Smartphone menjadi kebutuhan penting saat ini, bukan hanya sebagai alat komunikasi lebih dari itu smartphone sangat membantu kegiatan manusia di seluruh dunia. Bukan hanya orang dewasa bahkan anak - anak sudah banyak yang bisa menggunakannya.

Tapi tanpa kita sadari smartphone itu sendiri membawa dampak buruk bagi kesehatan kita, menggunakan smartphone dalam skala terus menerus akan menyebabkan timbulnya penyakit - penyakit yang akan kita terima dalam jangka waktu lama.

Smartphone memiliki gelombang elektromagnetik sejenis dengan radiasi non ionisasi yang memiliki golongan rendah yang memiliki tingkat penyerapan spesifik tingkat / SAR di bawah 1,6 watt / kg. Istilah masih golongan rendah dan terbilang aman, namun jika digunakan terus menerus tanpa mengenal batas waktu radiasi yang dipancarkan akan menyebabkan kesehatan yang buruk, seperti:

1. Mata mudah lelah

Menatap layar smartphone dalam skala terus menerus mengakibatkan mata mudah lelah, pengelihatan menjadi kabur dan bahkan menyebabkan sakit kepala, menggunakan smartphone alangkah baiknya dari jarak 30 cm.

2. Insomnia

Susah tidur karena yang seharusnya kegiatan malam digunakan untuk istirahat, tapi banyak orang masih menggunakan smartphone nya di waktu yang seharusnya tidak perlu, mereka terlalu asik bermain dengan smartphone ketimbang beristirahat. Lama kelamaan hal ini bisa membuat mata anda susah untuk terpejam bahkan saat sudah merasa kantuk tiba.

3. Nomophobia

Kecemasan atau ketakutan saat ponsel berada jauh dari kita, merasa tidak bisa hidup tanpa ponsel. Saat bangun tidur hal pertama yang dicari yaitu smartphone mereka.

Di atastadi hanya sebagian dampak kecil dari smartphone untuk kesehatan atau kehilangan kita, apalagi jika kita menggunakan ponsel lebih lama dan terus menerus tanpa mengenal waktu

Maka dari itu kita harus pandai menggunakan smartphone agar tidak membawa dampak yang begitu buruk. Untuk mengurangi bahaya dari radiasi smartphone, berikut ini beberapa solusi yang bisa kita lakukan:

Awas radiasi smartphone! Begini cara mengurangi dampaknya

1. Jangan menggunakan saat sinyal dalam keadaan lemah.

Jangan menggunakan smartphone saat sinyal lemah, karena pada saat sinyal lemah smartphone akan meningkatkan kekuatan penerimaan sinyal dengan maksimal oleh karena itu sebaiknya jangan menggunakan smartphone saat sinyal dalam keadaan lemah lebih baik disimpan dulu.

Awas radiasi smartphone! Begini cara mengurangi dampaknya

2. Gunakan sms untuk berkomunikasi

Sebaiknya menggunakan sms untuk berkomunikasi, lebih baik menggunakan sms dari pada menelpon secara langsung kalau hanya sekedar urusan yang tidak penting , karena dengan mengirim pesan jangkauan dari tubuh dengan smartphone berada jauh jadi radiasi yang diterima lebih sedikit

Awas radiasi smartphone! Begini cara mengurangi dampaknya

3. Menggunakan headset saat panggilan

Menggunakan headset, saat menerima atau melakukan panggilan usahakan menggunakan headset saat menerima telepon sama seperti mengetik sms radiasi yang di terima oleh tubuh hanya sedikit karena posisi tubuh berada jauh dari smartphone.Sering mendekatkan smartphone ke telinga saat melakukan panggilan akan berdampak pada jaringan otak karena smartphone akan memancarkan lebih banyak radiasi dari sinyal RF.

Awas radiasi smartphone! Begini cara mengurangi dampaknya

4. Jangan masukkan smartphone di saku celana

Jangan taruh smartphone di saku celana, hal ini biasa terjadi saat kita bepergian, menaruh smartphone di saku celana mengakibatkan jarak tubuh dengan smartphone lebih dekat hal ini membawa radiasi dari smartphone akan banyak diterima tubuh, alangkah baiknya simpan smartphone di dalam tas

Awas radiasi smartphone! Begini cara mengurangi dampaknya

5. Jangan dekatkan smartphone saat tidur

Jangan mendekatkan smartphone di dekat kepala saat tidur, tanpa kita sadari akibat merasa lelah sehingga kita langsung tertidur setelah memainkan smartphone di atas kasur. Hal ini biasa terjadi namun tidak banyak yang tahu kalau saat smartphone tidak digunakan smartphone masih mencari sinyal, smartphone mencari sinyal menyebabkan radiasi yang dipancarkan akan tinggi. Dampak panjangnya tubuh akan banyak menerima radiasi smartphone masalah kesehatan akan datang dalam jangka waktu panjang

Ya, itu beberapa solusi mudah untuk mengurangi dampak bahaya smartphone bagi tubuh kita