×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

0

Kepribadian

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Jadi pengangguran bukan berarti pasrah begitu aja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ririn Rosaria

14 / 05 / 2019 18:01

Hidup memang tidak mudah untuk dijalani bagi seseorang yang memiliki mental lemah karena hidup ini terlalu keras bagi kita yang hanya bisa mengeluh dan terlalu banyak membuang waktu untuk bermalas-malasan serta sibuk mencari-cari alasan. Beberapa dari Kalian yang baru lulus kuliah dengan gelar sarjana akan dengan mudah mendaparkan pekerjaan di perusahaan besar yang di impi-impikan tapi ada juga beberapa dari yang lainnya masih harus membuat banyak lamaran pekerjaan meskipun telah banyak penerima penolakan. Pada fase ini memang sangat sensitif karena tidak sedikit para pencari kerja yang mengalami banyak penolakan merasa bahwa hidupnya sangat payah dan tidak berguna serta banyak penyesalan yang mulai ia dirasakan. Berikut ini beberapa hal yang seharusnya dapat memberikan motivasi untuk tetap semangat dalam menjalani hidup dan menjadi pengangguran sukses tanpa perlu penyesalan. Check This Out!

1. Ikhlas

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pengangguran adalah belajar mengikhlaskan segala kegagalan dan penolakan yang diterima. Hal tersebut dilakukan agar kita tidak larut dalam kekecewaan yang mendalam dan agar bisa memulai untuk melakukan hal bermanfaat lainnya. Serta mulailah berserah diri kepada Tuhan dan percaya bahwa rejeki sudah diatur oleh-Nya, rejeki tidak akan tertukar, dan rejeki kalian mungkin ditempat lain yang harus kalian temukan.

2. Dirimu terlalu berharga

Loading...

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Percayalah bawa dirimu terlalu beharga jika harus bekerja di perusahaan yang memiliki atasan atau senior galak dan suka memerintah seenaknya. Kamu tidak dilahirkan untuk merasa tertekan dalam menjalani hidup, jika ada kehiduan yang lebih baik kenapa kamu harus menyerahkan semua itu untuk hal yang membuatmu tertekan. Jika kalian lulusan sarjana dan belum mendapatkan pekerjaan itu tandanya kalian harus menciptakan lapangan pekerjaan, karena jaman sekarang mencari pekerjaan itu susah dan yang berpendidikan lebih tinggi harus berani membuka lapangan pekerjaan. Pegawai atau karyawan itu sama yakni buruh yang dituntut bekerja keras untuk membangung mimpi orang lain, padahal kamu bisa sedikit bekerja keras untuk membangun mimpimu sendiri. Mimpimu terlalu berharga jika kau jual seharga dengan menjadi karyawan perusahaan, buat apa kau berpendidikan tinggi jika ujung-ujungnya masih harus jadi karyawan, pegawai atau buruh maka dari itu jadilah pengusaha atau menjadi apa yang kamu inginkan.

3. Cobalah banyak hal

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Gagal dalam satu hal masih banyak hal lain yang harus di coba, sama halnya gagal dalam mencari pekerjaan masih ada banyak pekerjaan yang harus dicari. Mengalami penolakan bukanlah akhir dari hidupmu dan justru itu adalah awal dari kehidupanmu dengan mencoba lakukan hal-hal baru. Dari pada sedih dan kecewa karena suatu penolakan alangkah baiknya jika mengalihkannya dengan mencoba beberapa hal yang bahkan tidak perna kalian lakukan jika telah bekerja di suatu perusahaan. Mulailah mencoba suatu hal yang mungkin nanti bisa memberikanmu manfaat lebih besar dari pada sekedar menjadi karyawan. Jika kau suka menulis jadilah penulis dan jika suka keliling dunia jadilah travel vloger.

4. Temukan passionmu

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Paling enak itu mendapatkan pekerjaan yang membuat kita bahagia dan menikmatinya, maka dari itu hobby itu sangat perlu karena kita bisa mengetahui kegiatan apa yang kita sukai. Sedikit penjelasan mengenai hobby yakni suatu kegiatan yang disukai dan memberikan manfaat jika dilakukan pada saat waktu luang. Jadi kalian harus mengenali diri kalian terlebih dahulu dan mencari tauh tentang apa yang kalian sukai dengan mencoba berbagai hal baru kemudian jadikan hal tersebut agar memberikan manfaat secara financial untuk dapat menopang kebutuhan hidupmu. Mencari passion itu sama halnya melihat diri kita dari sudut pandang yang berbeda dari kebanyakan orang, sebagai contoh beberapa orang mungkin menganggap bermain game adalah hal yang membuang-buang waktu akan tetapi kamu bisa menjadi milyarder hanya dengan bermain game atau bahkan menciptakan sebuah game.

