Brilio.net - Permasalahan rambut memang tidak akan lepas dari kehidupan sehari-hari. Ada saja masalah yang terjadi seperti rambut rontok, ketombe, hingga berminyak.

Permasalahan  rambut seperti ini seringkali membuat orang menjadi tidak percaya diri, terutama cewek nih. Ya kan? Namun tak perlu khawatir, permasalahan rambut seperti ini masih bisa kamu atasi dengan mudah. Tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk perawatan di salon, kamu bisa lakukan sendiri di rumah.

Ahli perawatan rambut dari Kerastase, Heri Purwanto, mengatakan bila tidak sempat atau tidak ingin melakukan perawatan di salon, para kaum hawa sebenarnya bisa melakukan perawatan rambut di rumah saja.

"Yang penting gunakan sampo dan conditioner khusus untuk rambut berminyak. Sampo dan conditioner biasanya ada yang warnanya bening, itu bagus untuk rambut berminyak, jadi rambutnya keset," katanya saat ditemui awak media di Jakarta, Jumat (14/9).

Selain itu, lanjutnya bila keramas jangan pernah menggunakan air hangat. Sebab air hangat bisa membuka pori-pori kulit kepala dan menimbulkan masalah rambut lain seperti rontok dan kering.

"Berbeda dengan rambut yang normal, untuk rambut yang cenderung berminyak keramas setiap hari untuk meminimalisir minyak bertambah. Bisa juga melakukan treatment intenst setiap satu bulan sekali selama enam kali," paparnya.

Selaian melakukan perawatan pencegahan, Wanto juga menyarankan untuk menghindari faktor-faktor yang dapat memicu timbulnya rambut berminyak.

"Kalau kulit berminyak biasanya pemicunya hormon, udara, cuaca, dan makanan. Makanan seperti gorengan dan pedas harus dihindari karena kan panas gerah jadi produksi banyak minyak," tutupnya.