Brilio.net - Perjalanan cinta dua insan memang tiada habisnya menghadirkan cerita menyentuh. Setiap orang tentu punya kisah masing-masing yang layak diceritakan. Banyak sosok yang melambung namanya seantero jagat karena punya kisah cinta yang begitu mengharukan bahkan tragis. Beberapa di antaranya adalah Romeo dan Juliet, Peter Abelard dan Heloise, Robert dan Elizabeth Barrett Browning, Sampek Engtay, dan Laila Majnun.

Tak hanya kisah cinta yang berasal dari karangan para penulis. Di dunia nyata pun kisah cinta mengharukan sungguh-sungguh terjadi. Norwood Thomas (93) dan Joyce Morris (88) adalah pasangan yang mengalaminya. Dua orang ini merupakan pasangan kekasih yang bertemu ketika masih belia pada thun 1945, sebelum Perang Dunia II meletus.

pasangan pd2 © 2016 brilio.net

Dikisahkan dalam Elite Readers, Thomas adalah seorang tentara muda Inggris sedangkan Joyce adalah seorang perempuan muda yang tumbuh cantik. Sungai Thames di London adalah tempat yang begitu membekas bagi keduanya karena merupakan tempat mereka bertemu pertama kali. Benih-benih cinta hadir begitu saja di antara mereka. Layaknya dua orang yang saling memiliki rasa, keduanya mengintensifkan pertemuan.

Sayang, jalinan cinta yang mereka rajut belum lama itu terpaksa menguap akibat meletusnya Perang Dunia II. Meski perasaan cinta satu sama lain masih kuat di hati mereka. Pada titik ini, Thomas berpikir kekasihnya sudah tiada setelah mendapat kabar jika ada orang cirinya mirip Joyce menjadi korban kecelakaan pesawat.

Tapi keajaiban terjadi, Joyce kembali dapat bertemu dengan lelaki yang hingga kini masih tak sanggup dilupakan meskipun tak ada kabar hingga 70 tahun lamanya. Berawal dari berselancar di dunia maya pada tahun 2014 lalu, Joyce menemukan kembali kekasih lamanya itu. Google mengantarkannya menemukan Thomas. Joyce yang telah menetap di Adelaide, Australia mendapati Thomas tinggal di daerah dekat Pantai Virginia, Amerika Serikat. Mereka lantas berkomunikasi via Skype. 'Kencan' ini rutin mereka jadwalkan setiap hari Sabtu.

Sementara itu, seorang yang telah membaca kisah mereka, Barbara Lee McDonald, berbaik hati membantu kampanye donasi melalui situs donasi GoFundMe untuk mempertemukan kembali pasangan ini. Pihak maskapai Air New Zealand turut memberi bantuan berupa seat gratis untuk putra Thomas yang bertugas mendampingi sang ayah yang tak diizinkan bepergian sendiri karena sedang masa penyembuhan dari penyakit kanker.

Thomas terbang ke Australia bersama Steve untuk bertemu kekasih lamanya Joyce yang didampingi sang putra Rob pada 8 Februari 2015, menjelang Hari Valentine. Mereka merayakan pertemuan besar ini di bandara dengan disaksikan para petugas bandara.

"Aku mati rasa. entah bagaimana perasaanku bisa bertatap muka seperti ini," aku thomas kepada Virginian-Pilot seperti dikutip brilio.net, Senin (18/4).