5. Percaya diri

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Percaya diri itu penting dan jangan percaya pada omongan orang lain yang berusaha melemahkanmu karena yang lebih memahami hidupmu adalah dirimu sendiri. Anggap saja hinan yang dilontarkan orang lain adalah kritik yang membangung kesuksesanmu. Apa yang di omongkan orang lain tidak sepenuhnya benar, mereka hanya memiliki sudut pandang yang berbeda dari kita. Minder atau perasaan tidak percaya diri adalah salah satu alasan yang membuat kita menjadi tidak berkembang dan itu tidak perlu ada pada diri kita.

6. Jangan banding-bandingkan dirimu dengan orang lain

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain sama halnya tidak menghargai dirimu sendiri dan bahkan lebih terkesan menghina diri sendiri, ingatlah bahwa dirimu terlalu berharga untuk kau hinakan. Bukan salahmu jika kamu masih pengangguran atau sedang berada pada titik nol dalam kehidupanmu, tapi itu akan menjadi salahmu jika kau tidak berusaha dan bekerja keras merubah kondisi mu. Semua orang memiliki zona waktu yang berbeda-beda, siapa tauh tuhan memberinya pekerjaan di waktu muda akan tetapi waktu hidupnya hanya sampai 40th atau tuhan memberimu pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu tapi kau harus mencarinya sedikit lebih lama agar bisa kau nikmati sampai umur 80th. Siapa yang tauh itu, itu semua adalah hak prerogatif yang pencipta tugas kita sebagai manusia adalah terus berusaha yang terbaik dan selalu berdoa kepada Tuhan.

7. Pelajari motivasi hidup orang sukses

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Sebenarnya apa yang kamu ikuti di media sosial akan membentuk alam bawah sadarmu dan mulailah mengikuti akun yang memberikan motivasi hidup dari orang-orang sukses karena banyak sekali cerita yang menginspirasi dan memotivasi dari perjalanan orang-orang sukses seperti Jack Ma, J.K Rowling, Steve Jobs, Bill Gates, Mark Zuckerberg, Harland Sanders, Walt Desney, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh yang menginspirasi dunia. Perlu kita ketahui mereka yang saat ini telah sukses hampir semuanya mengalami masa seperti yang kalian rasakan, di fase yang tidak berdaya dan frustasi akan tetapi mereka terus berjuang hingga akhirnya menjadi pemenang. Keajaiban bisa tercipta karena harapan dan usaha untuk meraihnya, karena jika kebanyakan orang akan mengatakan mustahil untuk kesuksesan mereka itu tapi mereka mewujudkannya seolah telah memperoleh keajaiban padahal yang mereka lakukan adalah bekerja dan terus berusaha.

8. Terus berusaha keras

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Harapan tanpa usaha seperti mimpi yang akan hilang saat kamu bangun di pagi hari, jika mau mempunnyai suatu harapan maka hal yang perlu kamu lakukan adalah meraih harapan tersebut dengan berusaha sekuat tenaga. Bekerja dan berusaha keras lah hingga mimpi dan harapanmu tercapai, jika gagal kamu bisa meraihnya dengan menemukan cara lain untuk bisa mencapai semua itu. Terus berjuang dan jangan menyerah, nikmati masa pengangguranmu untuk menciptakan masa depan yang cerah.

9. Berdoa

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Usaha tanpa doa adalah sombong karena semuanya itu tergantung tuhan yang mengatur semua ini. Jika kau menginginkan sesuatu maka mintalah kepada tuhan dengan sungguh-sungguh karena tuhan tidak akan melupakanmu jika kau selalu mengingatnya. Ingatlah bahwa tuhan yang menentukan nasibmu, rejekimu dan jodohmu.

10. Selalu bersyukur

10 Cara pengangguran tak galau, menata diri biar sukses

Menjadi sukses itu untuk bisa hidup senang dan bahagia, jika tidak bersyukur maka rasanya akan selalu kekurangan dan menjadi tidak bahagia padahal telah memiliki kekayaan yang berlimpah. Kekayaan dan kekopuleran tidak akan ada artinya dijika selalu merasa kurang dan hidup menjadi tidak tentram. Sebagai contoh banyak artis terkenal yang dinilai memiliki kehidupan yang nyaris sempurna yakni memiliki paras cantik/tampan, kaya raya, dan terkenal akan tetapi hidupnya diselimuti dengan perasaan tidak tenang, hal tersebut karena dia tidak merasa bersyukur atas apa yang telah ia miliki sehingga salah satunya cara adalah menumbuhkan rasa bersyukur dalam diri kita karena dengan bersyukur kita akan menjadi orang sukses yang sebenar-benarnya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red