Brilio.net - Cewek mana sih yang nggak suka dengan cowok tampan atau ganteng? Rasa-rasanya semua cewek pasti suka. Memang sih, cowok tampan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum Hawa.

Ukuran ketampanan memang berbeda bagi setiap cewek karena masing-masing tentu punya standar 'cowok tampan' tersendiri. Tapi yang pasti, wajah yang tampan menarik untuk dipandang.

Dan buat kamu para cowok, perlu diingat adalah menjadi tampan tidak sekadar memiliki wajah rupawan, tapi juga postur tubuh, penampilan dan pembawaan diri.

Nah, urusan wajah tampan ini ternyata ada penelitian mengenai manfaat melihat wajah cowok tampan. Dikutip dari liputan6.com, Rabu (26/6), peneliti yang diulas dalam Medical Daily tersebut menjelaskan beberapa manfaat melihat wajah tampan untuk otak. Apa saja, berikut ulasannya.

1. Meningkatkan memori otak.

Loading...

tampan istimewa

foto: vt.co

Menurut sebuah studi penelitian jurnal Evolutionary Psychology mengungkapkan memandang wajah pria tampan bisa meningkatkan memori dan dapat memotivasi diri. Hal ini dikarenakan kegiatan yang sepertinya tidak ada manfaat itu bisa saja membuat kamu lebih fresh dan bahagia dalam pelajaran dan pekerjaan.

Penelitian tersebut dilakukan pada sejumlah wanita berusia paruh baya. Bukan rahasia lagi jika semakin tua usia, kemampuan mengingat seseorang menjadi berkurang. Oleh peneliti, para partisipan pun diminta untuk mengingat nama karakter sebanyak mungkin dalam waktu semenit. Mereka diminta untuk mengingat nama-nama tersebut selagi melihat foto seorang pria tampan.

Menurut penelitian, cara tersebut terbukti meningkatkan kesempatan mereka menjawab pertanyaan dengan benar. Dikatakan jika rata-rata para wanita berusia matang tersebut dapat menjawab 2-4 pertanyaan dengan lebih baik. Hasil temuan ini pun dikonfirmasi dengan melihat gelombang otak para partisipan ketika dites.

2. Membuat otak lebih aktif.

tampan istimewa

foto: iStockphoto

Saat mereka memandangi foto pria tampan, gelombang otak mereka tampak lebih aktif dari biasanya. Melalui eksperimen itu, bisa dibuktikan bahwa lobus temporalis yang mana terkait dengan memori menjadi lebih aktif. Hal tersebut juga didukung dengan pernyataan ahli media lain yang mengaku melihat foto pria tampan memang dapat meningkatkan mood hingga menciptakan efek positif pada otak.

Namun ia mengklaim jika hal serupa tidak terjadi pada pria. Saat pria melihat foto wanita cantik, daya ingat mereka tak secara signifikan berkembang. Justru pemandangan wanita cantik bisa mengganggu memori dan fokus karena atensi teralihkan. Peneliti juga mengungkapankan efek motivasi yang ditimbulkan saat pria melihat wanita cantik juga sangat berbeda.

Motivasi yang timbul pada pria biasanya meliputi motivasi untuk membuat si wanita tertarik padanya, motivasi bekerja keras agar dipandang keren, dan motivasi-motivasi untuk bisa tampil lebih keren dari biasanya di depan wanita.