harimau Sumatra.

Harimau Sumatra

Harimau Sumatra merupakan spesies harimau yang berasal dari Pulau Sumatra, Indonesia yang masih hidup sampai saat ini. Namun populasinya semakin berkurang akibat perubahan lahan menjadi pemukiman atau pusat industri.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Harimau Sumatra diperkirakan hanya berjumlah 400 ekor saja.

 

10. Orang Utan Tapanuli.

Orang Utan Tapanuli

Orang Utan Tapanuli merupakan salah satu spesies orang utan yang berasal dari Tapanuli, Sumatra Utara. Hewan ini memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Orang Utan Sumatra dan Orang Utan Kalimantan, tetapi memiliki gigi taring yang lebih besar dari kedua spesies tersebut.

Berdasarkan data dari World Wildlife Fund, saat ini populasi Orang Utan Tapanuli diperkirakan hanya berjumlah 800 ekor saja.

 

Itulah 10 hewan di dunia yang terancam akan punah. Sudah sepatutnya kita harus menjaga keberadaan hewan-hewan tersebut agar tidak punah nanti ke depannya dengan cara menjaga alam agar tetap lestari. Terima kasih sudah membaca.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red