Brilio.net - Berdandan bagi sebagian cewek merupakan ritual yang wajib dilakukan. Memastikan wajah tampil selalu cantik dan maskimal pun sekan sudah menjadi kebutuhan. Namun, apa jadinya saat kamu harus terburu-buru saat berias. Hasilnya biasanya bisa jadi tidak maksimal bahkan cemong sana-sini.

Nah, agar "kecelakaan makeup" tak merusak harimu bahkan bikin kamu badmood sebaiknya kamu pahami 10 cara pertolongan pertamanya seperti dilansir brilio.net dari cosmopolitan.

1. Bedak terlalu menor.


foto: makeuagif

Saking nggak fokusnya kamu malah memakai bedak terlalu menor. Setelah menyadarinya kamu hanya perlu menyemprotnya dengan face mist atau face spray. penyemprot wajah akan membantu melembapkan kulit dan mengurangi tampilan wajah yang terlalu menor.

2. Bedak tak rata.

foto: mumsintheknow

Selain terlalu menor, menggunakan bedak tak rata pun kerap terjadi. Saat kamu menyadari pertolongan pertama yang bisa menyelamatkanmu adalah cukup tepuk-tepuk dengan kuas di bagian yang tak rata.

3. Alas bedak belang.

foto: tinytouchups

Jika telanjur menggunakan alas bedak yang sewarna dengan warna leher. Kamu hanya perlu menepuk-nepuk menggunakan spons atau beauty blender yang lembap. Balurkan perlahan sampai ke daerah leher hingga warnanya terlihat rata.

4. Maskara menggumpal.

foto: twitter

Bisa jadi ini karena maskaramu yang sudah lama dan kamu nggak menyadari itu. Sebelum malu, dengan maskara yang menumpuk kamu hanya perlu ambil stik maskara yang sudah kamu bersihkan dengan tisu kemudian sikat bulu mata perlahan. Sampai gumpalannya menghilang.

5. Eyeshadow jatuh.

foto: wikihow

Jika kualitas eyeshadowmu sudah jelek, nggak jarang perona atas mata ini bisa berguguran di mata maupun bawah mata. Untuk mengatasinya, cukup seka dengan memberi concealer tipis.

Tipsnya bermanfaat banget kan? Yuk baca tips selanjutnya. KLIK NEXT ya...

2 dari 2 halaman


6. Blush on terlalu tebal.


foto: consejos

Menggunakan blush on saking bersemangatnya kadang bikin warna antara pipi kanan dan krimu nggak sama bahkan terlalu tebal. Untuk mengurangi warna blush on yang terlalu tebal cukup balurkan dengan kuas. Jika sudah agak pudar, tambahkan bedak tabur sedikit.

7. Lipstik pudar setelah makan.

foto: tumblr

Sehabis makan nggak jarang lipstikmu akan mulai luntur. nah, kalau kamu lupa membawa lipstik kamu cuma perlu merapatkan bibirmu dan menekannya selama 5 detik. Ulangi sebanyak 3 kali maka bibirmu akan terlihat lebih pink.

8. Bulu mata palsu lepas.

foto: thesun

Nggak lucu banget ya kan saat menghadiri acar formal semacam kondangan kemudian bulu mata palsumu lepas. jangan buru-buru panik, pergilah menepi sebentar lalu dengan eyeliner cair kamu bisa melekatkan bulu matamu sementara.

9. Alis terlalu penuh.

foto: gif

Saat mendapati alismu terlalu penuh dan membuatmu terlihat galak, yang perlu kamu lakukan untuk mengatsinya hanyalah gosok alis perlahan dengan cotton buds untuk menghapus bagian yang over.

10. Lipstik menempel di gigi.

foto: seriouslyomg

Bisa dibilang kecelakaan rias yang satu ini yang paling sering terjadi dan sulit dihindari. Nah, jika sudah terlanjur dengan sigap segeralah gosok menggunakan tisu untuk menyekanya.