Brilio.net - Nggak cuma cewek, cowok juga nggak suka dibanding-bandingin? Apalagi jika pacar sendiri membandingkan dengan cowok lain. Kalau sudah kayak gini, tinggal menunggu waktu pertengkaran bakal meledak. Kamu Pernah ngalamin kayak gitu?

Menurut penelitian kebahagiaan dalam suatu hubungan dan berapa banyak energi yang kamu curahkan untuk menjaga hubungan tergantung pada cara pasanganmu membandingkan dengan calon pasangan lain yang mungkin pernah atau lagi deket sama kamu. Temuan ini menunjukkan bahwa meski seberapa baik memilih pasangan yang sempurna, jika dia suka membanding-bandingkan kamu dengan cowok lain tak akan membuat hubungan kalian langgeng.

"Kita tak perlu pasangan sempurna untuk punya hubungan yang bahagia. Tapi kita perlu pasangan yang mau menerima kelebihan dan kekurangan serta saling mendukung satu sama lain," kata salah satu peneliti Daniel Conroy-Beam dari University of Texas di Austin, Amerika Serikat.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Evolution and Human Behavior ini dilakukan dengan mensurvei 259 orang dewasa, terdiri dari 119 pria dan 140 wanita yang setidaknya sudah menjalin hubungan rata-rata selama tujuh tahun. Para peserta diminta untuk memberikan 27 ciri pasangan ideal itu seperti apa dan menjelaskan sejauh mana mereka mengerti sifat pasangannya. Peserta juga melaporkan kebahagiaan yang dirasakan selama menjalin hubungan.

Dilansir brilio.net dari Times of India, Senin (23/5), hasilnya para peneliti menemukan bahwa kebahagiaan dalam menjalin hubungan tak tergantung pada cowok lain yang punya kelebihan tapi dari bagaimana kamu menjaga dan merasa bahagia memiliki pasanganmu saat ini.