Brilio.net - Ketika kamu bepergian dengan pesawat, kamu pasti akan mendapatkan pelayanan yang ramah dari para pramugari yang selalu tampil cantik dan fresh. Kamu mungkin tidak akan berpikir bahwa menjaga penampilan tetap fresh bagi pramugari adalah salah satu tantangan tersendiri, apalagi jika mereka menjalani penerbangan rute jarak jauh. Sebab, perjalanan jauh sudah pasti sangat melelahkan, bahkan bisa bikin 'teler'. Belum lagi dengan efek jetlag yang ikut mempengaruhi penampilan.

rahasia pramugari Istimewa-Pramugari/foto: Instagram

Terbang di ketinggian 38.000 kaki akan membuat jantung berdetak lebih cepat dan organ-organ tubuh lebih cepat lelah. Jadi, bisa kamu bayangkan betapa lelahnya jika kamu harus terbang dalam durasi yang lama, dan intensitas yang sering.

Tapi, bagi pramugari tidak boleh menunjukkan efek lelah itu. Secapek apapun, wajib hukumnya untuk mereka tetap tampil cantik, fresh, dan fit. "Tidak mungkin untuk bisa melakukan hal itu tanpa mengurus diri sendiri dengan baik," kata Linda Celestino, Wakil Presiden Etihad Airways yang memulai kariernya sebagai pramugari 33 tahun yang lalu, dikutip dari flightzona, Jumat (7/7). Namun, seringnya mereka tidak punya waktu yang panjang untuk merias diri ketika jadwal penerbangan mereka padat. Mereka harus bisa berdandan dengan cepat dan tampil prima untuk jadwal penerbangan selanjutnya.

Lantas, apa rahasia mereka? Berikut beberapa bocorannya untuk kamu.

Loading...

1. Sampo kering.

rahasia pramugari Istimewa-Pemakaian sampo kering/foto: dailytimes

First Officer Airbus A320 BA Chloe Harrison mengaku memiliki trik untuk menjaga penampilannya tetap prima. Sampo kering menjadi andalannya untuk menjaga kerapian rambut. "Hampir semua awak kabin menyimpan sampo kering ini di tas," katanya. Soal rambut ini, ada juga para pramugari yang menyiapkan alat khusus yang bisa cepat memperbaiki tatanan rambutnya, seperti grirp kirby maupun hairspray.

2. Pensil alis.

rahasia pramugari Istimewa-foto: istimewa

Riasan wajah menjadi sangat penting, karenanya perlengkapan rias tidak pernah ketinggalan. Namun, ada satu alat makeup yang nggak boleh ketinggalan, yakni pensil alis. Menurut Chloe, pensil alis wajib dipakai oleh awak kabin karena efektif agar wajah tetap terlihat segar.

3. Air hangat dan face mist.

rahasia pramugari Istimewa-foto: daylivanity

Jennifer Forest, dari British Airways, bercerita, air hangat menjadi andalannya untuk menyegarkan wajah. Dia selalu mencuci wajah dengan air hangat, kemudian menggunakan minyak wajah. "Ini efektif membersihkan kulit dengan melarutkan kotoran dan debu dan membuat wajah tidak kering. Dan jangan lupa selalu membawa minyak aroma sesuai kesukaan," katanya.

4. Hand sanitizer.

rahasia pramugari Istimewa-foto: shutterstock

Terdengar sepele, tapi pembersih tangan ini sangat berguna karena selama di pesawat, pramugari akan menyentuh banyak benda yang belum tentu bersih. Tangan yang kotor dan berkuman, tentu bisa menjadi hal buruk bagi penampilan pramugari.

5. Gel minyak kelapa.

rahasia pramugari Istimewa-foto: naturallycurly

Terbang di ketinggian tanpa disadari membuat kelembaban kulit terganggu. Paparan sinar matahari membuat kulit lebih cepat kering dibandingkan saat kamu di darat. Karenanya, pelembab kulit harus tersedia. Salah satu yang biasa dipakai pramugari adalah gel minyak kelapa.

6. Obat kumur.

rahasia pramugari Istimewa-foto: mirror

Obat kumur juga menjadi salah satu benda yang dibawa pramugari. Dalam penerbangan yang lama, pramugari harus bisa menjaga kebersihan badannya, termasuk kesegaran mulutnya.

7. Tidur.

rahasia pramugari Istimewa-foto: yourbodychanging

Pramugari akan memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat karena mereka memiliki waktu tidur yang kurang. Memanfaatkan waktu jeda penerbangan untuk tidur akan membantu mereka dalam menjaga mereka tetap fresh.