Brilio.net - Setelah menjalani aktivitas seharian, penting bagi kita membersihkan wajah untuk membersihkan sisa makeup dan juga kotoran pada wajah. Biasanya kita membersihkan kotoran dengan makeup remover atau micellar water.

Namun, kesalahan yang sering kita lakukan saat membersihkan makeup adalah kita juga membasuh bibir dengan makeup remover. Padahal itu merupakan cara yang salah.

Dokter estetika medik MP Skin Care, dr. Maharani Prima mengatakan membersihkan muka sekaligus dengan bibir itu salah, karena bisa menyebabkan bibir kering, pecah-pecah, sampai iritas dan menghitam.

"Kulit wajah dan bibir berbeda anatominya. Lebih baik membersihkan bibir dengan lip remover dengan kandungan tanpa alkohol," ujarnya kepada media di Jakarta.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Bahaya makeup remover © 2020 brilio.net

Pada kasus parah, produk makeup remover yang tidak tepat dapat memicu reaksi alergi berlebihan. Seperti bibir gatal, panas, bengkak hingga luka-luka. Reaksi ini bergantung pada ketahanan jenis kulit masing-masing dan harus diatasi dengan tindakan dokter.

"Saya pernah mengalami lima kasus pasien seperti itu. Kadang lebih parah lagi ada yang pakai toner di bibir padahal toner itu ada kandungan alkohol," tegasnya.

Namun, Dokter Maharani menyarankan, bila kamu tidak memiliki makeup remover bisa menggunakan alternatif lain seperti baby oil dan minyak zaitun.

"Pokoknya yang basis minyak karena untuk mengangkat sisa lipstik di bagian bibir yang kalau tidak sampai bersih bisa membuat bibir menghitam," pungkasnya.

(brl/guf)